Senin, 17 Februari 2014

Talam Durian




Mumpung masih musim durian yuk bikin jajanan berbahan dasar durian. Nah kali ini aku tertarik coba resepnya Prima Boga dari Kumpulan Resep Masakan Nova. Agak beda dengan kue talam yang biasa...talam durian ini menggunakan roti tawar sebagai campuran adonannya. Rasanya enak, legit, wangi durian. Yuk simak resepnya...


Bahan lapisan durian :
- 4 buah roti tawar, buang kulitnya lalu cabik cabik
- 150 gr daging durian
- 120 gr gula merah sisir
- 1/4 sdt garam (kalau rotinya agak asin skip garamnya)
- 2 sdm tepung sagu
- 2 sdm tepung beras
- 200 ml santan kental

Bahan lapisan santan gurih :
- 200 ml santan kental
- 25 gr tepung sagu
- 35 gr tepung beras
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat : 
  1. Bahan lapisan durian : campur roti tawar, santan dan durian, blender sampai halus.
  2. Tambahkan gula merah, tepung sagu, tepung beras, dan garam, aduk rata.
  3. Siapkan cetakan talam/kue mangkok. Olesi tipis dengan minyak. Tuang adonan sampai setinggi 3/4 cetakan. Kukus kurang lebih 15 menit dengan api sedang hingga matang.
  4. Bahan lapisan santan : campur semua bahan, aduk rata, saring.
  5. Tuang di atas bahan pertama. Kukus lagi 10 menit dengan api sedang sampai matang. Angkat dan dinginkan. Lepaskan dari cetakan.
  6. Kue siap disajikan.





9 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

mba Hestiiiiii... cantiiiiik foto nyaaaaaa...

Sabariah Achmad Lanna mengatakan...

Sukaaaa smw jenis talam apapun...enyaaakkkk.... Btw salam kenal...aku fans byanganx mb Hesti :D buanyaaakk bnget resep2 mb Hesti(yg gampang2 aj hehehe) ud ak contek.Kl yg ribet belum berani.Apalagi dt4 ak ğ ad TBK khusus..maklum di pulau kecil.So far..U'r my inspiration*BigHug

Hesti HH. mengatakan...

@Nisa-Mom : makasiiiih mbak...

@Sabariah : haha fans bayangan yaaaa, makasih yaaaaa

hera mengatakan...

Ass. Mbak Hesti mau nanya lagi, ini pakai santan kental dua - duanya?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Iya mbak di resepnya begitu...tapi kalau nggak mau terlalu gurih yang lapisan bawahnya bisa pakai santan encer aja ^^

Anonim mengatakan...

Mba Hesti, bisakah pake santan instan?Makasi Mba :)

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak, tapi kurang gurih seperti santan asli...

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, setiap saya bikin Kue talam apapun , pada waktu ambil dari cetakan kok pinggir atasnya nggak bisa mulus/ halus, bagaimama caranya agar bisa mulus dan cantik Mbak ?

Hesti HH. mengatakan...

Kalau udah diangkat dari kukusan, tunggu dulu sekitar 5-10 menit mbak. Habis itu gunakan pisau kecil yang tajam ujungnya, kikis sedikit pinggirannya, Kalau udah masuk udara di sela sela pisau tadi cepat lepasnya. Memang lebih gampang kalau ada videonya sih mbak, tp aku belum bisa bikin video >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails