Senin, 09 September 2013

Lapis Beras Ubi Ungu


Baru dapat Majalah Sedap kemarin, hari ini langsung semangat praktek salah satu resepnya. Kebetulan di freezer masih ada sisa ubi ungu halusku. Aku mau bikin lapis beras ubi ungu. Dulu sudah pernah coba lapis terigu dan lapis kanji...sekarang giliran lapis beras, biar lengkap dah...hehe



Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Enak...sehat...teksturnya beda juga dari dua kue lapis terdahulu. Warnanya cantik...rasanya juga enak. Nggak ketahuan kalau pake ubi ungu. Tapi kalau pas udah makan dikasih tau kalau ada ubi ungunya pasti langsung ngeh...rasa ubinya tipis aja. Lapisannya kurang banyak karena ternyata loyangku pendek. Sisa adonannya aku tuang ke loyang mini aja. Kebayang pasti lebih cantik kalau tinggi lapisannya ya.


Berikut resep asli dari Majalah Sedap edisi 9 ya...

Bahan :
- 250 gr tepung beras
- 100 gr tepung sagu
- 1000 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
- 2 lembar daun pandan
- 1 sdt garam
- 250 gr ubi ungu, kukus, haluskan
- 300 gr gula pasir
- 1/8 sdt vanili bubuk
- 10 tetes pewarna ungu (aku pakai 1 tetes saja merk wilton)
- 5 tetes pewarna merah muda (aku skip)
- 1/4 sdt cokelat pasta (aku buat sendiri dari 1 sdm cokelat bubuk+2 sdm air hangat)

Cara membuat :
  1. Didihkan santan, daun pandan dan garam. Diamkan hingga hangat. Tambahkan ubi kukus. Blender sampai lembut.
  2. Aduk tepung beras, tepung sagu, gula pasir dan vanili. Tuang campuran santan dan ubi sedikit sedikit sambil diaduk hingga rata.
  3. Ambil 1/3 bagian. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisanya tambahkan pewarna ungu. Aduk rata.
  4. Tuang satu sendok sayur (150 gr) adonan ungu ke dalam loyang 24x10x7cm yang sudah dioles minyak.
  5. Kukus 5 menit dengan api sedang. Tuang setengah sendok sayur (75 gr) adonan cokelat. kukus dengan api sedang selama 5 menit. 
  6. Ulangi melapis adonan sampai habis. Terakhir kukus dengan api sedang 30 menit sampai matang (aku cuma 20 menit).
  7. Biarkan dingin lalu potong potong menggunakan pisau yang dioles minyak.

29 komentar:

Ayudiah Respatih mengatakan...

huuaa cantik bangeeed kue nya....

Rima Rahman mengatakan...

Boleh dicoba nih mbak...rima jg masih ada stok ubi ungu nih
seperti biasa,kue bikinan mbak selalu cantik :}
ijin copas ya mbak

Ida Hariyanti mengatakan...

cantiiiiknyaaa... emang beda ya tampilan kuex org yg telaten sm gak hehehhe...

Hesti HH. mengatakan...

@Ayudiah, Rima, Ida: makasiiiih...bener kalau kue aku lumayan telaten, tapi coba suruh yg lain. Ancuuurrrr...hehe

eka wahyu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
eka wahyu mengatakan...

mbak ijin nanya..klo coklatnya di ganti pake DCC bisa ga??kira2 berapa bnyk..

Rina Rosyidah mengatakan...

mba hesti, saya sudah nyoba bikin lapis ubinya. lembut enak bgt. makasi mba

Rina Rosyidah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rina Rosyidah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rina Rosyidah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, alhamdulillah kalau suka. Makasih yaaa

eka marhaepi mengatakan...

mau nyoba yah mba.. ijin copas n share

Anonim mengatakan...

salam kenal mb :) kebetulan di rmh jg ad stok ubi ungu jd pgn praktekin jg. tp,,,di tempat tinggal q g ad tp sagu ni mb...bs diganti sm tp tapioka g mb? tks :)

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak, ditunggu kabar hasilnya yaaaa

ratna sari mengatakan...

mb,,,diriku ud nyoba resepny. enak bgt :) buat q manisny pas & lembut. meskipun di simpan dlm kulkas lapisnya msh lembut (g keras). makasih y mb resepny :) . oiy,,,ada resep yg bahannya dr buah naga merah g mb?di kulkas msh ad stokny. hehehe...

Anonim mengatakan...

mb hesti,,,sy sdh cb resepnya. suka bgt deh :) teksturny lembut. makasih y mb resepny

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, makasih banyak feedbacknya yaaaa. kalau naga merah belum pernah bikin kue mba ^^

Hesti HH. mengatakan...

makasih mbak dah nyobain....coba yg lain lagi yaaaa??

monica heath mengatakan...

hello mbak hesti,apa kabar? sebelum nya salam kenal dari jauh….mbak boleh minta resep kue lapis yang dari tepung beras nya saja nggak mbak?? dan kalau nggak keberatan juga mohon untuk di terang kan kira2 resep nya untuk berapa potong?? biar bisa kalkulasi kalau mau praktek resep2 mbak hesti yang super helpful dan inspiratif…terimakasih banyak dan sukses selalu…xx

Suroyo Asri mengatakan...

Hr ini saya bkn kue lapis resep ini. Enak n cantik banget. Makasih resepnya mba...tiap hr saya ngintip resep2 mba...

Hesti HH. mengatakan...

Saya kalau nggak salah belum ada kue lapis beras mbak, ya baru kue lapis ubi ungu ini. Hasilnya sekitar 15 potong atau lebih tergantung ketebalan potongannya.

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih juga mbak dah nyobain dan kabarin ke aku ^^

bunda radit mengatakan...

salam kenal mbak hesti...:))
wahhh cantiikk banget kuenyaa...jadi pengen nyobain...
ada beberapa resep kuenya mbak hesti yang aq comot ya mbakk...buat di praktekin mksudnyaa...maknyuss banget hasilnya...
ntar mau coba yang ini,,,ijin nyontek ya mba..:)

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak, senang kalo manfaat, makasih yaaaa

Netty Waloeyo mengatakan...

assalamualaikum mbak Hesti, saya Netty sdh praktek lapus ubinya kemarin hasilnya alhamdulillah bagus, padahal tdk ditambah pasta warna tp warna ungunya pekat, krn perlapisnya agak tebal (biat cepet) ada yg bilang ky lapis mandarin, trim ksh lho dah berbagi ilmu, smg barokah

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mbak...makasih ya dah ngabarin hasilnya...

cahyani mengatakan...

Mbak hesti....aq penggemarmu nihh...hehhehee...pgn banget nyoba kue lapis ini kbetulan ada ubi ungu di rmh...mbak mo nanya klo santannya diganti santan instan bisa gak ya?kira2 takarannya brp mbak?thanks banget yaa mbak hesti :)

Hesti HH. mengatakan...

alhamdulillah mbaaa....kalo santannya bisa diganti santan kemasan walaupun beda wangi dan gurihnya ya. Ukurannya sama kok. Misal untuk 1000 ml santan bisa menggunakan 400ml santan kemasan + 600 air

sepatu futsal mengatakan...

di coba dulu sis ama istri tercinta ..
doi suka banget ama yang ungu2..
mg2 hasilnya sesuai dengan yang dinginkan :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails