Senin, 30 September 2013

Cake Singkong Yogurt



Kue ini adalah salah satu kue hasil olahan singkong dan yogurt. Sudah umum orang menambahkan buah pada adonan kue. Selain untuk mendapatkan wangi khas buah tersebut diharapkan hasil kue akan menjadi lembab karena kandungan air pada buah tersebut. Nah...selain buah, labu dan umbi umbian pun sering ditambahkan. Kalau labu, kentang dan ubi jalar biasanya dikukus dulu baru kemudian dihaluskan lalu dicampurkan ke dalam adonan. Nah untuk singkong...orang sering menggunakan singkong mentah parut yang dibuang airnya. Biasanya dibuat jajanan tradisional  seperti bingka, lemet, sentiling, combro dan lain sebagainya. Kali ini aku sengaja menambahkan singkong kukus. Pengen tau bagaimana hasilnya di dalam kue nanti.

Ternyata hasilnya unik teman teman. Mirip seperti cake pada umumnya tapi ada yang beda yaitu di teksturnya. Ketika digigit terasa lembut dan sedikit legit. Lucu...rasanya seperti makan antara cake dan getuk. Aku rasa penambahan singkong kukus berpengaruh pada kelegitan kue. Soal rasa jangan ditanya...menurutku sangat enak. Rasa strawberry tidak dominan, tidak juga berasa asam dari yogurt. Yogurt menyumbang aroma wangi khas. Karena singkong sendiri rasa dan baunya khas, cenderung plain maka penambahan yogurt ini merubah sama sekali rasa singkong tadi. Uenak pokoknya.
Resepnya aku modifikasi dari banana bread. Pisangnya diganti singkong.




Sewaktu menghaluskan singkong ada sedikit kendala. Singkong rebus cenderung susah halus merata. Beda dengan labu maupun kentang. Teksturnya yang lengket pun menyulitkan menghaluskannya. Bisa sih pakai food processor tapi nantinya akan menghasilkan adonan yang kenyal. Takutnya susah dicampurkan ke dalam adonan. Supaya gampang jadinya aku blender saja singkongnya dengan sedikit susu cair. Hasilnya lumayan lembut. Mudah dicampur dengan adonan.

Resep aku modifikasi dari resepnya Mbak Ira "Cooking Tackle".

Bahan :
- 125 gr margarin
- 200 gr tepung protein sedang
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 2 butir telur
- 230 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 175 gr singkong kukus halus (blender bersama 50 ml susu cair)
- 125 ml yogurt strawberry (aku pake "heavenly blush" cair)
- 1/2 sdt vanilla bubuk


Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180C atau 350 F selama 25 menit. Dalam wadah, ayak semua bahan tepung menjadi satu.
  2. Kocok gula dan margarin sampai mengembang (kalau gulanya terlalu kasar bisa diblender biar cepat larut pada saat dikocok).
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga lembut. Masukkan yogurt dan vanilla, kocok lagi sampai rata.
  4. Masukkan bahan tepung lalu aduk sampai rata. Masukkan singkong halus, aduk asal rata. Tuang dalam loyang loaf brownies.
  5. Panggang selama 50-60 menit atau sampai lidi dimasukkan keluar dalam keadaan kering.
  6. Angkat, biarkan di loyang selama 10 menit lalu keluarkan ke atas rak pendingin. Dinginkan lalu potong potong.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

aslkm, hai mba hesti..aku fans mu dari jakarta. blog mba hesti sangat menginspirasi, makasih ya mba.
Btw, utk resep ini, pengaruh banyak ga ya,kalo pemakaian baking powder dan soda kue ditiadakan? soalnya aku pengen meminimalisir pemakaian bahan tsb,mba.
oya, kira-kira kalo dikukus bisa ga ya? trims buat jawabannya mba ;)
keep baking keep smiling keep inspiring ^o^ hehe

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

makasih mbak senang kalau manfaat. Pasti ada bedanya mbak. Karena di dalam adonan ini ada bahan cairan dan ubinya sehingga berat mbak harus dibantu menaikkannya dgn bahan pengembang. Saya jg belum coba tanpa bahan pengembang tapi saya khawatir memang tidak akan naik karena bukan sponge yg dibantu dgn metode pengocokan telur hingga mengembang.

Harusnya sih dikukus bisa mbak...

Nisa-mom mengatakan...

love the view, mba..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails