Senin, 30 September 2013

IDFB Challenge #12 : Roti Tape dengan Topping Krim Yogurt Strawberry








Akhirnya sempat juga aku mengerjakan challenge#12 IDFB ini. Jam jam terakhir menuju deadline. Ngebut postingannya. Harus ikutan demi memeriahkan ulang tahun IDFB yang kedua. Selain itu  temanya agak unik dan lain dari biasanya. Singkong dan Yogurt. Nyambung nggak tuh? Nyambung gak nyambung pokoknya untuk tantangan kali ini harus nyambung. hehe. Ini juga masih dalam rangka memperingati hari singkong sedunia pada bulan oktober mendatang.

Bagi sebagian masyarakat terutama golongan menengah ke atas singkong masih sering dilirik sebelah mata. Hanya karena warna dan bentuknya yang kurang menarik dibanding jenis buah atau sayuran lain bukan berarti dia tidak memiliki zat gizi lho. Begitu pula tape singkong. Di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, fosfor, karbohidrat, protein, sedikit lemak dan lain sebagainya. Jadi tidak ada salahnya kita mulai memasukkan singkong ataupun tape ke dalam diet kita sehari hari.

Banyak resep mulai bermunculan di kepalaku. Beberapa diantaranya adalah kue mangkok yogurt, kue biji nangka singkong saus yogurt, kue lapis tapioka yogurt, es campur yogurt, sop buah yogurt dan masih banyak lagi. Sampai pusing sendiri mana yang mau dieksekusi. Demi membuktikan dan mencoba kemungkinan fusion kedua bahan makanan ini maka aku mencoba 4 buah resep. Terdiri dari cake singkong yogurt, strawberry banana smoothie with tapioca pearls, prol lapis yogurt cokelat, dan terakhir roti tape dengan topping krim yogurt. Kesemuanya menurutku enak. Tapi yang paling enak adalah cake singkong yogurt. Aku menggunakan singkong kukus yang dihaluskan. Rasa singkong yang cenderung plain dengan aroma khasnya...jadi luar biasa ketika bertemu dengan yogurt terutama yang rasa strawberry ini. Wanginya enak...rasanya yummy dan teksturnya perpaduan antara cake dengan getuk. Dimakan lembut tapi legit. Nanti akan aku posting resepnya di postingan berikutnya ya.

 







 
Untuk variasi dan keragaman challenge kali ini aku setorkan roti tape dengan topping krim yogurt. Kan belum ada yang membuat roti. Aku menggunakan tape singkong sebagai bahan tambahan pada adonan roti. Tape di sini berfungsi sebagai penyumbang kelembaban dan juga aroma pada roti. Walaupun tidak selembut roti dengan water roux method, hasilnya menurutku lumayan lembut dan empuk. Apalagi disantap dalam keadaan hangat. Wangi tapenya tipis saja. Tapi pas sekali ketika ditambahkan krim di atasnya. Apalagi krimnya wangi strawberry dan dilengkapi denga hiasan buah kaleng. Enak. Teksturnya sedikit berbeda dengan roti tanpa tape. Ada sedikit sensasi kenyalnya tapi tidak liat ketika digigit. Unik pokoknya.

Untuk bahan topping, yogurt aku campurkan ke dalam krim kocok. Karena yogurt "Heavenly Blush" yang ada di sini adalah jenis yang cair kemasan tetra pak maka aku menggunakan campuran krim bubuk supaya konsistensinya pas. Hasilnya cantik dan enak. Tapi sayang fotonya kurang menarik karena diambil setelah magrib.

Bahan roti:
- 250 gr tepung protein tinggi
- 100 gr terigu protein sedang 
- 125 gr tape, buang serat lalu haluskan
- 2 sdm susu bubuk full cream 
- 60 gr gula pasir
- 6 gr ragi instan (atau setengah bungkus 11 gram)
- 2 kuning telur
- 150 ml air hangat
- 35 gr margarin
- 1 /2 sdt garam

Bahan olesan :
- 1 kuning telur
- 1/2 sdt susu cair

Bahan Topping :
- 100 gr whip cream bubuk
- 200 ml yogurt cair
- buah kaleng secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu protein tinggi, terigu protein sedang, ragi, susu bubuk dan gula. Aduk rata. Masukkan tape, telur dan air hangat. Mixer sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan garam dan margarin. Kocok lagi sampai kalis elastis. Catatan: air boleh ditambahkan atau dikurangi sedikit melihat pada kondisi adonan. Apabila telur yang digunakan besar atau tape dari jenis yang lembek maka air boleh dikurangi sedikit atau boleh menambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan kain lembab lalu fermentasikan sampai mengembang 2x lipat.
  4. Ambil 25 gr adonan, bentuk pipih pulat. Ambil 30 gram adonan lalu gulung memanjang dan lilitkan disekeliling adonan bulat tadi. Tekan tekan tengahnya.
  5. Lakukan sampai semua adonan habis. Fermentasikan sampai adonan mengembang sekitar 45 - 60 menit. 
  6. Panaskan oven 400 F/200 C. Olesi roti dengan kuning telur. Panggang roti selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai atasnya kecoklatan. Angkat. panas panas ulesi permukaannya dengan butter.
  7. Topping : kocok krim bubuk dengan yogurt hingga mengembang. MAsukkan dalam piping bag dengan spuit bintang. Semprotkan berputar di tengah roti. Beri hiasan fruit cocktail.


8 komentar:

Meirta Nurvirianti mengatakan...

salam kenal mbak hesti.. saya masih newbie banget dlm hal masak memasak nie.. sooo mau nanya.. maksudnya tepung protin tinggi sedang dan rendah itu gimana ya? ada merk tertentu kah?

Rina Rosyidah mengatakan...

mba hesti ma'af, ragi nya di masukkan pas kapan ya?

Hesti HH. mengatakan...

@Meirta : kalau protein tinggi itu mengandung gluten tinggi mbak. Contohnya merk Cakra atau gunung. Kalau sedang misalnya segitiga biru sedang yang rendah misalnya Kunci Biru.

@Rina : maaf mbak kelupaan udah kurevisi...

tika hapsari nilmada mengatakan...

Hai Hesti. Resepnya selalu kreatif !!
Thanks udah ikutan di idfb challenge ya. Good luck !

Vania mengatakan...

Hesti...
astaga, nyaris pingsan aku liat foto cake singkong yogurt... Danau Matano! *lemes*
Scroll down, ternyata baru pindah rumah. Congrats ya.
Tebak-tebak berhadiah, ...itu di Jl. Anggrek bukan? Pemandangannya agak familiar anglenya hahaha.
Aku di Soroako sempet di Old Camp, Jl. Kenanga, trus Jl. Anggrek. Paling lama di Jl. Anggrek, dari umur 3 th sampe lulus SMP.
again... thank you for sharing those pictures.
Semoga sukses di challenge ini ya.


Hesti HH. mengatakan...

@Tika : makasiiiih mbakku, maaf nyetornya telat ^^

@Vania : hahahaaaaa...makasiiih mbak,
Wiiiih ternyata mbak Vania udah pindah pindah jg ya, kalau di Anggrek nomor berapa mbak rumahnya?
Sebenarnya kemarin ditawarin Anggrek 5 (bekas rumah Om Santiago) dan yang ini Flamboyan 15. Tapi pilih yg flamboyan krn viewnya cantik. Rumah rumah jl Flamboyan dan Nusa Indah adalah rumah yg dibangun belakangan. Letaknya di atasnya jalan melati/mawar jadi agak tinggian dikit daripada yg lainnya. Mgkn zamannya mbak Vania blm dibangun rumah ini. Secara keseluruhan mirip rumah salonsa lama, tapi dibikin banyak kacanya. Ruangan teras, ruang tamu/TV dan makan digabung jadi satu ruangan yg luas mbak...nggak pake sekat lagi. Yuuuk main main ke Sorowako lagi mbak...

Andrie Anne mengatakan...

Wow...4 reseppp...aku padamu Hestii...makasi partisipasinya Hes :-)

Regards,
Anne

Hesti HH. mengatakan...

Aku padamu juga mbak An....tengkiuuuuu

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails