Selasa, 25 Mei 2010

Choco Puff Cheese Stick



Bahan :
- 500 gr tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm gula pasir halus
- 50 gr keju cheddar parut
- 80 gr mentega
- 250 ml air es (kurang lebih)
- 250 gr korsvet
- 3 kuning telur untuk polesan
- 100 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
  1. Campur terigu, garam, keju parut, gula, air es dan mentega, uleni hingga kalis. Giling adonan hingga ketebalan 1 cm. Lapisi 2/3 bagian adonan dengan korsvet yang sudah ditipiskan. Llipat bagian yang tidak terkena korsvet ke bagian dalam tutup dengan bagian lainnya. Bungkus plastik, simpan dalam lemari pendingin selama 20 menit.
  2. Giling adonan hingga ketebalan 1 cm lipat seperti semula, bungkus plastik masukkan lemari pendingin. Lakukan hinngga 3 kali.
  3. Giling adonan dengan ketebalan 1/2 cm ukuran 1x15 cm. Puntir kedua ujungnya. Letakkan di talam bersemir margarin. Oles kuning telur taburi keju parut. Panggang 200 C atau 400 F sampai kuning kecoklatan.


Source : Dimodifikasi dari buku 'Kue Kering Pastry' oleh Yeni Ismayani.

27 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak bikin kulit pastry tuh kalo liat videonya orang bule di youtube cukup pake butter kok bisa jadi lapis" ya? beda nggak sih hasilnya kalo pake korsvet?
pengen nyoba bikin pastry mumpung ada butter, tapi takut endingnya jadi kayak kulit pie.. hhe
makasi mbak :)

Hesti HH. mengatakan...

Justru enak mbak pake butter, lebih gurih dan wangi susu. Cuman memang kalo di indonesia yg suhunya panas butter gampang leleh. Tapi dengan sistem keluar masuk kulkas, kayaknya nggak ada masalah tuh. Yang penting bikinnya pake sistem lipat berkali2.

Maaf baru balas komennya, aku habis liburan...baru pulang hari ini.

Fonny Kisworo mengatakan...

mbak...salam kenal...mau tanya; di cara membuat no 2 itu ada lakukan 3 kali, maksudnya itu total nya 3 kali atau setelah melakukan no 2 dilakukan lagi 3 kali, jadi totalnya itu 5 kali.Yang mana ya mbak? terima kasih..... :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Mbak Fonny...

Oh, itu jadi total 5 kali mbak. Maaf ya keterangannya kurang spesifik...

Oh iya ini kerjaaan menggilingnya lumayan berat...sekarang aku lebih sering bikin setengah resep mbak. Jadi kalo ini percobaan pertama mbak, mungkin bisa dibikin setengah resep dulu, hasilnya juga dah lumayan banyak.

Untuk olesan disitu tertulis 3 kuning telur (dari resep asli). Tapi dari pengalamanku 1 atau 2 saja sudah cukup. Sayang kalau sisanya dibuang. Semoga membantu ya...

Anonim mengatakan...

mbak itu dipluntir dulu baru dioles kuning telor? bukannya klo kena kuning telor ga bisa mekar?

ila

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak saya baru balas komennya habis tepar 3 hari. Alhamdulillah sekarang dah baikan.

Iya mbak. Tapi olesnya permukaan yang mau ditabur keju bukan seluruh bagiannya.

ila's story mengatakan...

makasih mbak Hesti.. punya puff pastry siap pakai tapi rasanya kurang mantap ternyata.. mau dibikin model gini aja..

btw saya dah jadi salah satu fans mbak Hesti nih.. sering2 posting ya..

Titin Eko mengatakan...

mbak hesti, salam kenal y..ak mw tanya klo abis dilipat yg ke 1, gilingnya ke arah lipatan yg terbuka atau yg tertutup? Trus apa bedanya yg lipatan 1 modelnya kaya amplop/segi4?

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Titin,

Lipatan yang terbuka selalu menghadap ke kita mbak (seperti buku) jadi setelah dilipat arahkan bagian yg terbuka ke kita baru digiling lagi.

Untuk hasilnya nggak ada beda antara lipatan amplop dan yang bukan. Cuman cari yang mana enaknya saja. Menurutku lebih gampang yang biasa, gak mudah bocor. Lipatan amplop bisa lihat di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/05/kbb-29-eccles-cake.html

Lipatan biasa bisa lihat di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/07/windmill-and-horn-pastry.html

mimie mengatakan...

mbak... kalau pake margarin atau mentega putih bisa berlapis jg ng ya ...
di dumai ng ada yg jual pastry margarin. dan butter nya pun super mahal... ehehe

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak tapi bakalan asin rasanya karena tiap lapisannya diberi margarin sedangkan margaerin kan asin. Kalau korsvet atau lemak lipat seharusnya tawar.

Sedangkan mentega putih kalau kualitasnya nggak bagus dimakannya berasa lemak, ngendal di mulut.

Anonim mengatakan...

Halo mbak Hesti,
mbak, kalo saya pake puff pastry siap pakai, cara panggang nya gimana ya?oven nya mesti dipreheat dulu?berapa suhunya dan berapa lama?soalnya saya manggang nya kok banyak yg gosong tapi ada yg belum mateng.
mohon dijawab. makasih,mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Semua oven biasanya harus dipreheated gulu sblm dipanggang.
Suhu beda beda setiap oven tapi biasanya sekitar 200C atau 175C. kalau pada percobaan pertama cepat gosong luarnya dan dalamnya belum matang artinya oven mbak harus diturunkan apinya.

Dewi Inggil mengatakan...

Assalamulaikum mbak hesti ijin copas resepnya nih, aq seneng banget berkunjung ke blognya mbak hesti atraktif. salam kenal buat mbak hesti

ellen mengatakan...

mbak maksih ya ya dah share resepnya.aku bikin sukses dan enak mbak.thank untuk resep resepnya yang selalu menginspirasi.jadi tiap hari mesti
ihat blognya mbak.

Anonim mengatakan...

mbk hesti, itu tepungnya pakek terigu protein sedang atau tinggi? terimakasih

Anonim mengatakan...

Ass mb..aku penggemar beras mb Hesti deh..aku salut sm mb hesti..setiap pertanyaan pasti dibalas n dijawab...soalnya ada yg blog lain pelit banget buat bales koment..bravo ya mb hesti...

desti nurhayati mengatakan...

Mba Hesti, mau tanya klo bikin Pastry, g pake korsvet bisa kah, penggantinya pake apa yah??? makasih

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

silahkan mbak. salam kenal jugaaaa ^^

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah....makasih juga ya mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Sedang aja mbak...kalo danish baru pake yang tinggi

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Waaah makasih banyak tuk mapresiasinya mbak. Senang kalo manfaat.
Tapi kadang lambat balasnya...kelewatan krn banyak sekali komennya ^^

Hesti HH. mengatakan...

BIsa pake mentega/butter beku mbak. Bisa lihat step by stepnya di ecless cake. Tapi agak susah krn cepat leleh jd sering keluar masuk kulkas.

Yuliana Wigosal mengatakan...

Salam kenal Mbak Hesti.
Gni mbak saya pengen tax, untuk pembuatan kue sus apa sy bisa jg menggunakan korsvet untuk mengganti mentega/butter?

Hesti HH. mengatakan...

Waaaa...maaf mbak saya belum pernah dengan kalau sus pake korsvet. Korsvet kan nggak ada rasanya mbak takutnya susnya kurang wangi dan gurih...

Unknown mengatakan...

Aku nyoba yg adonan mentega n minyak, jadi jg berlapis2. Enyak enyak enyak

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya kayak bikin pia mba??

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails