Sabtu, 15 Mei 2010

Lasagna


Bahan :
- 250 lasagna instan (tidak perlu direbus lagi)

Bahan saos daging (bolognese):
- 2 sdm minyak
- 2 siung bawang putih
- 2 buah bawang bombay
- 1 buah wortel, potong kotak-kotak kecil
- 500 gr daging cincang
- 5 sdm tomat pasta
- 100 gr saos tomat
- 1/2 kg tomat buah, rebus kupas kulitnya, cincang
- 500 ml air kaldu daging (kalau tidak ada pakai air putih saja)
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- oregano secukupnya

Bahan saos keju :
- 2 sdm butter
- 2 sdm tepung terigu
- 500 ml susu cair
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- pala secukupnya
- 125 gr cheddar cheese
- 100 gr keju mozarella
- keju permesan secukupnya

Cara membuat :
  1. Saos daging : panaskan minyak di dalam wajan, tambahkan bawang putih, bawang bombay, tumis sampai wangi. Masukkan wortel. masak hingga layu. Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna. Masukkan tomat cincang, saos tomat dan pasta tomat, tambahkan air kaldu. Beri garam, merica, dan oregano. Masak sampai bahan saos mengental.
  2. Saos keju : Panaskan butter hingga meleleh, masukkan terigu dan aduk-aduk selama 2 menit dengan panas sedang. Angkat dari api, masukkan susu cair. Panaskan kembali, aduk sampai mengental. Bubuhi garam, merica, dan pala sambil diaduk rata. Tambahkan keju parut. Aduk hingga keju meleleh dan menjadi adonan yang licin.
  3. Penyelesaian : Panaskan oven 350 F atatu 180 C. Tuang 2 sendok sayur saos daging ke dalam loyang/pyrex yang sudah dioles margarin. Secara bergantian tambahkan lasagna, saos daging dan saos keju. Begitu seterusnya. Terakhir tuang saos keju dan parutan keju mozarella dan keju permesan. Panggang selama 30-45 menit. Tes kematangannya dengan tusuk gigi. Angkat. Anginkan selama 5 menit. Hidangkan panas-panas.

14 komentar:

Dwi Puspasari mengatakan...

aku mau tanya, ini kalau ngangetin lasagna gimana ya? di bake lagi atau di microwave aja? thanks.

Hesti HH. mengatakan...

Kalau aku karena gak punya microwave jadi pake oven aja. Tapi kalau takut kering bisa ditim di oven. Paling enak emang ketika pertama kali dibikin panas panas dan langsung dihabisin. Atau bikin porsi kecil biar langsung habis.

Anonim mengatakan...

mba aku mau nanya, kalau aku bikin daging giling buat lasagna, kenapa ya kok abis matang, aroma dagingnya masih kerasa, kaya amis gitu, padahal dagingnya sudah matang merata. gimana ya mba cara ngilangin baunya itu? apa rasio dari dagingnya harus dikurangi?

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya mbak tetep amis walaupun udah ada saus tomat dan oreganonya? Mbak pake daging lokal atau import? menurutku untuk daging cincang lebih suka pake daging lokal karena rasa dan baunya lebih enak. Kalaupun agak amis mungkin saus terlalu cepat ditambahkan sebelum daging berubah warna...kalau masalah rasio kayaknya nggak ngaruh karena kalau bikin burger yang notabene banyakan dagingnya baunya gak amis sama sekali. Atau mungkin emang beda ya karena dipanggang? *lha kok balik nanya? hihi maaf ya mbak kalo nggak bisa bantu.

Anonim mengatakan...

mbak. itu lasagnanya ga pake direbus dulu. berarti pada saat dicetakan sebelum di oven. lasagna instannya masih keras yah ?

Hesti HH. mengatakan...

iya keras mbak. Memang lasagna instant beda dengan yang biasa. kalau di kemasannya tidak tertulis instant artinya harus dimasak dulu mbak.

rere mengatakan...

mba, pake lasagna merk apa? aku pake san remo...kok kalo gak kurebus, keluar oven malah kayak krupuk, pdhl dah sesuai instruksi di kerdusnya loh...apa yg salah ya?

Hesti HH. mengatakan...

San remo juga mbak yang instant. Syaratnya supaya nggak kering, saus harus agak encer mirip seperti saus spagheti lebih encer dikit dan pasta harus tertutup sempurna dengan saus jadi memang sausnya harus banyak mbak. Sausnya nanti dengan sendirinya akan mengental karena mereseap ke dalam pasta dan mematangkannya. Tandanya ketika ditusuk dengan mudah tembus ke bawah. jadi ngovennya nggak boleh terlalu sebentar.

Welcome untuk semua sahabat angkatan '07 mengatakan...

mb saus dagingnya bs buat spagheti juga yah?

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak, bisa juga diskip wortelnya.

nura mengatakan...

Maaf diluar tema..mbak hesti..aq sll kalo cari resep buka blognya mba hesti . krn aq percaya kwalitasnya. Aq kesengsem sejak pertama kali coba resep " chocolate fondant " nya... Uenakkk n mudah.. Thanks ya sdh berbagi dg sesama wanita didunia maya ini..:)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih mbak atas kepercayaannya. Semoga resepnya gak mengecewakan yaaa

ns mengatakan...

mbak, maaf baru komentar...aku ijin masak lasagna pake resep ini dan nulis resep di blogku ya mbak..trimsss...

Hesti HH. mengatakan...

silahkan mbaaaaa

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails