Senin, 14 Maret 2016

Puding Roti Cakar Garpu


Maaf ya teman teman baru sempat posting resep lagi. Kali ini aku bikin puding roti versi lain. Mirip mirip dengan puding rotiku yang sebelumnya tapi yang ini lapisan di atasnya dibikin puding busa. Kalau punyaku cuma langsung  campur aja telur dan agar agarnya. Nah ini kocok pisah kuning dan putihnya. Lebih cantik karena ada sentuhan cakaran garpunya ^^

Resep aku dapat di FB. Waktu itu aku langsung screenshot saja dari FBnya mba Sitti Amaliah. Makasih ya mba resepnya. Rasanya enak. pas manisnya ngga overly sweet. Berikut resep beliau ya...


Bahan A :
 -1 bungkus roti tawar (saya pake setengah karena tipe roti tawarnya padat)
- 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 4 kuning telur
- 200 gr gula pasir

Bahan B : 
- 1 bks agar putih
- 200 ml air
- 200 gr gula pasir dikaramel
- 4 putih telur

Cara membuat :
  1. Bahan A. Sobek kasar roti tawar lalu rendam dalam larutan santan. Tambahkan gula 100 gram. Aduk rata.
  2. Kocok kuning telur bersama 100 gram gula sampai mengembang. Masukkan dalam campuran roti. Aduk rata. Rotinya jangan sampai terlalu hancur.
  3. Tuang dalam 2 loyang segi empat ukuran 20x20cm yang sudah dioles minyak.
  4. Bahan B. Karamel gula dengan api kecil sampai meleleh. Masukkan air yang sudah dilarutkan bersama agar agar. Aduk rata. Masak sampai mendidih. Angkat.
  5. Kocok putih telur sampai mengembang. Masukkan campuran agar agar dan karamel yang sudah mendidih ke dalam putih telur sambil terus dikocok sampai tercampur rata. 
  6. Tuang di atas bahan roti yang sudah dikukus tadi. Dinginkan. Setelah dingin bisa diberi motif dengan cakaran garpu.




12 komentar:

Darah tinggi mengatakan...

Wah Lezat bgt makanannya.. Terima kasih untuk resepnya

Anonim mengatakan...

keliatannya enak

asri mengatakan...

Mbak hesti cuantik bener pudingnya.... itu cara bwt motifnya gmn mbak grs coklat2nya itu apa? Trs untuk adonan busanya caramelnya dituang panas2 ya mbk di kocokan putel nya.putelnya dikocok softpeak atau kaku mbak. Maaf ya mbak pertanyaanya banyak bgt.. jazakillah khair ya mbak

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mba Asri. Itu motif dari garpu mba warnanya gak cokelat cuman bayangannya aja. Adonannya dituang panas panas tapi perlahan aja mba sambil dimixer. Putih telur sampai soft peak aja mba.

Anonim mengatakan...

Halo, mbak hesti. Mau tanya dong. Itu pas step "Tuang di 2 loyang" maksudnya nanti jadinya 2 loyang? Makasih

rosi rose mengatakan...

Assalamu'alaikum salam kenal mba..roti tawarnya brp lembar ya...klu mke santan instan hasil n rasanya bs sama gak...kukusnya brp lama ya mba? makasih

nasa mulia mengatakan...

pernah makan puding ini ketika berkunjung ke sulawesi.

selma alan mengatakan...

Cantik ya mba pudingnya..jadi pengen nyoba. Makasi sharenya mba..kangen selalu sma postingannya

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : bener mba hasilnya dua loyang

Rosi Rose : Waalaikumsalam, satu bungkus kayaknya sekitar 12 - 15 lembar mba tergantung pabrik rotinya. Di sini gak ada riti poabrik kayak Sari Roti. Adanya produk lokal dan potongannya beda beda

@NAsa Mulia : oh yaaaaa....semoga berkesan rasanya ^^

@Selma Alan : makasiiih....

Arika Romy mengatakan...

Hai mba.. mama q juga punya resep jadul mirip sperti ini, bentukanx samaa cm lapisan bawahx terbuat dr campuran telur ma skm.. namax puding cakar sendok 😊

irmawati rahim mengatakan...

kak hestinngujusnya kira2 brp lama? ☺️��

Hesti HH. mengatakan...

@Arika : waaaa mungkin ini resep ibi ibu jadul ya cm ke sini ada beberapa modifikasi ^^

@Irma : sekitar 25 menit Ir tergantung lebar loyanh. Semakin tebal semakin lama...maaf lupa tulis

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails