Rabu, 23 Maret 2016

Putu Ayu Ketan


Aku kalau sehari ngga makan kue rasanya ada yang kurang. Apalagi kalau gak ada kegiatan, cuman di rumah aja kayaknya mau ngapain ya...buntut buntutnya pasti pingin ngemil. Nah berhubung aku mengurangi gluten, sekarang mulai sering lagi praktekkan resep tradisional. Karena kita tau kan kue tradisional itu umumnya pake bahan bahan alami dan tepungnya pun biasanya tepung beras dan ketan. Banyak juga sih yang pakai terigu. Contohnya putu ayu. Biasanya kan putu ayu pakai tepung terigu atau ketan hitam. Nah kali ini aku coba pakai tepung ketan putih. Resepnya lihat di instagramnya mba Silvia Pratiwi. Makasih ya mba kuenya enaaak...

Hasilnya ternyata ngga kalah enak. Bedanya putu ketan ini ngga terlalu lembut mengembang ringan. Tapi lembut legit agak kenyal kenyal gitu. Perpaduan antara cake dan mochi ^^

berikut ini bahannya dari mba Silvia ya...

Bahan : 
- 125 gr tepung ketan putih
- 100 gr gula pasir
- 2 butir telur
- 1/4 sdt garam
- 8 lembar daun pandan blender bersama 100 ml santan

Taburan (aduk rata) :
- 1/4 butir kelapa setengah tua, dikupas lalu parut
- 1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
  1. Tata kelapa parut di dasar cetakan putu ayu yang sudah dioles sedikit minyak. Panaskan kukusan.
  2. Kocok telur, gula, garam hingga kental mengembang. Masukkan tepung ketan bergantian dengan santan dalam 3 tahap sambil dikocok kecepatan rendah.
  3. Tuang adonan di atas kelapa. Kukus selama 15 menit. Angkat. Setelah agak dingin keluarkan dari cetakan.



3 komentar:

Lina mengatakan...

Bisa aja nie mba hesti... jd penasaran gmn rasanya... heheh...
Sy jg lg seru2nya bikin cemilan wat mp-asi...

Ayu mengatakan...

Hai Mbak Hesti,

OOT dikit boleh ya? Pernah buat Lawa kah? Hidangan sashimi ala Sulawesi. Aku pernah dibuatkan hidangan ini ketika di Togean oleh instrukturnya yang orang Makassar. Kalau tidak salah ikannya tuna. Wah enak banget, masih kebayang-bayang sampai sekarang. Kalau ada resep dan tipsnya, mau ya Mbak..

Thank you dan salam.

Hesti HH. mengatakan...

@Ayu : Waaaah saya sendiri belum pernah bikin dan cicip mba, kasian yaaaa...
Tapi semoga suatu saat bisa coba juga, makasiiih

@Lina : yuk mba dibuat enak legit lhoo

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails