Senin, 13 Juli 2015

Kue Kering Sultana


Ini kukis favoritku. Dulu selalu jadi andalan kue mamaku tiap tahunnya. Tapi tidak tiap lebaran aku bikin. Kalau lagi ngga rempong aku bikin. Kukis ini memang butuh ketelatenan. Bikinnya agak agak ribet. Terdiri dari dua lapis adonan kukis yang diisi tengahnya dengan adonan kismis. Rasanya??? hmmmm asli enaaak. Mungkin karena memang aku suka kismis ya. Ada perpaduan manis dan sedikit asemnya. Sengaja aku pake kismis hitam dan hijau supaya ngga manis aja rasanya.

 

Oh ya untuk penggunaan terigu aku ngga memberikan takaran ya. Dituang dulu sekitar 200 gram tepung yang sudah dicampur soda kue lalu aduk rata. Kalau masih lembek tambahkan secukupnya sampai kalis ya. Jangan sampai keras karena hasil kukis keras juga nanti. Jangan juga diulen adonannya ya. Cukup diaduk rata saja.

 Bahan :
- 100 gr butter
- 100 gr margarin
- 200 gr gula halus
- 3 kuning telur
- 4 sdm susu kental manis
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt soda kue
- tepung terigu secukupnya sampai adonan kalis

Filling (campur semua, aduk rata) :
- 100 gr kismis/sultana, potong potong
- 1 sdm cokelat bubuk
- 1/4 kaleng susu kental manis
- 2 sdm selai strawberry atau nanas
- 1 sdm agar bubuk
- 1 putih telur
- 100 gr gula halus
- 100 gr kenari cincang

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali terigu dan soda kue. Kocok 30 detik. Masukkan campuran tepung dan soda kue yang sudah diayak. Aduk perlahan sampai rata.
  2. Adonan dibagi 4 sama banyak (kalau menggunakan 1 loyang cukup bagi dua adonannya). Adonan pertama giling tipis sesuai ukuran loyang. Aku menggunakan 2 loyang ukuran 22x22 cm supaya ngga terlalu lebar menggilingnya. Setelah itu dipindahkan ke dalam loyang. Beri lapisan filling kismis. Timpa lagi dengan adonan kukis yang sudah disgiling sesuai ukuran loyang. Hias permukaannya dengan garpu.Tusuk beberapa bagian dengan tusuk gigi agar ketika dipanggang tidak menggelembung.




3. Panggang 25 menit. Keluarkan dan biarkan 7 menit dulu agar lebih mudah dipotong. Potong potong menggunakan cutter tajam yang masih baru. Potong perlahan dengan bantuan penggaris agar sama besarnya. Cara memotongnya agar tidak beremah, dengan membuat gerakan naik turun perlahan seperti menggergaji ya. Kalau langsung ditarik pisaunya kismisnya akan lengket ke pisau dan behamburan.
 4. Olesi kuning telur lalu panggang lagi selama 30 menit dengan api 150C. Biarkan dingin. Simpan dalam toples kedap udara.

10 komentar:

Fitri Asrul mengatakan...

enakkknya...rapi banget potongan kue nya mba..salut sm mba hesti😊😊

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mba Fitri ^^

Animun Farida mengatakan...

Mbaaakkkk.....kalo cookiesnya aku pesen aja gimana? 😍😍😍

Hesti HH. mengatakan...

hiyaaaa, ngga jualan sayanya mba Animun >,<

Animun Farida mengatakan...

Hiksss...khusus buat bumil ini deh mbak πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
Ngences liatnya, tp mau buat kyknya ribet.

Hesti HH. mengatakan...

Sabar ya mbaaa....nanti habis lahiran baru bikin juga yaaaaa

Anonim mengatakan...

Mbak, liburan kemarin coba resep ini dan rasanya wuenakkk. Wkt kecil dulu saya suka kukis ini, sekarang bisa bikin sendiri. Ya memang, bikinnya agak ribet, harus telaten. Adonan lembek, dan saya tambah sedikit tepung terigu, masih agak lembek dan saya biarkan saja. Jadi agak susah memotongnya (mleyat mleyot); hasilnya potongan agak ketebalan dan kurang rapi. Sptnya pisau juga kurang tajam. Saya kasih isinya agak kebanyakan. Lain kali saya kurangi isinya dan gulanya. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. mengatakan...

Ooooh potongya harus didiamkan dulu mba sampai agak set. Jangan panas panas begitu keluar oven. Diankan dulu sekitar 7-10 menit. Adonan memang lembek tapi bisa digilin kalau dialas menggunakan plastik.

Hahaha bener ini kue agak sedikit kemanisan menurutku >,<. Makasih ya mba Sisca saya senang selalu dapat review dari mba.

Anonim mengatakan...

O... saya langsung potong begitu keluar dari oven. Padahal sdh ditulis di resep; bacanya kurang teliti. Ya deh, nanti bikin yg kedua, pasti lebih baik. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. mengatakan...

Hahaha....iya mbaaaa. makasih juga dah nyobain ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails