Rabu, 01 Juli 2015

Banana Cotton Cake


Alhamdulillah aku dapat kiriman loyang tokyo banana. Dari Mba Devi Rana lagi. Kemarin marin sudah dikasih cetakan roti jala sama loyang mini tulban. Beliau baik sekali. Dikirimin dari Jakarta lho. Aku yang jadi ngga enak belum bisa membalas apa apa. Tuk mbak Devi Rana makasih banyak ya mbaaa pemberiannya. Akhirnya aku jadi bisa mencoba cake yang lagi happening di dunia food blogger Indonesia ini ^^

Di dunia maya ada beberapa versi banana tokyo ini. Di Indonesia yang populer adalah yang versi cake pisang dicetak di loyang berbentuk pisang lalu diberi coating cokelat hias bentuk pisang. Tapi di Jepang sendiri justru yang populer adalah cake sponge pisang atau cake vanila biasa yang diisi dengan custard pisang. Naaah bingung mau coba yang mana kan...daripada pusing aku coba saja dua duanya. Resep cake aku pakai banana cotton cakenya Ny. Liem yang aku lihat di blognya mbak Elsa Elwin. Sedangkan tuk isian custardnya aku lihat di sini.

Berbeda dengan review mbak Elsa yang bilang kalau adonannya agak encer. Adonanku malah kental banget seperti adonan cotton cake pada umumnya. Tapi ada cara bikinnya yang aku ubah. Kalau versi Ny. Liem, putih telur dikocok dulu lalu disisihkan dan mengerjakan adonan kuning telur. Sedangkan aku menggunakan cara mencampur adonan kuning telur dan tepung kemudian terakhir mengocok putih telur dan dicampurkan ke adonan kuning telur. Cara ini menghindari adonan putih telur mencair. Nah dengan metode ini kue yang aku hasilkan tebal dan banyak. 5 loyang banana cake ukuran besar dan 1 loyang cake ukuran 30 x 25cm. Tebel kuenya. Jadi aku belah mendatar dan dibagi lagi 4 (jadi 8 slices) dan inilah yang aku jadikan bolu gulung pisang isi custard pisang. Ini aja sudah dibelah dua masih tebal kuenya. Di gambar kelihatan kan ada 4 macam. Yang paling atas yang menggunakan loyang banana tokyo. Tanpa filling. Yang di gambar bawah ini yang bolu gulung mini isi custard pisang. Jadi ada 3 macam. Yang cokelat itu yang masih utuh kulit bagian luarnya sedang yang satu yang sudah nggak ada kulitnya. Yang satu lagi sama saja cuman diberi coating cokelat. Kalau saya sih lebih milih bolu gulung tanpa coating. Walaupun bentuknya gak secantik yang menggunakan loyang tapi rasa pisangnya justru lebih terasa. Kalau yang pake coating justru dominan rasa cokelat coatingnya >,<






Banana Cotton cake Ny.Liem :




Bahan A :


250 gr putih telur (kira-kira 7 putih telur)
125 gr gula pasir



Bahan B :
150 gr pisang ambon matang, potong-potong kecil (saya lumatkan)
50 gr gula pasir
1 butir telur
7 kuning telur
1/4 sdt garam


Bahan C :
50 gr margarine, lelehkan
50 gr susu cair


Bahan D : 
150 gr tepung protein rendah  (saya pakai protein sedang)
1/4 sdt soda kue


Bahan D : 
coklat coating kuning (saya pakai mercolade)

Cara membuat :
  1. Kocok bahan B hingga mengembang  (jangan sampai terlalu pucat warnanya), matikan mixer
  2. Masukkan bahan D, aduk rata
  3. Masukkan bahan C, aduk rata
  4. Bahan A : kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan gula pasir sedikit sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang jambul petruk.
  5. Masukkan bahan A dalam 3 tahap ke dalam adonan, aduk balik perlahan hingga rata.
  6. Tuang adonan ke cetakan pisang yang telah dioles margarine. Sisanya tuang di loyang 20x30cm yang dioles dialas kertas roti.
  7. Panggang dengan cara au bain marie atau waterbath (proses pemanggangan dimana loyang berisi adonan diletakkan diatas wadah lain yang berisi air panas) kurang lebih 45 menit, angkat, dinginkan (karena tidak muat loyang berisi air aku taruh di rak bawah, adonan kue di rak tengah sehingga permukaannya berwarna kecokelatan)
  8. Siram dengan bahan E, dinginkan sampai mengeras. Beri dark cokelat leleh (gunakan kuas untuk efek kecoklatan menyerupai buah pisang asli)
Filling Custard Pisang :
- 100 gr pisang
- 1 butir telur
- 1 1/2  sdm maizena
- 150 ml susu cair
- vanili

Cara membuat :
  1. Haluskan pisang dengan garpu.
  2. Camput dengan bahan lain lalu saring.
  3. Masak sampai meletup letup lalu angkat dan dinginkan. Masukkan dalam piping bag.
  4. Untuk bikin versi bolu gulungnya silahkan lihat di sini.



9 komentar:

Ayu mengatakan...

Hi Mbak Hesti,

saya selalu suka baca blog Mbak, inspiratif sekali. Terima kasih ya, sudah membuat orang lain senang. Semoga Mbak sekeluarga selalu diberkahi ya. Amien.

Anyway, aku suka lihat resep ini dari YouTube channel Ochikeron. Mau bikin, kok takut2 terus. Takut kalau menggulung, bolunya pecah. Pernah pecah gak mbak ketika menggulung?

Trims ya

Ayu

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih mba Ayu....amiiin tuk doa doanyaaa

Ini sebelumnya saya pake resep dari situ tapi sewaktu menggulung ada yg patah. Kayaknya karena cakenya potongnya ketebalan. Tapi kalau pake resep cotton cake ngga patah karena kuenya lentur dan lembut. Enak gulungnya.

Anik Kitchen's mengatakan...

Assalamu'alaikum mba Hesti..
Aq udh nyoba bbrrap rsep mba.. alhamdulillah suksess smua.. dan jga ada yg jdi bakul jualanku.. mkasih ya mbk atas rsep" yg bermanfaat.. smoga allah sllu melindungi mbk dsna.. naaf izin nulis rsepx d bku rsep aq.. hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam....

Alhamdulillah mna Anik seneng dengarnyaaa...amiiin mba doa doa teman teman selalu menjadi penyemangat tuk berkreasi...silahkan dicopy resepnya mba

hamdani dani mengatakan...

Mbak gimna cranya supaya saat mengulung tidak pecah mbak...krena biasa kalau adonan tebal saat di gulung pecah

Francisca Bai mengatakan...

Mba, boleh tau mba pakai size tokban yg ukuran brp ya?

Hesti HH. mengatakan...

@Hamdani : caranya panggang kue jangan tlalu lama supaya tidak kering dan masih lentur. Atau gunkan resep semacam chiffon cake atau cake banyak tkuning telur.

@Fransica Bai :17 cm

Vera Yonathan mengatakan...

Salam Kenal Mbk Hesti Cantik... Seneng banget Klo Pas Malam Gak bisa tidur... Buka Blog milik mbk hesti buat cari inspirasi.. makasih Inspirasinya mbk...

Hesti HH. mengatakan...

Hahaa jadi obat tidur dong mba...semoga sehat selalu yaaa biar gak perlu begadang ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails