Minggu, 02 Agustus 2015

Black And White Russian Cake



Assalamualaikum. 
Apa kabarnya teman temanku semua?? Semoga sehat semua ya. Di moment ini walaupun agak telat izinkanlah aku mengucapkan selamat Idul Fitri. Taqobballahu Minna Wa Minkum. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah ramadhan kita dan kita menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Mohon maaf lahir dan batin yaaa kalau ada salah salah.

Cake ini adalah salah satu cake tercantik yang pernah aku lihat. Semenjak aku bookmarked dari blognya Kak Ita "Masam Manis" selalu terbayang bayang kapan berkesempatan membuatnya. Mungkin dah sekitar 2 tahun menunggu akhirnya bisa juga terlaksana bikinnya. Sebenarnya dulu dah pernah bikin versi Kak Ita tapi cakenya agak bantat. Ngga tau juga kenapa. Ada yang salah kayaknya prosesnya. 

Kali ini untuk cake cokelatnya aku bikin pakai resep cake steamed moist chocolate cakenya Cooking Crave. Dulu aku sudah pernah bikin dan ini termasuk cake yang reviewnya memuaskan. Hasilnya nyoklat dan lembut banget. Makanya kali ini aku memilih untuk menggunakan resep ini. Dulu aku bikin menggunakan loyang diameter 20cm. Agar cakenya tinggi kali ini aku gunakan loyang berukuran 16cm. Hasilnya cakep dan tinggi bisa aku bagi menjadi 5 bagian. Tapi lapisan terakhir tidak aku gunakan karena bentuknya yang ngga rata alias ngedome ^^

Untuk cakenya karena dimatangkan dengan proses pengukusan cakenya sudah lembut dan moist sehingga aku tidak menggunakan simple syrup lagi untuk dipercikkan ke atasnya. Untuk mendapatkan aroma kopi aku tambahkan kopi instan sachet. Sebenarnya ini ngga membuat kuenya berasa kopi banget ya cuman menambah intensitas aroma cokelatnya.




Oh iya, aku mendapat input dari salah satu teman blogger bahwa Russian cake itu adalah cake  yang menggunakan minuman beralkohol (vodca). Kuenya diperciki vodca dan disiram lagi dengan saus yang telah diberi vodca. Waaaaaah ngga halal dong ya. Tapi kemarin sewaktu mencari cari di internet malah ngga ketemu ya cake ini versi bahasa Inggrisnya. Mungkin kalau searchingnya pakai bahasa Rusia ada kali ya. Yang adasih Russian cake yang tidak berlapis lapis. Memang menggunakan vodca. Mungkin cake ini adalah hasil kreatifitas teman blogger Malaysia yang diberi nama demikian, bukan karena kue ini berasal dari Rusia. Seperti orang Indonesia yang menamai beberapa jenis kue dengan nama negara tertentu. Cake lapis Mandarin, bolu hongkong, bolu jerman dan sebagainya. Apapun itu aku sebagai orang yang mencoba resep orang lain dan ada rujukannya tentu saja lebih etis kalau menggunakan nama sesuai dengan resep aslinya.


Balik lagi ke kue ini. Walhasil jadi juga kuenya dan cantik pula. Belum serapi dan secantik buatan Kak Ita ya tapi sudah alhamdulillah banget. Ini akunya sih yang kurang sabar. Belum set bener di kulkas sudah dipotong. Jadinya ngga rapi deh. Tapi rasanya maknyussss dan endeeessss...!! ada aroma cokelatnya ada aroma cheesenya dan aroma karamelnya menyumbang rasa yang rich dan kompleks. Aslinya sih atasnya disiram ganache ya. Tapi berhubung dark cokelatku habis ya pake sisa saus karamel yang masih ada di kulkas. Ueeenakkk ternyata!! terima kasih tuk Kak Ita yang sudah sudi berkongsi resipinya ^^

Di bawah ini aku translatekan setengah resep kak Ita ya dan resep cake cokelat yang aku gunakan.





Aku menggunakan 1/2 resep saja karena kueku agak kecil. Krimnya pun aku modifikasi sesuai ketersediaan bahan di rumah.

Cake Cokelat (source : Cooking Crave )
Bahan :
- 180 g butter
- 200 g gula kastor
- 200 g susu evaporated
- 2 butir telur, kocok lepas
- 100 g tepung protein sedang
- 50 g coklat bubuk (aku pake Bendico biar gelap warnanya)
- 1 sachet kopi instan + krimer
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Campur dalam panci, susu evaporated, butter, gula, dan vanili. Panaskan kompor. Aduk sampai semuanya meleleh. Matikan api, angkat dan sisihkan sampai hangat.
  2. Masukkan telur, aduk rata menggunakan whisk. Tambahkan kopi instan aduk hingga rata.
  3. Masukkan bahan tepung (terigu, cokelat bubuk, baking powder, soda kue) yang sudah diayak. Aduk rata.
  4. Tuang dalam loyang bulat diameter 16 cm yang sudah dialas kertas roti dan dioles butter. Tutup dengan alumunium foil atasnya. Kukus selama 45 menit.
  5. Angkat, dinginkan.Aku simpan di kulkas semalaman agar ketika dipotong sudah set dan bisa rapi.
 Krim Keju
- 200 gr creamcheese
- 250 ml krim kental/whip cream dairy, suhu ruang
- 80 gr gula halus (atau sesuaikan selera manisnya)
- 6 gr gelatin
- 30 ml air

Cara membuat :
  1. Kocok krim kental dengan gula hingga mengembang. Sisihkan.
  2. Tim gelatin dan air hingga leleh.
  3. Kocok creamcheese hingga lembut, tambahkan gelatin yang sudah ditim, kocok hingga rata. Jangan kelamaan ngocoknya nanti creamcheesenya bisa pecah. Tambahkan krim kental, kocok lagi hingga rata. Bagi menjadi 3 bagian. Masukkan dalam piping bag. Sisihkan di kulkas.
Ganache cokelat :
- 200 krim kental/ whip cream dairy
- 300 gr dark cokelat

Cara membuat : 
  1. Panaskan krim kental hingga panas (tidak mendidih). Angkat. Masukkan potongan cokelat, aduk hingga licin. 
  2. Dinginkan di dalam kulkas. Setelah dingin kocok hingga mengembang. Bagi menjadi 3 bagian. Masukkan dalam piping bag.
Bahan karamel : 
- 50 gr butter
- 120 gula pasir
- 200 ml krim kental

Cara membuat :  
Lelehkan butter dan gula pasir dalam panci. Masak di atas api sedang hingga mendidih dan menjadi karamel. Memang akan terlihat tidak rata gulanya tapi tidak mengapa. Tuang sedikit dikit krim kental sambil diaduk hingga kental. Sisihkan

Penyelesaian :
  1. Siapkan cake cokelat lapisan pertama. Gunting ujung piping bag selebar 1 cm. Semprotkan krim diawali dengan krim kejunya bergantian dengan ganache. Dimulai dari luar membentuk lingkaran hingga ke tengah.
  2. Tumpuk dengan cake lapisan kedua. Semprotkan ganache cokelat bergantian dengan krim keju. Dimulai dari luar membentuk lingkaran hingga ke tengah. 
  3. Tumpuk dengan cake lapisan ketiga. Semprotkan krim kejunya bergantian dengan ganache. Dimulai dari luar membentuk lingkaran hingga ke tengah. 
  4. Tutup dengan cake keempat. Cover atasnya dengan sisa krim keju. Ratakan hingga permukaannya mulus dan rata.
  5. Simpan di kulkas.
  6. Setelah set dan mengeras. Siramkan atasnya dengan dulche de leche. Siap disajikan. Tips : agar memotong kue bisa rapai, panaskan terlebih dulu pisau dengan dicelup ke dalam air panas. Lap pisaunya kemudian gunakan memotong.


26 komentar:

Anonim mengatakan...

mba hesti mw tanya kalau wangi vanila bean sperti apa ya? karna sy punya vanila bean tp wangi isinya sperti ga wangi vanila,atau memang bgtu mba wanginya? untuk penyimpanannya hrus msuk kulkas atau tdk mba? makasih. vivi

Anonim mengatakan...

Cantik kuemya:)

Hesti HH. mengatakan...

Aromanya wangi mba tapi ngga sewangi yang vanila pasta, essence atau pewangi artificial lainnya....Saya simpannya dalam wadah bersama gula. TAhan sampai 3 tahun ngga rusak asalkan gulanya banyak. Gulanya wangi boleh dipakai juga dan diisi kembali dengan gula pasir yg baru

Wahyuni Dewy mengatakan...

Assalamu'alaikum mb Hesti kalau beli bahan-bahan kue yang lengkap itu dimana ya? Terimakasih
Setiap postingan mb sangat menginspirasi saya untuk terus belajar memasak. Thank you so much
Assalamu'alaikum

Hesti HH. mengatakan...

waalaikumsalam. saya belinya lokal di sini mba di sorowako. kalau ngga ada saya belanja di makassar toko Vi and Vi. Makasih ya mbaaa

Rahma Wati mengatakan...

Assalamu 'alaykum mbak hesti. Mau tanya gelatin yg di tbk halalkah mbak,? Mau eksekusi kek ini..tp,.. masih ragu dgn penambahan gelatinnya.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Ngga semua halal mba. Yang halal harus jelas ada halal MUInya kalau dari Indonesia tapi kebanyakan gelatin produk luar negeri. Ada beberapa yang ada label halalnya. Dilihat saja di kemasannya. Kalau kemasan dikemas oleh toko silahkan bertanya ke tokonya asal gelatin tersebut mba.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum, mbak biasanya pakai gelatin merek apa?

shalihaa wardrobe mengatakan...

Mba hesti, klo pke wip cream bubuk bs gak ya? Makasih

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : waalaikumsalam. Saya juga ngga tau namanya mba, tapi yang jualan akhwat dan dia jamin halal cuman ketika dijual udah dipindah kemasannya jadi saya lupa namanya. Kalau di internet ada halagel mba...

Hesti HH. mengatakan...

@Shalihaa : bisa mba tapi beda rasanya...

nads mengatakan...

Mbak hesti susu evaportd bisakah diganti dengan susu uht..kalo bisa apakah sama takarannya.terimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Aslm, mba hesti makasih resep nya... kemaren dah bikin buat B'day anakku, enak banget.... apalagi buat penggemar coklat. Karena ga ada gelatin, buat krim keju nya ku ganti sama coklat putih, jadi komposisinya creamcheese, whipcream n coklat putih, rasanya tetep enak. Yulia

Hesti HH. mengatakan...

@Nads : bisa tapi kurang gurih aja kuenya. Evaporated jg lbh kental dikit. Takarannya bisa dikurangi dikit. Takut keenceran adonannya.

@Yulia : waalaikumsalam, alhamdulillah mbaaaaa senaaang dengarnyaaaa. Makasih yaaa

Imelda imeliciouz mengatakan...

Hai mba hesti.. Mo nanya agak krg nyambung nih. Saus karamelnya klo dituang gt teksturnya cair/kental ya? Bisa mengering ga ya? Lg cari referensi saus karamel buat drizzle nya cookies nih.. Klo resep karamel aslinya dr cookies yg ak googling pake light corn syrup semua, carinya susah disini hehehe. Oiya, klo resep russian cake ini ntar bakal ak coba buat cake natal.. Thank you before.

Hesti HH. mengatakan...

Maaf ya baru balas. Saya agak kewalahan ngetik pergelangan tangannya masih sakit dan bengkak. Saus karamel kalau baru dibuat masih agak encer gitu mba. Ketika proses ke dingin mulai mengental jd kalau mau menuang tunggu sampai konsistensinya pas ya mba...

mama farhan mengatakan...

mba Hesti, resepnya ga bisa d copy paste ya...^ ^

Hesti HH. mengatakan...

Iya maaf ya. Ngga bisa dicopy paste aja banyak yg bisa mindahin isinya dan bikin blog sendiri pakai nama yg lain mba dengan isi blogku. Habis itu mereka pasang iklan tuk cari uang. Mereka juga pasang iklan yg gak senonoh. Bikin geram aja. Maaf ya mba, saya sudah trauma sama pencuri konten blog. Saya senang share resep untuk dipraktekkan. That's why saya bikin blog.

Unknown mengatakan...

Mbak hesty ..APA pakai loyang bongkar pasang?untuk isian krimya APA tdk meluber ke samping

Unknown mengatakan...

Mbak hesty ..APA pakai loyang bongkar pasang?untuk isian krimya APA tdk meluber ke samping

bella donna mengatakan...

Mbak hesty APA pakai loyang bongkar pasang utk isian APA tdk meluber

Hesti HH. mengatakan...

Pakai loyang biasa mba ngga nempel karen sudah dioles dan dialasi kertas roti.. Isian tdk meluber apabila dalam keadaan dingin.

Vix alexa mengatakan...

Hmmm.. yummy bgt bisa bikin cake anti mainstream.. makasih ya mbak resep nya.

Nonton film box office

Imelda imeliciouz mengatakan...

Mba Hesti, mo tanya kalo cake nya di panggang oven aja bisa ga ya? Thx a lot

gayatri dewi mengatakan...

Dear Mbak Hesti, maaf saya mau tanya. Waktu saya membuat krim kejunya kenapa teksturnya sangat encer ya Mbak. Padahal sudah sesuai resep. Kebetulan saya pakai whip cream Elle & Vire dan cream cheese Anchor. Berapa lama seharusnya kita mengocok whip cream nya Mbak? Berapa lama krim keju harus di istirahatkan di kulkas sampai bisa dipakai Mbak? Saya takut salah step Mbak. Mohon bantuan nya Mbak Hesti, trima kasih banyak sebelumnya.

Hesti HH. mengatakan...

@IMelda : bisa sih kayaknya mba saya jg blm pernah coba

@GAyatri : mengocok krim cukup sampai mengembang mba. Kalau kelamaan nanti padatan dan cairannya pecah jadi rusak teksturnya kayak santan pecah. Kalau krim sampai dingin sekali mba. Sekitar dua jam di kulkas udah bisa dipakai. Kalau suhu rumah panas bisa dibantu dengan mengocok krim di atas panci yang diisi es batu untuk menjaga suhu tetap dingin

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails