Sabtu, 01 November 2014

Puding Kacang Merah



Sebenarnya bingung mau kasih nama apa puding ini. Aslinya adonan merahnya adalah puding strawberry. Tapi untuk menambah nilai gizinya aku tambahkan kacang merah sisa isian dorayaki kemarin. Karena kalau cuma kacang merah aku takut anak anak tidak suka aromanya. Dan bakalan nggak ada yang menghabiskan. Padahal puding ini ukurannya lumayan besar karena menggunakan 3 bungkus agar agar. 2 bungkus "Agar Rasa Strawberry" untuk pusing strawberry dan satu bungkus "Agar Rasa plain" untuk puding putihnya. Semuanya menggunakan susu evaporated supaya lebih gurih dan aku tambahkan vanili bubuk. Walaupun menggunakan kacang merah puding strawberrynya tetap wangi aroma strawberrynya. Anak anak suka sekali. Ngga tau kalau dalamnya ada kacang merahnya.

Bikin puding ini pun niat sebenarnya adalah untuk memberdayakan cetakan silikonku yang bermotif cantik. Dulu hadian dari Indonesian Food Blogger challenge. Nah semenjak itu baru 3 kali aku pakai. Yang pertama aku kecewa karena aroma kue/pudingnya berbau silikon. Mungkin karena masih baru ya. Jadi akhirnya jarang dipake deh. Puding ini tidak aku sertakan resepnya karena main cemplang cemplung saja. Pinginnya bikin puding sembarang aja menggunakan cetakan itu. Yang penting cetakannya kepake lagi. Supaya motif jelas dan puding hasilnya penuh...aku gunakan 2500 cairan (susu evaporated + air putih). Untuk teman teman silahkan berkreasi. Aku cuma menambahkan kacang merah pada puding strawberrynya dan menambahkan nangka plus cendol untuk adonan putihnya. Hasilnya cantiiiikkk....rasanya pun enak.





10 komentar:

Thea Fathanah Arbar mengatakan...

Mbak Hesti, aku suka banget buka blognya. Bikin lapeeer. Hehehe. Aku mau tanya dong, mbak Hesti pakai kamera apa ya? Soalnya hasil fotonya keren banget! Hehehe :D

Mama Aisyah mengatakan...

cantiiiikkk mba...mau dimakan sayang ini mah.. :D :D

Anonim mengatakan...

mb hesti, sy arisah.. itu numpuk agar ny tunggu agarny dingin y? biasa ny pas d potong suka misah kebelah gitu, ga nempel

Citra Kale mengatakan...

Assalamu'alaikum mbk Hesti.. salam kenal. Pudingnya cantik menawan hati :) pasti yummy deh.. next time kalau cemplang cemplung aku dicatetin ya berapa takerannya..biar bisa nyontek juga..hihihihi.. :) Selam.

Hesti HH. mengatakan...

@Thea : alhamdulillah, makasih mbak. Saya pake DSLR Canon 60 D mba...

@Mama Aisyah : ahahaha....iya tapi udah habis juga ini mah ^^

@Arisah : tunggu permukaannya berkulit tapi bawahnya masih lembek/goyang mbak. Tuangnya pelan aja biar gak bocor. Kalo dah dingin muncul uap air di permukaan puding sehingga kalau dituang adonan berikutbya gak nempel. Bisa juga tunggu mengeras pudingnya tapi dicakar dulu dengan garpu permukaannya supaya adonan agar berikutnya nempel.

@Citra : Waalaikumsalam, salam kenal juga mba...
Makasih ya mba maaf resepnya gak lengkap. Yang jelas untuk adonan puding merah saya pake 2 bks agar rasa (10 gr) + susu evaporated satu kaleng ditambah air hingga 1500ml. Gulanya sekitar 225 gratau sesuai selera. Untuk adonan putih saya pake 1 bks agar rasa + susu evaporated 1/2 kaleng ditambah air hingga 1000ml. Gula 150 gr atau sesuai selera.

natanoja mengatakan...

Canggih! berapa lama mbak buatnya? salam kenal ya..

http://natakitchen.blogspot.com/



via savira mengatakan...

wuhh pasti enak itu :) gak bikin perut endut kan ? soalnya lagi proses pengecilan perut nih

Hesti HH. mengatakan...

@Natanoja : makasiiihhh

@Via : bikin endut kalo makannya kebanyakan...hehe

hera mengatakan...

Ass. Aduuuuh cantiiiik mbak Hesti cetakannya n pasti rasa pudingnya juga pasti sedap (mbak Hesti gitu loh) tapi cetakannya itu....di mana ya bisa beli?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, makasiiiiih mbak, cetakannya dulu dapat hadiah ikut challenge di FB mbak. Jadi ngga tau juga belinya di mana >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails