Minggu, 22 Desember 2013

Cotton Cake Ketan Hitam




Hari ini aku coba bikin cotton cake ketan hitam. Tapi resep dari majalah Sedap ini tidak 100 % menggunakan tepung ketan tapi separuhnya menggunakan terigu. Hasilnya enak, wangi, moist dan super lembut khas cotton cake. Tapi rasa ketan hitamnya mild saja menurutku...ya mungkin karena ada campuran terigunya itu. Rasanya pun gurih seperti cake umumnya yang menggunakan mentega. Beda dengan cake ketan hitam yang memakai minyak. Minyak cenderung plain baunya sehingga memunculkan aroma khas ketan. Berikut ini resep dari Sajian Sedap ya...

Bahan :
- 80 gram mentega tawar
- 50 gram tepung terigu protein rendah
- 50 gram tepung ketan hitam
- 100 ml santan (dari 50 ml santan kental instan dan 50 ml air)
- 1 butir telur, kocok lepas
- 50 gram kuning telur, kocok lepas
- 15 tetes pewarna ungu (saya cuma 2 tetes)
- 1 tetes pewarna merah muda (saya skip)
- 250 gram putih telur
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh cream of tartar
- 160 gram gula pasir halus

 Cara membuat :
  1. Panaskan mentega tawar sampai meleleh. Matikan api. Tambahkan tepung terigu dan tepung ketan hitam yang sudah diayak dan diaduk sampai kalis. Angkat.
  2. Panaskan santan asal hangat. Tuang ke campuran telur. Kocok rata. Tambahkan pewarna ungu dan pewarna merah muda. Aduk rata.
  3. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir halus sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  5. Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
  6. Tuang di loyang diameter 24 cm tinggi 4 cm yang kertas roti tanpa dioles.
  7. Letakkan diloyang yang diberi sedikit air. Oven 45 menit dengan suhu 160 derajat Celsius.

13 komentar:

Rima Rahman mengatakan...

mbk maaf td pake akun adikku..☺☺ ketahuan deĦ nimbrung d gadjet orng.mbk fungsi penmbhn tpng terigu apa mbk?klw ful tpng ketan htm teksturnya jd padat ya mbk..

Nisa-mom mengatakan...

cantiiiik nyaaaaaa..... musti nunggu mudik buat dapet tepung ketan item keq nya nih :))

Anonim mengatakan...

Rumah minimalis dengan nuansa danau, klik http://www.citralakesawangan.com/lake_area_gambar_pemandangan/

Anonim mengatakan...

Hai mba hesti saya penggemar mba yg sudah lama liat liat blognya bahkan sudah mencoba resep rotinya mba. Sy selalu menunggu postingan terbaru dari mba, kreatif terus ya mba

Anonim mengatakan...

Asalamualaikum..mbak hesti..selamat tahun baru juga.mbak aku udah coba brownies kukusnya..ennyaak..empuk dan pas dilidahku..makasih ya mbak telah menginspirasi aku.aku dah posting di fb ku mbak,tolong add aku ya mbak?soale aku gak bisa buka fb nya mbak hesti.terima kasih ya mbak,blognya sanggat-sangat bermanfaat sekali.semoga mbak hesti n keluarga selalu sehat,panjang umur,dan diberkahi..aminnn..nama fbku aisyah putri kartika mbak.

Anonim mengatakan...

assww
mb aq sdh buat cake cokelat yg tanpa telur tanpa mentega.. alhamdulillah berhasil dan disuksi dg amat sangat..
tp aq mau tanya ya mb.. fungsi cuka dlm resep itu utk apa ya mb.. please explain ya mb..
jazakillah khair.
indah

Hesti HH. mengatakan...

@Rima : kayaknya biar lebih lembut aja teksturnya mbak gak terlalu ngeprul khas ketan

@Mommy Nisa : kapan mudiiikkkkk???

@Anonim : waalaikumsalam, alhamdulillah kalao suka. iya saya add ya mbak...

@Anonim : waalaikumsalam, fungsi cuka itu supaya bereaksi dengan baking sodanya mbak. Asam ketemu basa menciptakan gelembung gelembung udara yang banyak yang membantu mnegembangnya kue ini. Kan gak pake telur, hehe ^^

Anonim mengatakan...

Mba Hesti, saya tetangga nih di Salonsa. Wah ternyata punya blog ya...saya sempat dibagi kue enak oleh ayahnya mba pas saya dan suami barengan naik bis ke Makassar kalau ngga salah oktober lalu. Saya di anggrek. Dikasih sekotak habis semua oleh kami berdua enakkkk banget kl ga salah kue ini deh... thanks ya mba... inspiring mom.

Hesti HH. mengatakan...

Halo mbak...eh tetangga, hehehe, Tapi aku gak tau namanya siapa nih ^^
Iya mbak alhamdulillah udah mau 4 tahun ngeblognya. Aiiih jadi malu kuenya diicip icip. Kayaknya itu bolu kukus ketan hitam mbak, kalau yang ini baru baru aja bikinnya. Sama enaknya tapi beda di tekstur. yang ini lebih lembuuuuttt...makasih ya udah ninggalin komen.

Anonim mengatakan...

Hi lg mba.. Sy Imel istri pak Roimon. Iya bener setelah sy cek bolu kukus ketan hitam rupanya ya... Mau coba bikin brownies ketan hitam mlm ini pas balik kantor semoga sukses hehehe. Makasih ya blognya inspiratif ! Congrats mba all the best!

Hesti HH. mengatakan...

Hehe iya...makasih doanya. Semga sukses jg kuenya yaaa

Anonim mengatakan...

Hi mba hesti....salam kenal...
Mba,mau ty,itu santannya dikocok dgn telur pake whisk or mixer?
Btw,sy dah coba brownies capucinonya,eeeennnnaaaaakkkk bgt..
Makasih ya mba resep2nya...ijin nyontek ya.. *Lulu*

Hesti HH. mengatakan...

PAkai whisk saja mbak Lulu. Alhamdulilah kalau sukses resepnya...smg yg lainnya juga begitu ya ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails