Sabtu, 23 November 2013

Puding Santan Gula Merah




Udah lama nggak bikin puding ini. Walaupun jadul tapi tetap disuka. Simpel tapi kaya rasa. Bahannya mudah dicari dan proses bikinnya mudah. Untuk membuat puding ini kita biasanya menggunakan gula merah. Gula merah di tempatku sini ada dua macam. Ada gula kelapa  dan ada gula aren. Nah biasanya gula aren rasanya manis dan warnanya tidak terlalu coklat. Sedang gula kelapa warnanya lebih gelap dan rasanya manis ada jejak asin/gurihnya. Ngga tau apakah pada proses pembuatannya ditambahkan garam atau memang rasanya seperti itu. Nah karena kali ini aku menggunakan gula kelapa, aku tidak menggunakan tambahan garam lagi karena rasanya yang sudah pas.

Bahan :
- 1 bks agar agar bening (7 gr)
- 200 ml air
- 700 ml santan
- 240 gr gula merah
- 2 lmbr daun pandan
- 1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
  1. Masak gula merah, air dan daun pandan sambil diaduk aduk sampai larut dan mendidih. Saring ke dalam panci.
  2. Tambahkan santan dan agar agar. Aduk rata. Masak sambil diaduk aduk sampai mendidih. 
  3. Angkat. Ambil 1/2 cup cairan agar dan tuang ke dalam kocokan telur sambil diaduk cepat. Tuang larutan telur ini ke dalam agar agar dan masak kembali sampai mendidih. Angkat.
  4. Tuang ke dalam cetakan agar plastik yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Hilangkan uap panasnya dan taruh di kulkas.
  5. Nikmat disajikan dalam keadaan dingin.




12 komentar:

Kurnia INDRA T mengatakan...

mantep ,,bisa di coba
ipb.ac.id
;)

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mas...

Dhila Nazif mengatakan...

uwaaa.. dari dulu nyoba berkali-kali belum pernah berhasil... jadi semangat lagi lihat resep ini. terima kasih mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Ayoooo dibikin, good luck yaaa

Miki mengatakan...

Salam kenal mba Hesty....Mau tanya mba..
Mba ini pudingnya bikin 2 kali apa gimana ya ko jadi kaya ada 2 warna/ 2 bagian (atas dan bawah)?
Sebelumnya sy pernah buat puding gula merah begini soalnya tapi warnanya jadinya rata coklat semua (pake gula merah yang yang warnanya coklay pekat)

Miki mengatakan...

Salam kenal mba Hesty....Mau tanya mba..
Mba ini pudingnya bikin 2 kali apa gimana ya ko jadi kaya ada 2 warna/ 2 bagian (atas dan bawah)?
Sebelumnya sy pernah buat puding gula merah begini soalnya tapi warnanya jadinya rata coklat semua (pake gula merah yang yang warnanya coklay pekat)

VERONICA DHANI mengatakan...

enak ini mbak,,,,puding yang rasanya khas ya,,,,

Hesti HH. mengatakan...

@Miki : saya rasa bukan dari warna gulanya, tapi penggunaan santannya. Pakai santan segar lebih baik karena ketika mendidih dia akan terpisah encer dan kentalnya. Kalau pakai santan sangat kental atau santan kemasan tidak akan didapatkan puding 2 lapisan ini...selamat mencoba yaa

@Veronoca : beneeer mbak, selalu suka deh ^^

Rina Rosyidah mengatakan...

mba hesti, saya sudah nyobain puding gula merahnya. dan enaaakk banget, jadi keinget waktu kecil sering dibikinin sama ibu. izin naruh resepnya di blog saya ya mba. terima kasih

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak Rina, senang deh kalo cocok sama rasanya...makasih yaaaa

Resep Harmonis mengatakan...

Terimakasih mbak resepnya. Kebetulan sedang cari resep olahan gula merah untuk anakku. Nemu juga resep yang praktis dan pasti disukai anak-anak.

imer mengatakan...

sy br mau mencoba resepx..mudah2an berhasil..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails