Thursday 21 November 2013

Bolu Gulung Marmer Pandan Coklat





Resep bolgul ini aku lihat di blognya mbak Nien Ing "Umek di Dapur". Aslinya resep mbak Dida Rahmadiah tapi udah dimodifikasi dengan diberi motif oleh mbak Nien. Motif bolgulnya mbak Nien cantik, kelihatan lapisan hijau cokelatnya. Lha kok punyaku jadi amburadul gitu ya. Memang menurutku adonan yang aku bikin nggak bisa kental banget. Walaupun dah lama dikocok cuman bisa kental aja gak sampai berjejak. Memang sih cara buatnya agak beda dikit karena semua bahan kecuali margarin dikocok sekaligus sampai mengembang. Emulsifiernya aku pake cuma 1 sdt. Apa mungkin karena itu ya. Padahal kocoknya dah speed tinggi. Hasilnya ketika adonan dituang adonan bergerak cepat langsung meleber ke samping samping seakan akan mau nyampur. Nah ketika keluar dari oven beginilah bentuknya. Jadinya marmer bukan zebra. Aku masih belum puas. InsyaAllah lain kali dicoba lagi deh. Tapi rasanya enak banget. Wangi pandan. Isiannya aku beri selai strawberry.

Resep mbak Nien menggunakan susu cair. Karena aku ingin merasakan aroma pandan asli aku ganti susu cair dengan pasta pandan home-made. Kalau pake air pandan saja nggak akan berasa karena penggunaannya cuma 20ml. Kali ini tuk warna hijaunya ke dalam belenderan pandan aku tambahkan suji. Jadi dapat harumnya dapat pula warnanya. Untuk cokelatnya aku beri coklat pasta yang dibuat dari coklat bubuk diberi sedikit air hingga menjadi pasta.




Cara membuat pasta pandan/suji, blender 7 lembar pandan dan 30 lembar daun suji dengan 200 ml air. Simpan dalam wadah dan taruh di kulkas selama empat hari. nanti padatannya mengendap di bawah. Itu yang kita ambil tuk dijadikan pasta. Untuk pandan pasta bisa lihat di sini cara bikinnya.





7 comments:

Dapur Ziah said...

cantiknya......

sukaaaaa dech sm hasil karya mbak hesti.

udah banyak yg aku coba dan sukses mbak. eits, tapi baru ijin nyonteknya sekarang, maaf ya mbak hesti kalau aku nyontek gak bilang2. hehehe...

Unknown said...

mbak hesti,,segini j dah cantik kok coraknya..
satu lg jenis cake yg blm bs rima taklukin nih jenis2 yg di roll.tuk dapetin kulit permukaan coklt gt gmn mb?itu kulit atas atw bwh mb?
TYV ^^

Nisa-mom said...

whuaaaaa.. cakeeeep kue nya... cakep foto nya mba Hesti...

Hesti HH. said...

@Eva : makasih mbak, no problem mbak memang buat blog ini buat sharing kok ^^

@Rima : ini kulit atas mbak. Biasanya kalau panggang sesuai waktunya, udah matang permukaan dah kecoklatan tp kalau ditekan berbunyi nyes nyes. Itu nanti kalau digulung bakalan lengket mbak, jd caranya 3 menit sebelum waktu panggangan berakhir saya pindah api atas untuk mematangkan permukaannya. Sekitar 5 menit aja mbak. Tergantung oven masing masing sih. Lalu gulungnya pakai serbet bersih.

Hesti HH. said...

@mommy nisa : makasih mbakyuuuuu

Unknown said...

mau nyobain bikin kue tanpa gagal, hasilnya selalu bantet dan ga sempurna. padahal selalu mikutin step step nya yang dari buku resep kue gitu. jadi takut lagi kalo mau buat kue

Hesti HH. said...

Yang penting dalam perbakingan itu menguasai temperatur oven dan teknik pengocokan mbak, kalo udah tau insyaAllah sukses mbak. gagal sekali kali itu biasa...aku jg bgt. Cuman kalo gagal gak diposting ^^ hehe

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...