Rabu, 06 November 2013

Lumpur Singkong




Lama gak posting resep niy...kemarin habis cuti ke Makassar-Malang selama seminggu. Kangeeeen dapurku. Hari ini aku buat kue lumpur singkong. Resepnya dapat di Majalah Muzakki. Yang punya resep "Bynsa Cake". Awalnya ngiler berat...membayangkan kue lumpur yang unik dari singkong. Setelah baca baca resep...lho bahannya seperti membuat kue bingka singkong. Sama sekali beda cara dan bahan dengan kue lumpur. Tapi karena orang yang punya resep kasih nama kue lumpur, aku ikut aja yaaaa.

Beneran setelah dicoba rasanya seperti perpaduan kue bingka dan sentiling. Suka sama teksturnya yang kenyal ringan. Wangi karena ada margarinnya. Tidak terlalu manis. Dari resep asli yang menggunakan sekilo singkong...aku bikin seperempatnya aja. Karena dari sekilo singkong yang aku beli cuma 250 gr saja yang bagus...hehe. Jadinya cuman 12 buah saja. Resep asli aku konversi ke gram ya.


Bahan :
- 250 gr singkong parut
- 50 gr terigu
- 50 gr gula pasir
- 1 sdm margarin, lelehkan
- 125 ml santan
- 1 butir telur (dua kalau ukurannya kecil)
- 1/2 sdt garam
- kismis secukupnya

Cara membuat :
  1. Kocok gula dan telur asal rata, jangan sampai mengembang.
  2. Masukkan singkong parut, aduk rata. Tambahkan terigu dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan santan, aduk sampai rata. Terakhir tambahkan margarin cair, aduk lagi hingga rata.
  4. Tuang ke cetakan kue mangkok yang sudah dioles minyak. Taburi atasnya dengan kismis.
  5. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Angkat. Biarkan dingin lalu keluarkan dari cetakan.




Oh iya...sekedar sharing. Karena rumahku rumah panggung, ada space yang luas di bawah rumah. Ternyata ini dimanfaatkan oleh burung burung kecil untuk bersarang di sana. Hari ini aku sempatkan mengambil gambar anak anak burung yang imut. Lucu yaaa. Memang bukan hanya ibu kita yang penuh pengorbanan, induk burung ini juga sudah bangun pagi-pagi cari makan buat anaknya. Berdua, induk jantan dan betina bergantian memberi makan mulut mulut kecil yang selalu lapar ini...subhanallah






6 komentar:

resep kuliner mengatakan...

kue lumpur singkongnya enak tuh...

Nisa-mom mengatakan...

aaaw.. what a cute birds ... !! Nisa pasti suka kalo tinggal di tempat mba Hesti nih .... anyway, jadi ngiler juga sama lumpur singkong... ternyata gampang ya mengolah nya...

Hesti HH. mengatakan...

Thanks Resep Kuliner...

Beneran mbak, pemandangan dan lingkungan di sini pengobat stress ^^

Nirwana Abadi mengatakan...

Ngilerrr bun :v
Btw, mau lapor nih, kemarin pizza mini nya berhasil bgt :-D Alhamdulillah temen2 semua suka, smpai2 ndak sempet difoto saking banternya :v terus juga donat dengan metode water roux, katanya ibu enakk :-D Terus jg hemat tanpa kentang, soalnya hrga kentang lagi mahal *ngirit* ehh :-D Ijin experimen resep yang lain ya bun, maap komenannya banyak :-D

Hesti HH. mengatakan...

Hahahaa....ikuuut senang mba. Syukurlah kalau cocok ma resepnya ^^

riani mengatakan...

Mba hesti, ini bisa dipanggang seperti lumpur kentang?

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails