Selasa, 09 Juli 2013

Mangut Ikan Gabus



Nikmatnyaaaaaaa...kayaknya ini masakan Jawa berbahan ikan favoritku deh. Makasih buat mbak Ine "Elkaje" tuk resep maknyusnya. Hubby sampai nambah-nambah...makan sambil bergumam berulang berulang "enak sekali bu masakannya". Kasihan banget ya suamiku. Selama ini aku sering buatkan dia masakan Jawa tapi baru kali ini aku buatkan mangut ikan. Padahal dia Jawa asli dan mestinya dulu sering makan masakan ini. Katanya kalau neneknya yang buat pake iwa pe' alias ikan pari asap. Lebih enak lagi karena dagingnya tebal serta tulang rawannya juga bisa ikut dimakan.

Menurutku yang bikin masakan ini spesial adalah penggunaan ikan asap dalam kuahnya. Aroma sangit khas asap itu yang bikin menggugah selera. Belum disantap aja sudah kebayang bayang rasanya. Apalagi pas dimakan....eeeeeegh nikmaaat!! potongan cabe ijo dan cabe rawit utuh menyumbang wangi khas dan belimbingnya melengkapi kesegarannya. bakalan jadi resep andalan nih ^^




Berikut bahannya aku modifikasi dikit dari Mbak Ine "Dapur Elkaje"


Bahan :
- 4 ikan gabus asap ukuran kecil, cuci bersih
- 1 buah tahu, potong potong kotak dan goreng sebentar
- 2 buah tempe ukuran kecil, potong kotak
- 4 buah belimbing sayur, potong 1 cm
- 2 buah cabai hijau, iris serong
- 1 potong lengkuas, geprek
- 2 lembar daun salam
- garam secukupnya
- 1 sdt gula
- 1000 ml santan
- 2 genggam daun kemangi 
- 10 buah cabe rawit

Bumbu halus :
- 3 buah cabai merah besar
- 4 siung bawang putih
- 7 butir bawang merah
- 2 cm kunyit
- 2 cm kencur

Cara membuat :
  1. Bakar ikan untuk sekedar mengeringkan, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, salam dan lengkuas sampai harum baunya.
  3. Tambahkan santan, tahu, tempe, cabai hijau iris, cabe rawit, garam dan gula. Masak sampai bumbu meresap.
  4. Tambahkan belimbing sayur  yang dipotong 1 cm dan  ikan pari.
  5. Masak sampai mendidih dan bumbu meresap. Cicipi bumbunya.
  6. Matikan api, masukkan daun kemangi, aduk rata.

7 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

syedaaap nyaaa... *disini banyak jenis ikan asap, tapi kalo gabus termasuk jenis ikan apa ya mba.. puyeng nyari padanan kata di Inggris hehehehe

Hesti HH. mengatakan...

Hihihi...yang penting ikan asap mbak, aroma asapnya yang bikin sedap kayaknya...bukan ikannya ^^

fitri_amalia mengatakan...

iya mbak Hesti, mangut iwak pe favoritku, apalagi klo pas pulang ke semarang langsung ke pasar n beli panggang pe (ikan pari asap) syedaappp. wah puasa2 di luar hujan baca postingan mb Hesti langsung lapeeerr...liat jam baru jam setgh 10 pagi...huwaaaa masih lamaaa:p

fitri_amalia mengatakan...

iya mbak Hesti, mangut iwak pe favoritku, apalagi klo pas pulang ke semarang langsung ke pasar n beli panggang pe (ikan pari asap) syedaappp. wah puasa2 di luar hujan baca postingan mb Hesti langsung lapeeerr...liat jam baru jam setgh 10 pagi...huwaaaa masih lamaaa:p

dentistvschef mengatakan...

Mangutnya dikasih garnish daun basil,
dark scene photographnya keren mbak....

dina mengatakan...

Mbak hesti salam dr makassar.. mau nanya dong.. resep ini bisa pakai ikan mentah segar dr laut ga?saya ga bisa makan ikan sungai..

Hesti HH. mengatakan...

@Fitri : bener mbak, asli enak! maaf ya bikin ngeces, hehe ^^

@DenstistvsChef : makasiiihh...

@Dina : apa kabar Dina, kayaknya mangut itu banyak macamnya, tapi memang hanya olahan asap yang khas aromanya. Saya juga dulu sama skl tdk prnh makan ikan sungai karena keluargaku tdk makan ikan sungai (apa mmng orng Makassar begitu ya) tp setelah icip masakan yg saya bikin tuk suami malah suka. Tapi khusus asapnya ya, bukan segarnya...hiiiyyy

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails