Senin, 30 November 2015

Pumpkin Puff with Pumpkin Custard Filling


Dalam rangka meramaikan tantangan Indonesian Food Blogger bertemakan "labu"  kali ini aku bikin kue sus labu. Pinginnya yang unik yang beda dari yang lain. Ngga nyangka ternyata labu bisa juga dibuat kue sus. Kuenya juga tetap mengembang indah. Bikinnya sih kemarin tapi baru bisa diposting hari ini. Lagian udah janji dan emang udah niat mau ikutan challenge ini, waktu itu udah dicolekin sama mba Freeyanti Inef dan admin IDFB. Jadi walau telat yang penting ikut meramaikan ya teman teman...

Resepnya gak jauh beda dari sus biasa cuman ada tambahan labu halusnya saja. Supaya bener bener sesuai tema, isinya juga aku beri tambahan labu. Rasanya seperti makan klappertart labu dalam balutan kue sus, enaaaak. Jadi selain warnanya jadi cantik kekuningan rasanya pun oke dan gizinya juga dapat. resepnya aku modifikasi dari Cookin' Canuk


Bahan :
- 125 ml air
- 60 gr margarin
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm gula
- 75 gr terigu
- 2 butir telur
- 40 gr labu kukus halus

Bahan vla labu :
- 400 ml susu cair
- 200 gr gula pasir (atau sesuai selera)
- 20 gr maizena 
- 20 gr terigu
- 2 kuning telur
- 100 gr labu
- 100 gr kelapa muda serut
- 50 gr kenari cincang
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt kayu manis bubuk
- 1 sdm munjung margarin

Cara membuat : 
  1. Dalam panci, masukkan air, margarin, garam dan gula. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Masukkan terigu sekaligus aduk hingga bergumpal dan kalis. Matikan api. Angkat. Biarkan sampai  dingin.
  2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. Masukkan labu halus, kocok lagi sampai rata.
  3. Semprotkan bulat bulat di loyang yang sudah dioles margarin. Beri jarak untuk mengembang.
  4. Panggang dengan api 400F atau 200C selama kurang lebih 20 menit atau matang dan kokoh kulitnya.
  5. Vla : campur semua bahan kecuali kenari, kelapa muda dan margarin. Saring ke dalam panci.
  6. Masak sambil diaduk terus sampai meletup letup. Masukkan kelapa muda dan kenari. Aduk rata biarkan meletup sekali lagi. Angkat. Masukkan margarin lalu aduk sampai licin.
  7. Isikan bahan vla ke dalam kulit sus. Siap disajikan dengan taburan gula halus bercampur kayu manis.



3 komentar:

Umi Kinan mengatakan...

Sebenarnya udah seriiing banget ngeliat resep-resep mba Hesty pake labu kuning. Tapi kok ga pernah mau nyoba karena yg ada dikepala kebayang labu kuning tuh rasanya mirip2 kaya labu siam cocoknya buat dibikin sayur. Eh tapi waktu itu pernah dikasih sama tetangga, ya ampyun baru tau saya rasanya.. Ternyata enaaak...!! Sekarang lagi coba-coba resep labu kuning tapi masih cake aja dulu mba.. hehe.. ^_^

Nika mengatakan...

wah mbak pas bgt...aku baru dikasiin labu kuning besar bgt hasil panen temen.
td pagi sdh eksekusi pumpkin coffee cake nya yg uenaaak bgt...pas balik sini cari ide kue pumpkin lg, nemu resep ini...horeee...
makasih yaaa...

Hesti HH. mengatakan...

@Umi Kinan : supeer beda mba dan enak mba kalau labu kuning. manis dan bertepung gitu. Yuuuk dicobaaaa ^^

@Nika : good luck ya bikinnyaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails