Rabu, 02 Desember 2015

Sponge Cake Jeruk (metode pisah telur)


Aku paling suka apapun yang beraroma citrus. Apalagi kalau dibikin kue. Wanginya itu lhoooo...
Kali ini aku sharing sponge cake jeruk dengan teknik pisah telur ya. Asli ini enak banget. Cake dan toppingnya sama sama beraroma jeruk. Teksturnya beneran kayak sponge atau cotton cake. Bedanya kalau cotton cake pori porinya lebih halus dan lembab. Tapi metode pisah telur ini menghasilkan kue yang ringan dan lembut juga. Makan sepotong gak berasa, hihi.

Percobaan pertama bikin kuenya banyak turunnya alias agak mingpes karena aku pake margarin. Percobaan yang kedua aroma jeruknya kurang keluar. Akhirnya yang ketiga kali bikin akhirnya aku dapatkan komposisi yang pas. Baik dari segi tekstur dan aromanya. Pokoknya "jeruk" banget!

Sebenarnya untuk toppingnya bisa saja pakai selai marmalade botolan ya. Tapi karena kebetulan aku ada jeruknya kenapa ngga bikin sendiri marmalade abal abalnya. Daripada beli selai satu botol tapi yang dipakai cuman dikit. Awalnya mau pake jelly rasa jeruk tapi lagi kosong jadi ya pakai jeruk saja. Walaupun jeruk sunkistnya cuman satu tetap cakep hasilnya. Untuk cake sengaja aku gunakan sirup agar rasa jeruknya lebih intense. Kalau air jeruk selain terlalu encer juga aromanya kurang keluar.




Resep aku modifikasi dari resep aslinya di sini.

Bahan :
- 6 kuning telur
- 60 ml minyak
- 100 gr terigu protein sedang
- 1/2 sdt garam
- 40 ml susu cair
- 70 ml sirup rasa jeruk (aku pakai merk ABC)
- 1/2 buah kulit jeruk sunkist, parut kulit terluarnya, sisihkan isinya.

- 6 putih telur
- 90 gr gula pasir

Selai jeruk :
- 1 jeruk sunkist
- 1/3 cup gula pasir
- 100 ml air

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang kotak/bulat diameter 20 cm. Olesi dasarnya dengan mentega (sisi sisinya tidak perlu) dan beri kertas roti. Lapisi luarnya dengan alumunium foil. Apabila menggunakan loyang tanpa sambungan luarnya tidak perlu dialasi alfoil. Panaskan oven 190C. Siapkan loyang kotak yang lebih besar untuk au bain marie atau water bath. Isi dengan air setinggi 1 cm.
  2. Dalam wadah, campur kuning telur dan minyak. Aduk asal rata dengan whisk. Tuang sirup dan susu cair. Aduk rata. Tambahkan terigu, garam. Aduk sampai rata jangan sampai bergerindil. Tambahkan kulit jeruk aduk rata.
  3. Dalam wadah yang lain kocok putih telur hingga berbusa. Tambahkan gula pasir dalam tiga tahap sambil dikocok dengan kecepatan tinggi hingga soft peak. Jangan sampai kaku ya cukup soft peak biar gampang nyampur dengan adonan kuning telur.
  4. Ambil 1/3 adonan putih telur masukkan ke adonan kuning telur lalu aduk balik perlahan sampai tercampur rata. Tambahlan lagi 1/3 putih telur dan aduk sampai rata, berikutnya tambahkan putih telur yang terakhir dan aduk rata. Tuang ke dalam loyang. Ratakan.
  5. Panggang selama 15 menit dengan cara au bain marie dengan panas 190C, lalu turunkan panas ovennya menjadi 145C dan panggang lagi selama 1 jam. Apabila selama memanggang mulai muncul retakan di permukaan kue segera turunkan panas oven dan tambah waktu panggangnya menjadi 1,5 jam. Matangnya kue ditandai ketika permukaan kue ditekan akan kembali ke bentuk semula (bounce back).
  6. Setelah matang matikan oven dan biarkan kue sebentar di dalam oven. Angkat lalu pindahkan ke piring saji. Olesi dengan selai jeruk.
  7. Selai jeruk : kupas kulit jeruk bagian terluar yang berwarna kuning, atau bisa juga diparut (jangan ambil bagian putihnya atau akan pahit). Buang juga bagian di tengah jeruk yang berwarna putih. Potong potong jeruknya dan masukkan dalam panci. Masukkan pula cincangan/parutan kulit jeruk dan gula. Masak sampai agak kental. kalau mau cepat kental bisa ditambah 1 sdt maizena. Setelah mendidih biarkan hangat lalu tuang di atas kue.

11 komentar:

agus budianto mengatakan...

Subbhannallah, sangat menginspirasi sekali ibu Hesti ini, saya sangat kagum sekali.. ilmu tentang dapurnya sungguh sangat luas, saya harus banyak belajar dari ibu hesti.. terus menjadi inspirasi bagi ibu-ibu diseluruh nusantara,bahkan mancanegara,, terus berkreasi ibu hesti dan tetap semangat..

Anonim mengatakan...

selamat pagi mba Hesty....saya penggemar blog na mba Hesty...maaf saya mau nanya d luar topik sponge cake jeruk...apakah mba Hesty sdh menemukan topping roty boy wanna be yg krunchy na bsa tahan lama? krn resep terakhir yg saya baca d blog mba Hesty gabungan resep topping roti boy dgn topping crunchy sus jepangnya Pak Sahak...tapi blm ada resepnya..d tunggu resepnya mba Hesty....

Hesti HH. mengatakan...

@Agus Budianto : Amiiiiin saya masih dalam proses belajar terus mas. Senang bisa bermanfaat. terima kasih tuk supportnya...

@Anonim : hihi maaf saya sampai lupa karena sudah lama gak praktek lagi. yang waktu itu seingatku renyah tapi tekstur atasnya gak cantik. masih terlihat lingkaran spiral dari toppingnya. Saya nyerah mba,,,nanti kalau dapat mood lagi baru saya share ya...

Anonim mengatakan...

Jangan nyerah mba....teteup semangat Mba...Saya doain semoga Mba Hesty dapat mood nya segera buat bikin roti boy lagi :)

Hesti HH. mengatakan...

hehehe muakasiiihhhh tuk supportnya mbaaaaa, diusahakan segera ya, banyak yg nanyain soaleeee

Devi Fitriani Rahayu mengatakan...

assalamualaikum mba hesti,saya devi salam kenal... mba hesti saya tertarik dengan foto foto hasil kue nya,pake kamera apa? belajar food fotografi dimana?

Anonim mengatakan...

mba hesti hasil jepretan fotonya menarik, selama ini pake kamera apa? belajar food fotografi dimana?

Hulya Elrossam mengatakan...

Mba, cake ini kalo ga pake sirup jeruk... bisa diganti dengan apa yah? Essense kah?

Terima kasih :)

Hesti HH. mengatakan...

@Devi : waalaikumsalam, saya pakai dslr Canon 60D mba lensanya 50mm. Belajarnya otodidak nongrongin blog senior yang kece kece...hehehe

@Hulya : kadang ada yang pakai nutrisari mba. Tapi kalau saya lebih suka aroma sirup ABC

Resep AZ mengatakan...

Resep AZ Yummy... Cake dengan Vitamin C yang terkandung di Jeruk :)

nara abdel mengatakan...

Mantap gannn.
Download Lagu Terbaru http://boxlagu.xyz

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails