Selasa, 18 Maret 2014

Martabak Bolu Mini



Hari ini coba bikin martabak manis mini. Resepnya lihat di mbak Rina Rinso. Resep asli dari mbak Irene. Resep ini dah jadi resep andalan para blogger jadi aku penasaran dong, pingin buat juga. Hasilnya tentu saja lembut, manisnya pas dan gurih. Pinggirannya krispy gitu, kalau dimakan panas panas terdengan bunyi kriuk kriuknya. Anak anak pulang sekolah, baru habis makan nasi langsung sambung lagi masing masing martabak manisnya 2 buah. Artinya mereka suka beneeer. Memang nggak kalah sama yang dijual sama abang di pinggir jalan. Bedanya cuma di ukuran saja. Makasih buat mbak Rina yang sudah sharing resep dan ngiming ngimingin kita...hehe. resep bisa di intip di Dapurnya Rina.

Di bawah ini tampak seratnya ketika dipotong dengan pisau...



Yang satu lagi seratnya ketika martabaknya dipotong dengan tangan...


40 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

*tag* aduuuh... slalu penasaran sama resep2 mba Hesti... cantik2 dan mengundang selera...

ninaz ninas mengatakan...

Mbak Hesti,tekstur martabaknya ini kaya bolu (cakey) ato kaya martabak manis licin dan menul2?makasih mbak

Anonim mengatakan...

Mba, fermipan langsung di tabur ke adonan apa pakai air dulu?

Ratna Sari mengatakan...

mbak,,,,sy br buat blog ni :) bolehkah saya share beberapa resep mb hesti yg sdh sy cb sendiri untuk sy publish??

Nabila Azzahra mengatakan...

Jadi ingat jajanan waktu SD dulu :))

Anonim mengatakan...

Aku udh cobain resep yg ini mba,enaaakkkk anakku sma suamiku pada suka,apalagi pake toping kejunya yg banyak..nikmeeehhhh..
Gak prnh bosen mampir ksni,fotonya menggugah selera

Salam
Yulia-Bali

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah.....makasih mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Kalau menurutku diantaranya mbak, gak cakey juga gak licin banget...

Hesti HH. mengatakan...

Langsung aja mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Selamat ya mbak udah punya blog baru...silahkan di share mbak dengan senang hati ^^

Hesti HH. mengatakan...

Sama mbaaa...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak....makasih ya dah nyobain *muaaaccchhh

Ratna Sari mengatakan...

makasih y mb atas ijinnya :) iy mb,,,mw tanya jg ni....knp kl sy baking pk bhn ragi slalu gagal :'( 3x buat donat kentang g prnh ngembang, skali buat apem kukus, bantat. hiks,,, tanda ragi/fermipan yg msh bagus itu gmn? cr nyimpen sisa fermipan itu gmn mb?tks :)

Hesti HH. mengatakan...

Biasanya kalo gak ngembang sama sekali itu dari raginya mbak. Cara menyimpannya setelah dibuka, dilipat dan ditutup rapat kemudian dijepret. Simpan dalam wadah kedap udara dan simpan di kulkas. Saya suka beli yang sachetan 11 gr. Cara mengetahui kalau masih aktif, rendam 1 sdt dalam setengah gelas air kalau dalam 10 menit dia berbuih artinya masih aktif mbak...

Ratna Sari mengatakan...

oh gitu tho... trimakasih atas info & masukannya mb.

Anonim mengatakan...

waaahh ky ny enak nich n cantik bngt....

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Mba pk cetakan apa mba?
Kelihatan empuk menul2.. berasa pengen nyomot aja deh..

Heheh..,..

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, saya pake sback maker signora mbak Lina....

Hesti HH. mengatakan...

terima kasiiiih...

evaranza novianti mengatakan...

Salam kenal mba, aku tukang intip resep2 di blognya mba hesti dan suka praktek resepnya alhamdulillah sering berhasil. oh..ya mba kira2 klo pake cetakan kue lumpur bisa ga ya?

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaykum Mbak Hesti...
Anak2 di rmh suka sekali martabak manis dgn topping keju yg melimpah. Bersyukur bngt baca postingan Mbak, jd td pagi sudah nyoba mbuat deh. Hmmm...menul2 & berserat bagus yaa. Puas makannya krn jadi banyak hehehe..
Terimakasih ya mbak, smoga menjd pahala utk Mbak & Kel.
~sri han~

lina mengatakan...

k, sy baking kok ga trlalu bersarang ya, kira2 apa yg salah ya ...thanks

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih mbak. Bisa kok pake cetakan kue lumpur cuman mungkin bawahnya gak semulus yg teflon ya

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,
Alhamdulillah kalau suka mbak, amiiiiin makasih banyak doanya...

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin raginya udah gak aktif mbak. Ragi yang sudah terbuka harus ditutup rapat dan disimpan dalam wadah kedap udara lalu taruh di kulkas. Untuk mengecek..bisa ambil sedikit ragi rendam dalam air...harusnya dalam 15 menit udah muncul gelembung2 atau ngembang.

HestyRight mengatakan...

Salam kenal ya mba hesti..
Nama saya hesty juga dari batam...googling aneka kreasi roti n nemu blog mba hesti yang kece ini....
Alhamdulillah seneng,bangga bnyk org indonesia yang senang membagi ilmunya....
Mba mau tny beli mixer rotinya dmn?n harganya brp mba?disini sy kesulitan cari mixer buat roti,ada juga yg gede buat hotel-hotel dgn hrga selangit...
Mksh ya mba....
Blognya udh aku bookmark biar klo mau buka tinggal klik....:D

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg mbak Hesty ^^

Alhamdulillah kalo bisa mengiinspirasi mbak.
Kalau mixer saya beli di teman. harganya dulu 3 tahun lalu cash 5 juta.
Makasih ya apresiasinya ^^

Hera mengatakan...

Ass. Mbak Hesti mau tanya, apa sesudah dituangkan ragi, mentega cair dan bakpowdernya adonan diaduk lagi sampai rata?

Hesti HH. mengatakan...

waalaikumsalam,

Iya mbak diaduk asal rata

Anonim mengatakan...

Salam kenal Mba Hesti

Mbak, kmrn saya nyoba bikin martabak mininya, tapi rada gagal kayaknya Mba, krn dalamnya kurang berserat/berongga kayak martabak yang dijual, kira2 salahnya dimana ya Mba...apa karena kmrn saya pake susu ultra yang langsung dari kulkas, harusnya ditunggu suhu ruangan dulu ya Mba?Oiya satu lagi martabak yang saya bikin kmrn ga ada pinggiran nya yang garing itu kayak martabak yang Mba Hesti bikin, itu juga kenapa ya Mbak....

Makasi jawabnnya Mba Hesti

Utami

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal MBak...

Rata rata kegagalan mengembangnya roti atau kue beragi itu disebabkan penggunaan ragi yg sudah tidak aktif, Apalagi kalau ragi yg digunakan sudah terbuka kemasannya. Tanda untuk mengetahui ragi masih aktih yaitu ketika ditaruh dalam air...beberapa saat akan muncul busa busa (mengembang). KAlau tdk ada reaksi bisa saja itu yg menjadi penyebab martabak mbak gak mau naik. Kalau susu dari kulkas gak masalah mbak, harusnya tetap berserat.. Kalau mau ada pinggiran garingnya itu adonan harus digoyang goyangkan ke sisi sisinya mbak...

Anonim mengatakan...

Hlo mbak Hesti, kalo nggak ada cetakan martabak, kira2 bisa pake pan penggorengan biasa nggak ya?apa hasilnya akan laen? Trims banget ya

Hesti HH. mengatakan...

Bisa pake pan teflon mba. Tapi kalau mau tebal ngisinya harus banyak. Kalau dikit hasilnya tipis dan gak bersarang banyak. kalau wajan biasa gak bisa mbak karena panasnya gak rata....

Anonim mengatakan...

Halo mbaak..martabak nya ngegoda bgt niih..tapi tapi kok resep mbak rina n mbak irene beda yaa?mba irene pake baking soda..saya jd binunnn..kl mbak hesti pake resep yg mana kl boleh tau.hehehe :)

Hesti HH. mengatakan...

Saya pakai yang mbak Rina mbak...

Anonim mengatakan...

mbak hesti,, selama ini saya mengikuti bloh mbak yng keren ini,,
tks resep martabknya ini sdh saya coba,, memang lembut dan bisa bersarang,
tetapi ada juga yg padat,,, apa mgk krn api terlalu kecil ya,,
tetapi tetep enak kok,, wis pokoknya resep mbak oke,,
Wiwin

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, senaaaang dengarnya, Iya kalau api terlalu kecil matangnya lama jadi keras dan padat. Semoga lalin kali lebih sukses ya mba

Shintya Angga Wulan Sari mengatakan...

Assalamualaikum bu Hesti...
saya tau blog ibu kebetulan dari teman saya, terus pas kemaren pengen martabak saya akhirnya coba bikin martabak ini, tapi pas dimasak pake teflon atasnya bolong-bolong tapi cuma setengah aja, kira-kira kenapa ya bu? tapi tidak bantet bu hasilnya, pas saya makan sama ibu saya rasanya kaya poffertjes hehehe.. makasihbu hesti

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, mungkin suhu udara di rumah dingin jadi perlu ditambah fermentasinya mba biar ngembang sempurna. Mungkin lho mbak....hehehe

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails