Sabtu, 08 Maret 2014

Lopis





Minggu yang lalu aku senang sekali. Dapat kiriman lopis buatan mamaku. Memang sudah lama kangen...pingin makan lopis. Kebetulan bapak sudah selesai masa cutinya di Makassar. Mau balik ke tempat kerja transit dulu di rumahku sekalian bawakan titipan mama. Nggak tanggung tanggung...8 buah lopis utuh. Masih dalam keadaan beku. Jadi nanti ketika akan disajikan di simpan dulu di suhu ruang lalu dipanaskan kembali. Caranya didihkan air dalam dandang, masukkan lopisnya dan masak sampai sekitar 1-20 menitan. Air harus dalam keadaan mendidih. Volume air rebusan sebaiknya setinggi lopis pada saat posisinya dibaringkan dalam dandang jadi bukan dalam posisi berdiri.

Nikmatnyaaaa...aku tinggal menambahkan cenil saja dan lopis campur pun siap disajikan. Larutan gulanya aku buat dengan tambahan duren. Nikmaaaaat. Lopis mamaku tidak ada duanya. Legit, lembut, matang sempurna. Hehe ya iyalah...semua anak anak pasti mengidolakan masakan mamanya ya kan. Tapi memang buatan mamaku is the best. Kesukaanku memasak dan membuat kue adalah warisan beliau ^^






Di bawah ini aku sertakan step by step pembuatan lopis yang sempat diabadikan bapakku. Gambarnya agak kabur karena menggunakan kamera HP. Supaya bentuknya seragam mama menggunakan cetakan dari kayu seperti di gambar. Daunnya dibentuk dan diikat di satu sisi dengan tali rafia kemudian setelah membentuk tabung kayunya dilepas. Daunnya dibentuk semua sampai habis lalu beras ketan yang sudah dicuci diisikan ke dalamnya. Berasnya diisi hampir penuh dengan menyisakan space sekitar 3 jari di ujungnya yang memberi ruang untuk ketan mengembang. Setelah diisi beras ketan lopisnya ditutup dan diikat kembali dengan tali rafia.

Lopis ini dimasak selama 5 jam dengar air yang banyak setinggi lopisnya supaya tahan lama. Lopis mamaku tahan sampai seminggu di suhu ruang. Dimasukkan ke dalam dandang dalam keadaan air rebusan dah mendidih. Kalau dalam keadaan beku bisa tahan berbulan bulan. Tipsnya agar tak mudah basi, selain dimasak selama 5 jam, setelah matang segera angkat dari dandang dan cuci sekejap di bawah air keran supaya licin licin dari air kukusannya hilang. Segera lap dan posisikan dalam keadaan berdiri sambil diangin anginkan.






18 komentar:

Faeez mengatakan...

Lopis pun boleh dikeraskan di peti ais...? Baru saya tahu... Terimakasih Hesti dgn tips2 membuat lopis. Sayapun mahu mencuba.:)

garda mc mengatakan...

terima kasih mba untuk sharing resepnya :)

Nisa-mom mengatakan...

aduuuh.... senang nya dapat kiriman masakan dari ibu, pun bapak amat mengerti profesi anak.. hehehheh. dokumentasi foto nya itu loooh... ga ada dua nya :))

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

dulu waktu masa kecilku di Betawi sering jajan lopis mba... bentuknya sama seperti buatan mamanya mba hesti...
hehehe...jadi kangen pgn lopis lagi...

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba Hesti...
Boleh share resep cenil gak? Saya suka sama jajanan pasar ini... Makasih

Ari

Sari Kembang mengatakan...

Jd dikukus ya mba bukan direbus?

Hesti HH. mengatakan...

Aiiih maaf mbak salah tulis, udah kubenerin. Harusnya direbus mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Iya bisa...silahkan dicuba, semoga berhasil yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Bangeeeeet mbak...hehe tengkiuuu

Hesti HH. mengatakan...

Yuk dibikin lagi kalo gitu, kali ini bikin sendiri yuk mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Ari...sudah ada kok resepnya. Silahkan buka di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/03/cenil.html

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama,,,makasih jugaaa

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, beras ketannya diberi garam apa tidak?
Ely di Purwakarta, Jawa Barat.

Hesti HH. mengatakan...

Ngga perlu mbak, nanti yang bikin gurih kelapanya ditambah garam dikit...

Anonim mengatakan...

wah baru tau kalo ada lopis di masak panjang kyk gt, penampakannya kyk lemangnya org padang y mbk :D cuma klo lemang kan pake bambu n d bakar. Klo di medan yg panjang kyk gt ya lontong mbk cara masak n bungkus daunnya jg sama cuma ya pake beras bkn beras ketan. kalo lopis ttp aja segitiga. Hehe. Bsk2 pengen coba jg lopis kyk gt. Spt nya lbh praktis buatnya. Thks mbk udh share resep lopisnya ^ ^

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, kalau lopis ini nggak cepat basi dibanding lopis segitiga. Karena lopis segitiga masaknya gak lama ^^

Elizabeth Kauditan mengatakan...

Halo mbak hesty.. Salam kenal.. Mbak boleh minta resep lopis. Terimakasih

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mba saya jg gak punya resepnya. Cuman ketan aja dicuci dan disaring kemudian dimasukkan dalam cetakan daun pisang berbentuk lontong. Banyak resep lain yg lebih spesifik mba. maaf yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails