Senin, 26 Agustus 2013

Kukis Sagu Kelapa Jahe



Ini adalah salah satu kukis yang aku bikin lebaran kemarin. Untuk jenis kue kering sagu, ini adalah favoritku setelah sagu keju NCC. Resep mama yang tidak pernah absen setiap lebaran. Berbeda dengan kue kering lain yang biasanya menggunakan kelapa sangrai, kukis ini justru menggunakan kelapa parut segar. Rasa dan aromanya sama sama kelapa tapi beda. Susah menjelaskannya. Yang jelas kukis ini sangat renyah dan tambahan jahenya melengkapi citarasanya. Pas banget.


Bahan :
- 100 gr margarin
- 50 gr mentega
- 250 gula kastor
- 500 gr tepung sagu, sangrai
- 1/2 butir kelapa setengah tua (kupas lalu parut)
- 2 butir telur
- 2 sdm air jahe (jahe parut diambil airnya)

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali tepung sagu. Kocok asal rata sekitar 30 detik. Masukkan tepung sagu. Aduk rata.
  2. Sendokkan bulat bulat sebesar kelereng di loyang beralas margarin tipis tipis.
  3. Pipihkan menggunakan garpu sambil ditekan agar terbentuk motif.
  4. Panggang di dalam oven panas 160C sampai pinggirannya kelihatan mulai kuning kecokelatan. Kalau mau lebih garing, kurangi suhunya dan tambah waktu panggang. Kue yang kecokelatan lebih wangi dan tahan lama.
  5. Angkat, dinginkan dan susun dalam toples kedap udara.


 

19 komentar:

ivanna lukas mengatakan...

hi..mbak hesty,,aq uda banyak nyoba resep d blog ini...smuanya yummiii...mw nanya mbak klo tep sagu d ganti ama tep kanji bisa tidak???

ivanna lukas mengatakan...

hi..mbak hesty..aq suka skali blognya n uda banyak jg resep yg uda aq praktek smuanya so yummiiiiii,,,,
mbak aq mw nanya bisa gak tep sagu di ganti ama tep kanji???
tq ya bt infonya...

Anonim mengatakan...

Mbak, salam kenal. Selama ini cuma sekedar baca2 blog tentang kuliner , eh nyangkut di sini . Blog mbak sangat menginspirasi. Aku ngga bisa baking, bisanya cuma masak untuk rumah tangga , tapi mau mulai coba , pertanyaan agak kepo nih ,,, kalau pake tepung kanji bisa ngga? Soalnya di daerahku , antara tepung kanji dan tepung sagu sering salah tafsir. Tks jawabannya

sachi mengatakan...

Wahhh ini kue kering favorit suami nih mbak Hesti...udah lama cari2 resepnya. Nemu juga. Oiya mbak, tepung sagunya turun setelah bahan lain selesai dikocok rata ya?
Makasih sudah berbagi resep ini. Pasti segera dipraktekkan :D

ivanna lukas mengatakan...

hi mbak hesty..utk resep ini bisa gak tep sagu di ganti ama tep kanji???...klo tep sagu itu berasal dri sagu basah yg di cuci lalu di jemur sampe kering ya??..
minta pencerahannya dong mbak...tengkyuu

Hesti HH. mengatakan...

@Ivanna : boleh mbak, tapi tetep disangrai yaaaa. kalaupun beda, bedanya tipis banget!

@Anonim : makasih mbak tuk apresiasinya. Senang kalau manfaat. memang biasanya ketukar, di sini saja tepung sagu tani itu ternyata bahannya tapioka (tertulis di bungkusnya) jadi mestinya tepung kanji nggak apa apa. Cuman kadang beda di kualitasnya saja. Sama sama kanji/tapioka tp beda kualitas.

@Sachi ; iya mbak, bener...sagunya terakhir.

@ Ivanna : bener mbak. Dari sagu basah pohonnya pohon sagu sedangkan tapioka dari ubi kayu/singkong

Aenun Magfirah mengatakan...

Mba' Hesti, punya saran tbk online terpercaya tidak...? Minta alamatnya dong... Soalnya di tempatku sekarang susah cari bahan2 kue...
Makasi sebelumnya...
😊

Aenun Magfirah mengatakan...

Mba' Hesti, punya saran tbk online terpercaya tidak...? Minta alamatnya dong.... Soalnya di tempatku susah banget dapat bahan2 kue...
Makasi sebelumnya...

Yeni Altaqy mengatakan...

mba..setelah disangrai, tepung sagunya jd berapa ya beratnya? tq ^^

Hesti HH. mengatakan...

Bisa buka FBnya Yuli Nur Elia, atau Vita Baking Tools. Saya cuma pake yang dua itu.

Hesti HH. mengatakan...

Saya nggak timbang lagi mbak, dipakai semua aja ^^

Yeni Altaqy mengatakan...

kira2 berapa lama sangrainya? #nyengir ^^

Hesti HH. mengatakan...

Sangrai kelapa api kecil sekali sekitar 10 menitan mbak...

Anonim mengatakan...

mbak hesti kalo pakai mentega aja bisa?jadinya 150 gr?mohon infonya mbak

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mba malah enak dan wangi ^^

ira mengatakan...

Lho, kelapanya jg disangrai ya mba?

ira mengatakan...

Mba hesti, kelapa disangrai ya? Api kecil selama 10 menit ya mba?

Eva Fadila mengatakan...

Kelapanya disangrai atau tidak mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Ngga disangrai mba...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails