Sabtu, 13 Oktober 2012

Baked Penne (Penne Panggang)




Bulan ini, tema yang diusung 'Masak Bareng Yuuk!!' adalah pasta. Asyik ngerjainnya dekat dekat deadline. Berasa serunya...* \../peace hosts ...*. Nah...kali ini aku membuat baked penne atau penne panggang. Olahan pasta ini mirip miriplah dengan makaroni panggang. Tapi karena ada saus kejunya jadi mirip juga sama lasagna. Favorit anak anak menikmati pasta memang disajikan dengan saus daging/bolognese dan saus keju. Untuk menambah serat sebenarnya mau kutambahkan wortel...tapi setelah dicek, wortelnya habis. Padahal wortel juga bagus lho...selain buat serat wortel juga mengandung pemanis alami dan bisa menyerap keasaman tomat. Nggak perlu tambah gula lagi. Aiiiihhh...ya sutralah. Pake daging saja.






Untuk daging aku lebih suka menggunakan has dalam, walaupun kata orang dagingnya tidak terlalu gurih karena kurang kandungan lemaknya. Tapi supaya lebih sehat ya lebih baik begitu. Sedangkan saus kejunya aku kasih 2 macam keju biar rasanya gurih dan ada tekstur ngaretnya dari si mozarella. Tapi itu sesuai selera saja sih. Suka suka...

Bahan :
- 250 gr pasta penne
- 1 sdm minyak olive
- sedikit garam

Bahan saus daging :
- 2 sdm minyak zaitun
- 2 buah bawang bombay, cincang halus
- 250 gr daging cincang
- 2 siung bawang putih
- 2 sdm pasta tomat
- 5 sdm saus tomat
- 5 buah tomat, seduh dalam air mendidih lalu buang kulitnya kemudian blender
- 250 ml air
- garam
- merica
- oregano 
- gula

Bahan saus keju :
- 2 sdm butter
- 1 sdm terigu
- 250 susu cair
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- pala secukupnya
- 75 keju cheddar parut
- 50 gr mozarella parut

Cara membuat :
  1. Saus daging : panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi dan bawang bombaynya layu serta warnanya transparan. Tambahkan daging cincang. Masak sampai berubah warna. Tambahkan pasta tomat dan tomat cincang serta air. Beri bumbu merica, garam dan sedikit gula. Masak sampai kaldu menyusut menjadi saus yang kental. Sebelum matikan api, tambahkan oregano.
  2. Saus keju : panaskan butter sampai meleleh, masukkan terigu. Aduk aduk. Tambahkan susu cair lalu aduk terus hingga kental. Beri bumbu garam, merica dan sedikit pala. Tambahkan keju cheddar dan mozarella. Biarkan meletup letup. Angkat.
  3. Siapkan air dalam panci besar. Masak hingga mendidih. Masukkan pasta penne. Masak hingga aldente. Jangan sampai overcook karena ketika ditambah dengan saus daging yang mengandung air, pasta akan menjadi semakin lembek. Beri sedikit garam dan minyak agar tidak melengket satu sama lain. Angkat, tiriskan.
  4. Penyajian : campur saus daging dengan penne. Aduk rata. Tuang dalam pinggan tahan panas yang telah diolesi mentega. Tuang saus keju di atasnya. Panggang di oven 375F atau 180C sekitar 30 menit.
  5. Sajikan panas.

5 komentar:

Haya Najma mengatakan...

kangen makan pennee

thetrin mengatakan...

Ε(ˆڡˆ)з ngiler

Pitts' mengatakan...

Asslm w.w.

Mba Hesti untuk sau kejunya, bila susu cairnya diganti fresh cream bisa tidak (dalam rangka menghabiskan stok, takut keburu rusak karna sudah dibuka kemasannya)

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja mbak, tapi mungkin bisa ditambah air dikit biar nggak terlalu kental...

Pitts' mengatakan...

makasih mba Hesti cantikkk....(jadi ingin kenal mba, tapi aku di Bogor... ^__^)
sdah langsung dicoba tapi dagingnya diganti tuna..., hubby & si kembar suka, seneng banget klo masakannya laris manis & langsung habis.....

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails