Jumat, 20 Februari 2015

Puding Cassablanca Dengan LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE


Alhamdulillah bisa posting lagi. Beberapa hari ini tepar karena batuk pilek yang parah. Badan meriang panas dingin. Kepala sakiiit sekali. Mungkin karena kecapean...dan virus virus beterbangan di sekitarku. Beberapa teman juga terkena penyakit yang sama. Makanya begitu aku merasa baikan langsung beraksi di dapurku tercintahhh...kangen eeuuuy!

Kali ini pingin bikin puding cassablanca alias agar bakar. Biasanya sih aku bikinnya satu resep di wadah yang besar ya. Tapi itu hasilnya banyak sekali biasanya bikin kalau ada acara. Cuman kali ini supaya nggak terlalu banyak aku bikinnya di wadah imutku LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE. Kacanya yang terbuat dari borosilicate  dan heat-resistance membuat aman untuk digunakan memanggang, apalagi warnanya transparan...isinya bisa terlihat dari luar oven. Bahkan proses mengembangnya pun bisa terlihat. Bukan hanya itu...begitu keluar dari oven aku hanya diamkam sebentar di suhu ruang langsung masuk lagi ke dalam kulkas. Tapi ngga perlu khawatir pecah karena LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE ini aman terhadap perubahan suhu. Sudah aku buktikan sendiri.

Dalam pembuatan puding ini tutup silicon tidak perlu digunakan karena kita ingin mendapatkan aroma bakaran pada permukaan puding. Tapi bagi ibu ibu yang menginginkan puding yang berwarna cantik, tutup silicon bisa digunakan dengan syarat lubang udaranya dibuka. Supaya uap panas bisa keluar. Tutupnya ini selain cantik dengan warna cerah dilengkapi dengan lubang udara yang aman dipanggang sampai suhu 200C. Oh ya, jangan mengisi adonan terlalu penuh karena jenis puding ini mengembang diakibatkan penggunaan putih telur yang dikocok mengembang.Takutnya kalau kepenuhan pada saat dipanggang dia aku tumpah dan beleber kemana mana.

Untuk resepnya sama persis dengan puding cassablanca yang sudah pernah aku posting. Yang berbeda adalah motif dan cara pembuatannya. Motifnya zebra biar lebih menarik. Untuk kali ini aku coba metode yang pernah digunakan teman teman lain yaitu mengocok secara terpisah putih telurnya. Cara ini menghasilkan puding yang lebih airy...ya seperti puding busa gitu.

Berikut resepnya ya :

Bahan :
- 3 butir telur
- 1 1/2 bungkus agar-agar bening (kemasan isi 7 gr)

- 50 gr margarine (ibuku pake Blue Band)
- 40 gr terigu
- 1/4 kaleng susu kental manis
- 210 gr gula pasir
- 3 gelas air
- 20 gr coklat bubuk
- 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :

  1. Kocok 110 gr gula, kuning telur dan vanili sampai mengembang. Turunkan susu kental manis sambil dimixer kecepatan rendah. Berikutnya turunkan tepung. Kocok rata. Lalu margarin cair, aduk rata. Sisihkan.
  2. Masak agar, air dan 100 gr gula sambil terus diaduk sampai mendidih . Tuang kedalam adonan telur sambil diaduk cepat sampai rata. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur hingga mengembang (soft peak) lalu tuang ke dalam adonan agar sedikit demi sedikit sambil terus dimixer hingga rata.
  4. Bagi 2 adonan. Satu bagian ditambahkan coklat bubuk (yang sudah diencerkan dengan sedikit air).
  5. Siapkan pinggan tahan LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE. Olesi dengan margarin yang agak tebal. Tuang adonan putih dan cokelat secara bergantian di satu titik.  Jangan lupa untuk sambil mengaduk terus sisa adonan yang lain agar tidak membeku.
  6. Panggang dengan panas 175 C sampai muncul gelembung di pinggiran cake yang menandakan pudingnya mulai mendidih.
  7. Angkat puding. Hilangkan uap panasnya. Simpan di lemari pendingin. Potong-potong, sajikan.




Di bawah ini proses penuangan dan pemanggangan...








Nah...kelihatan kan ibu ibu betapa amannya LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE ini. Jangan pakai sembarang pinggan kaca atau tempered glass ya ibu ibu karena bisa berbahaya. Pada saat digunakan memanggang bisa pecah sewaktu waktu. Dan kalau pecah kepingannya kecil kecil dan banyak. Syereeem...









16 komentar:

cynthia mengatakan...

Selamat Siang Ibu Hesti,

perkenalkan saya Cytnthia, saya ingin menawarkan kerjasama dengan Ibu Hesti. bolehkah saya mendapatkan alamat email Ibu untuk kami jelaskan bentuk kerjasama yang ingin kita bangun?

Terima Kasih :)

Cynthia

Hesti HH. mengatakan...

Siang mba Cynthia...

Salam kenal mba, silahkan bisa menghubungi saya di hesti.ariefs@gmail.com

Anonim mengatakan...

Mba..maaf mau nanya 3gelas air itu brp ml ya?.tks

nandini listya mengatakan...

Alhamdulillah horeee Bu Hesti sudah baikan & nge-blog lagi. Mupeng dengan Lock & Lock Oven Glass-nya eui >_<

Mau tanya bu, kalo nuangin adonannya untuk motif zebra ini apa harus perlahan juga seperti petunjuk resep dulu ya Bu? Trus metode kocok telur pisah ini hasilnya jauh lebih baik dari yang enggak dipisah?

Thanks sharingnya Bu Hesti, kapan2 pingin nyoba bikin ^_^

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, semalam sdh saya coba tp saya modif sedikit. Saya tdk pakai skm krn tdk ada stok, dan pakai susu UHT sbg pengganti air untuk habiskan stok. Hasilnya enak lembut. Hanya ada kesalahan kemarin krn rancu dg resep puding bakar sebelumnya. Saya rencana bikin 1/3 resep dari resep sebelumnya, berarti 1 bks agar2 saja. Namun saya ingin mengocok putih telur terpisah spt dlm resep ini yg pakai 1½ bks agar. Krn kurang teliti, saya terlanjur memasukkan 1½ bks agar ke dlm susu cair. Saya terpaksa tambahkan air kira2 300ml, dan sedikit gula. Lain kali lebih baik lagi. Mama dan beberapa teman berkomentar positif, jadi sptnya mau bikin lagi deh! Terima kasih.
Sisca - Surabaya

batari todja mengatakan...

Assalamu alaikum mba hesti..salam kenal ya mba,mau nanya kira2 kalau pake pinggan kaca merk anchor bisa gak mba?soalnya cuma punya itu dan pengen banget rasanya mencoba buat puding ini yang kelihatan enak banget mba

batari todja mengatakan...

Assalamu alaikum mba hesti..salam kenal ya mba,mau nanya kira2 kalau pake pinggan kaca merk anchor bisa gak mba?soalnya cuma punya itu dan pengen banget rasanya mencoba buat puding ini yang kelihatan enak banget mba

Anonim mengatakan...

Mbak, saya Mila. Puding ini favorit banget di keluarga saya. Setiap ada acara, misalnya arisan atu market day di sekolah anak2, pasti puding ini andalan saya. Terima kasih Mbak sudah berbagi resep. Insya Allah jadi kebaikan yang terus mengalir untuk Mbak dan keluarga.
Btw, saya lebih suka puding versi Ibunya Mbak. Kesannya elegant dan sooo clasic.

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : 3 gelas = 750 ml

@NAndini : alhamdulillah makasih yaaa...iya tetep caranya atuang perlahan agak nggak nyampur. KAlau hasilnya di tekstur kue yang ini lebih airy gak terlalu sepadat yg dulu. Tapi sama sama enak kok.

@Sisca: alhamdulillah mbak, salam ya buat keluarga. Kalau saya penggunaan susu kental manis itu bagaimanapun tetap beda hasilnya mbak...tapi kalau gak ada ya apapun bisa digunakan ya. Makasiiih..

@BAtari : waalaikumsalam, salam kenal juga. Boleh pake merk Anchor mba, dia kan heat resistance juga. Saya juga punya yang ukuran mini dan bebrapa kali digunakan untuk memangnggang. Amaaann

@Mila : TErima kasih juga mbaaaa udah praktek resepnya. Senang kalau sukses dan jadi resep andalan. Makasih doanyaaa dan salam buat keluarga yaaa

Anonim mengatakan...

Mbak, kemarin saya coba lagi. Kali ini pake skm dan homemade pasta pandan. Lembut dan harum... Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti..aku mo tanyak cara melelehkan coklat putih itu gimana ya..? kok selalu gagal..pake cara dua panci (panci > air > panci > coklat)..nggak bisa sempurna meleleh..

Yulia Stevie mengatakan...

Assalamualaikum mba hesti..sorry klo pertanyaan sy diluar dari bahan resep..hehehe, Sy mau tanya nih, kira2 klo pake Cooking Chocolate, mba hesti biasa pake merk apa ya..
Tq mba sebelumnya..

RUSDIANA rus mengatakan...

mba, posting lagi dong menu yang baru?

Hesti HH. mengatakan...

@Sisca : waaaaah saya juga pingin coba mba lain kali dengan aroma pandan. Sepertinya menggiurkan. Makasih yaaaa

@Anonim : kalau coklat putih airnya gak boleh sampai meletup letup mba. Begitu mendidih kecilan api atau bahkan dimatikan. Cokelat putihnya ditim sambil diaduk aduk dengan uappanas tadi bisa leleh. Kalau terlalu panas cokelatnya jadi pecah. beda sama dark cokelat yg lebih mudah penangannya. Tapi jgn lupa cokelat putihnya udah dicincang biar cepat lelehnya.

@Yulia : waalaikumsalam, kalau dcc saya pakai collata mba

@Rusdiana : siiiippppppp mbaaaa, ditunggu yaaaa

Anonim mengatakan...

halo mba Hestii... Lapor mba.. Kemarin aku bikin casa ini.. Emang uenakk ya... tapi ko punyaku 1/3 atasnya berbusa banget ya. Tengah dan bawah teksturnya mirip puding zebra mba Hesti juga (yang pake 4 telur + terigu sangrai) .. tapi ngga misah juga.. Apa aku manggangnya terlalu lama. Trus pas dikeluarin dari oven langsung sisi2nya langsung terllepas dari loyang (aku ngga pake pyrex) .. tolong dijawab ya mba.. aku masih penasaran.. mau coba lagi besok2.. abis enak siih..heheh... Thanks mba Hesti... #Santhi-JKT

Hesti HH. mengatakan...

Kalau ngga mau terlalu berbusa ngocoknya gak usah sampai ngembang banget mba...atau supaya busanya rata aduknya perlahan mba sampai rata dan tuangnya perlahan. Memang seharusnya agak berbusa tapi gak berbusa banget.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails