Jumat, 13 Februari 2015

Macaroni Panggang dengan LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE



Udah lama gak bikin pasta...kalau anak anak lihat aku giling daging pasti langsung nanya. "Bikin pasta ya bu? atau kalau ngga, "Mau bikin pizza dan burger ya bu?? Sebenarnya hari ini pingin bikin pasta sih. Gampang banget kalau sudah nyetok saus dagingnya. Macaroninya juga dah ada. Jadi tinggal nyampur dan bikin saus keju. Yuuuk mari kita buat...

 

Kali ini aku mau memperkenalkan piranti masakku yang baru. LOCK&LOCK OVEN STEAM GLASS HOLE. Cantiiiik dan imut ya. Selain imut iapun memiliki banyak sekali kelebihan. Material kacanya dibuat dari borosilicate (boron trioxide dan silicon dioxide) yang aman digunakan dalam oven dan microwave. Kita tidak perlu khawatir akan pecah karena perubahan suhu. Kaca ini tahan suhu panas dan suhu dingin dalam waktu bersamaan. Jadi kalau pagi pagi ngga mau repot, malamnya bisa masak dengan menggunakan LOCK&LOCK OVEN STEAM GLASS HOLE. Setelah matang makanan dan wadahnya bisa disimpan di kulkas dan paginya tinggal dipanaskan lagi di microwave. Aman dan praktis kaaan...

Kok bisa yaaa?? pasti teman teman penasaran. Iya...jenis kaca ini aman digunakan untuk memanggang karena heat-resistance, tidak mudah pecah dengan sendirinya. Bayangkan...kalau kita sementara memanggang makanan lalu tiba tiba wadah glassnya pecah berhamburan. Sudah rugi karena piranti kaca pecah, makanannya pun gak bisa dimakan lagi karena penuh dengan kepingan kaca. Karena kaca biasa atau biasa kita sebut tempered glass tidak tahan suhu panas. Kalau kacanya mulai tergores biasanya pada saat digunakan memanggang dan terkena panas bisa pecah secara tiba tiba. Ngeriiiii kan?? Nah itu yang bisa terjadi kalau kita memanggang menggunakan tempered glass. Ilustrasinya seperti di bawah ini....



 

 
 

Sementara jika menggunakan heat-resistance glass, kalaupun terjadi yang paling buruk...bisa pecah tapi tidak menimbulkan kepingan kaca. Kelebihan  LOCK&LOCK OVEN STEAM GLASS HOLE yang lain yaitu pada tutup silikonnya. Tutup silikon dengan karakter smile-nya  sangat lucu tentu saja lebih dulu menarik perhatian anak anak dibandingkan makanannya. Warnanya pun cerah dan dilengkapi dengan steam hole yang bisa dibuka untuk sirkulasi udara saat proses pemanggangan. Asyiiik kan? Bukan hanya itu lho...kelebihan lainnya, heat resistance glass ini akan tetap bening permukaannya. Tidak akan berkabut atau keruh bila sering digunakan ataupun disimpan dalan jangka waktu yang lama karena mengandung Na20 atau natrium oksidanya rendah.

Nah sekarang kembali ke macaroninya yaaaa, berikut aku sharing resepnya....

Bahan :
- 250 gr pasta macaroni
- 1 sdm minyak olive
- sedikit garam

Bahan saus daging :
- 2 sdm minyak zaitun
- 2 buah bawang bombay, cincang halus
- 250 gr daging cincang
- 2 siung bawang putih
- 2 sdm pasta tomat
- 5 sdm saus tomat
- 5 buah tomat, seduh dalam air mendidih lalu buang kulitnya kemudian blender
- 250 ml air
- garam
- merica
- oregano 
- gula

Bahan saus keju :
- 2 sdm butter
- 1 sdm terigu
- 250 susu cair
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- pala secukupnya
- 75 keju cheddar parut
- 50 gr mozarella parut

Cara membuat :
  1. Saus daging : panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi dan bawang bombaynya layu serta warnanya transparan. Tambahkan daging cincang. Masak sampai berubah warna. Tambahkan pasta tomat dan tomat cincang serta air. Beri bumbu merica, garam dan sedikit gula. Masak sampai kaldu menyusut menjadi saus yang kental. Sebelum matikan api, tambahkan oregano.
  2. Saus keju : panaskan butter sampai meleleh, masukkan terigu. Aduk aduk. Tambahkan susu cair lalu aduk terus hingga kental. Beri bumbu garam, merica dan sedikit pala. Tambahkan keju cheddar dan mozarella. Biarkan meletup letup. Angkat.
  3. Siapkan air dalam panci besar. Masak hingga mendidih. Masukkan pasta penne. Masak hingga aldente. Jangan sampai overcook karena ketika ditambah dengan saus daging yang mengandung air, pasta akan menjadi semakin lembek. Beri sedikit garam dan minyak agar tidak melengket satu sama lain. Angkat, tiriskan.
  4. Penyajian : campur saus daging dengan penne. Aduk rata. Tuang dalam pinggan tahan panas yang telah diolesi mentega. Tuang saus keju di atasnya. Panggang di oven 375F atau 180C sekitar 30 menit.
  5. Sajikan hangat.
 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails