Senin, 20 Oktober 2014

Puding Tiramisu


Udah lama kubookmark dari blognya Kak Ita Masam Manis, akhirnya hari  ini kesampaian juga bikinnya. Penampakannya sangat menggoda. Terbayang bayang rasanya yang segar dengan aroma kopi.
Untuk cake alas aku gunakan resep sponge cake kak Ita yang bisa dilihat di sini. Bikinnya setengah resep saja sesuai pesan Kak Ita. Selanjutnya untuk puding aku ikuti resep kak Ita juga. Tapi karena ada kesalahan sewaktu menuang kopi dan moka, aku lupa membagi adonan puding menjadi dua. Jadinya semua pudingnya sudah tercampur kopi padahal harusnya separuhnya dibiarkan plain dan ditambahkan kuning telur. Ya udah, adonan moka aku tuang semua lalu untuk adonan vanila aku bikin lagi ngikut resep pudingnya tapi setengah adonan saja. Ternyata hasilnya tetap cantik. Adonan moka tidak terlihat kebanyakan karena separuhnya meresap ke dalam cake. Kita tau sponge cake memiliki pori pori yang lembut dan tidak padat. Cuma mokanya kurang banyak menurutku sehingga warnanya kurang gelap sedikit. 

Untuk lidahku, cakenya manisnya pas tapi pudingnya agak kurang manis. Lain kali kalau bikin lagi akan aku tambah gulanya. Rasanya enak dan tercium aroma kopinya tapi menurutku ada yang kurang untuk sebuah puding tiramisu. Elemen cheesenya. Atau apapun itu yang berbau keju sehingga puding ini betul betul terasa seperti tiramisu. Gini aja dah enak apalagi kalau ada tambahan cheesenya ya. Mungkin di dalam adonan puding atau krim untuk hiasan toppingnya. Berpulang kepada masing masing kita untuk kreatif.

Untuk Kak Ita terima kasih sudah berbagi resep puding ini. Beliau adalah salah satu food blogger Malaysia yang sudah banyak aku conteek resepnya ^^




Di bawah ini resep sponge kak Ita 1/2 resep ya...Sediakan pula air kopi dari 2 sdt kopi Nescafe yang dilarutkan dengan 50 ml air panas. Nanti separuhnya dipakai untuk membasahi permukaan cake sponge cokelat. Separuhnya lagi dimasukkan ke dalam adonan puding moka.


Bahan cake sponge cokelat : 

- 2 butir telur (kalau kecil pakai 3 butir)
- 90 gr gula halus
- 75 gr tepung terigu protein sedang
- 10 gr coklat bubuk
- 35 gr air
- 1/2 sdt baking powder

- 1 sdt emulsifier
- 25 gr minyak jagung
- 1/2 sdt vanili bubuk


Cara membuat :
  1. Panaskan oven suhu 170 C. Ayak semua bahan tepung. Masukkan dalam wadah. Tambahkan semua bahan lain kecuali minyak.
  2. Kocok dengan kecepatan rendah dulu agar tepung tidak beterbangan, Setelah rata kocok sampai mengembang kental berjejak. Tap jangan kelamaan nanti kuenya turun ketika keluar dari oven.
  3. Tuang dalam loyang 20 atau 21 cm yang sudah dioles dan dialas kertas roti.
  4. Panggang dalam oven dengan suhu 170C selama sekitar 30 menit atau sampai ditusuk sudah tidak lengket lagi.
  5. Angkat, dinginkan. Masukkan kembali ke dalam loyang.
  6. Tuang 1/2 bagian air Nescafe ke atas cake.
Bahan puding moka : 
-10 gr serbuk agar-agar
- 600 ml susu cair
- 80 gr gula halus
- 1/2 bagian air Nescafe
- 1/2 sdt vanilla bubuk
- 1 sdt pasta moca


 Cara membuat :
  1. Masukkan agar-agar, vanili bubuk, susu cair dan gula di dalam panci dan masak hingga mendidih.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian.
  3. Satu bagian tambahkan air Nescafe dan tambahkan 1 sendok pasta mocca.
  4. Tuang di atas lapisan cake. Masukkan dalam kulkas.
Lapisan Atas :
- 1/2 bagian agar-agar
- 1 buah kuning telur
- coklat bubuk secukupnya


Cara membuat :
  1. Panaskan kembali 1/2 bahagian agar-agar tadi.
  2. Ambil 1 sendok dan campurkan dengan kuning telur dan kocok sedikit hingga rata.
  3. Tuang kembali ke dalam adonan agar. Masak kembali asal mendidih. Angkat.
  4. Matikan api. 
  5. Keluarkan puding cake tado dari kulkas. Cakar cakar permukaannya dengan garpu (agar adonan berikutnya bisa melengket dengan baik)
  6. Tuang adonan lapisan atas. Dinginkan di kulkas
  7. Hias dengan taburan coklat bubuk.

15 komentar:

Evi Imalia mengatakan...

Asyiiikkkkk... saya juga udah lama menanti mba hesti buat puding tiramisu ini, semenjak liat kak ita masam manis posting di blognya dan mba hesti komentar akan coba resepnya hihihi.. jadi saya tungguin deh.. akhirnyaaaa di posting juga, makasih ya mba hestiii... ^^

Anonim mengatakan...

Mbk,itu telur grade A maksudnya ukuran besar bukan?
Oh ya Mbk,cara pembuatan cake coklatnya apakah benar semuar bahan cair (kecuali minyak jagung) + bahan kering langsung dimikser bersamaan,atau bahan cair dulu baru bahan kering dimasukkan?
Mohon info y Mbk...resepnya menarik bgt..pengen nyoba bikin...
trimakasih
-Diar-

Hesti HH. mengatakan...

@Evi : makasiiiih juga, nah tunggu apalagi...ditunggu karyanya yaaa

@Diar : Iya betul mbak, yang gede telurnya. udah bener mbak semua bahan kering dan cair dicampur sekaligus dan dimixer. Terakhir masuk mnyaknya. Good luck bikinnya yaaa

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba Hesti...saya termasuk silent reader blog mba Hesti...makasih ya atas resep2 dan share tips yg sgt berguna....
Saya mo bertanya utk resep ini 1/2 bagian air nescafe itu maksudnya gimana ya mba? adakah ukuran pastinya dlm ml?
makasih sebelumnya ya mba...
_Nita_

Anonim mengatakan...

Mbak hesti,... Aku bikin kok cake nya ngapung?

Hesti HH. mengatakan...

@Nita : salam kenal juga mbak...maaf banget nulis resepnya ada kesalahan tapi udah kurevisi mbak. Semoga nggak bingung lagi yaaa

@Anonim : mungkin loyangnya lebih besar dari cakenya mbak jadi ketika agar agar dituang kuenya tidak tertahan dan langsung ngapung. Tuang agarnya juga pelan pelan aja mbak, semoga lain kali berhasil yaaaa

mpuss den mengatakan...

waw .. kereeeen mbaaak
mantaaapp ... ^_^

Hesti HH. mengatakan...

MAkasiiiihhhh

Anonim mengatakan...

Keliatan enak dan cantik banged mbak..
mmm, mau nanya nih cara buat motif untuk hiasan diatas nya gimana ya mbak. apa harus buat anyaman dari kertas ya mbak? atau ada teknik khusus cara gunting kertas nya.. hehehehhe
Vlynn

Hesti HH. mengatakan...

MAkasih mbak. CAranya saya cuman guntingin kertas panjang panjang entar dipasang di atas puding bersilangan.

Anonim mengatakan...

mba hesti, kalo cake nya dikukus bisa ga mba?soalnya blm pnya oven :`( . Trus loyang nya pake yg biasa ato yg bongkar pasang???
salam kenal - indah -

Hesti HH. mengatakan...

BIsa aja mba. Loyangnya saya pakai loyang biasa aja...kalau punya bongpas lebih bagus lagi mba

Endah Yulianti mengatakan...

Kalau saya ingin buat versi kuksusnya, kira2 brp lama waktu yg dibutuhkan untuk mengukusnya mba hesti? Terimakasih

Hesti HH. mengatakan...

sekitar 30-35 menit mba

Rita Widyawati mengatakan...

Mba hesti salam kenal,, itu ukuran loyang 20 x brp ya 20x 12 atw 20x20

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails