Jumat, 05 September 2014

Brownies Ummu Allegra


Ikutan latah nih. Tapi latah yang ini justru oke dan positif karena hasilnya enak. Teman temanku Mbak Nina dan Mbak Sashy udah pada bikin. Rasanya nggak afdol kalau aku juga nggak coba. Itung itung postingan terakhirku sebelum cuti ^^

Aku ngga tau resep mana yang ikutin resep asli karena belum pernah baca dan nggak ikutan group yang memposting resep ini. Aku ikutan mbak Nina yang menggunakan campuran gula palem dan gula pasir tapi aku skip penggunaan bahan pengembang (baking powder dan baking soda) supaya browniesnya nggak ngembang dan beremah. Dan seperti biasa sesuai selera pribadi aku tambahkan 1 sachet kopi instan biar rasa cokelatnya lebih nendang. Aku bikin dalam loyang brownies 10x20x5cm. Sisanya aku tuang dalam cup muffin sebanyak 4 buah. 






Berikut resepnya ya...

 Bahan :
- 200 gr terigu protein sedang
- 25 gr coklat bubuk
- 150 gr gula pasir
- 100 gr gula palem
- 1 sachet kopi instan 3 in 1
- 3 butir telur ukuran besar (kalau kecil pakai 4)
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 100 ml minyak sayur (saya pake canola)
- 100 gr dark cooking cokelat, tim hingga leleh
- coklat chip

Cara membuat : 
  1. Kocok gula, telur, kopi dan vanili dengan mixer kecepatan rendah asal gula larut (tidak sampai ngembang) 
  2. Masukkan campuran tepung dan coklat bubuk yang sudah diayak. Aduk asal rata.
  3. Tambahkan minyak goreng, aduk sampai rata. 
  4. Masukkan dark cokelat leleh (sisakan sedikit untuk membuat guratan di permukaan brownies). Aduk rata. Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles dan dialasi kertas roti. Corat coret sisa dark cokelat di permukaan kue. Taburi cokelat chips.
  5. Panggang dalam oven suhu 180 C selama 30 menit. Jangan over bake karena kue akan keras.
  6. Angkat, dinginkan. Keluarkan dari loyang dan potong potong.

Cantik banget ada lapisan shiny crust di permukaannya. Ini nih baru namanya brownies. Tuk Ummu allegra, where ever you are, tengkiuuuu very very much...for this wonderful recipe.



54 komentar:

Rima Rahman mengatakan...

Mbak hesti,,paling pinter deh bikin daku ngeces liat brownisnya,,
nyoklatkah rasanya mbak,,pake DCC nya irit cm 100gr..hihih mak irit nih ^^

Dina Siahaan mengatakan...

Mbak Hestiii... postingan resep yg ini mencerahkan sekaliiiii..
Saya lagi bingung mau bikin apaan buat ntar pas suami ultah.. iseng2 tengah malam buka blognya Mbak Hesti, eh ada resep baru.. dan sepertinya gampang buatnya.. jadi kepikiran bikin ini aja deh buat ultah suami ntar.. hehehe...

Makasih yaa mbak buat resepnya.. Btw, hasil jadinya enakan yg mana nih mbak, brownies yg ini atau brownies capuccino mbak yg nge-hits itu? :D

Anonim mengatakan...

siang mba hesti :)
brownies nya bener bener menggiurkan..
ada yg mau saya tanyakan mba.. minyak sayur apakah bisa diganti dgn margarine/mentega ?
makasih mba :)

Henny - Bajarmasin

novalind johan mengatakan...

Mbak Hesty, mau cuti dalam rangka apa ? Maaf kepo ya saya nanya2, Mau jalan2 ya mbak ? (Mudah2an ke jakarta *ngarep bingits nih*) wahh..sy bakal kangen berat deh klu mbak Hesty cuti. Btw, selamat menikmati masa cuti nya bersama keluarga tercinta ya mbak.. Salam haangat selalu. ^^

Hesti HH. mengatakan...

@Rima : iya mbak karena takut kurang nyoklat tadi DCCnya aku lebihin buat corat coret di atas ^^ tapi tetep nyoklat kan banyak coklat chipsnya mba...

@Dina Siahaan : Naaaaah pas banget tuh. Happy milad buat hubbynya yaaa semoga suami suka. Nah supaya rasanya mjirip brownies cappucinoku aku tambahkan kopi instan ke dalamnya. Enaaaak...

@Henny : boleh mbak Henny, tentunya lebih wangi aromanya tapi hasil akhir lebih lembut yg pakai minyak ^^

@Novalind Johan : makasih mbak doanya, saya cuti ke Malang karena emang hubby baru dapat jatah cuti. Pas lebaran gak bisa krn yg lainnya pada cuti juga. Gantian...
Ini mau nengok Mbahnya anak anak...sekalian wisata shopping dan kuliner >,<

ika mengatakan...

Mbak hestiiii sukaaaa, wajib coba. Slalu bikin saya ngiler postingannya. Met vacation mbak. Salam hangat mbak

Ika Qatar

novalind johan mengatakan...

Wahh asyik bener ke malang, andaikan sy masih di surabaya pasti saya nyusulin (halahh kumat lg kepo nya saya). Hhehee. Jgn lupa makn cwie mie mbak. Hepi selaalu yaa mbak.. @.@

Chi Pojok Hobie mengatakan...

met malam, salam kenal bunda, ikut belajar masak disini ya.. kapan kapan mampir ke pojok aku ya

Hesti HH. mengatakan...

@Ika : makasih mba...ditunggu hasil prakteknya yaaaa *edisi bete di bandara*
@Novalind: tengkiuuuuu smoga busa puas puasin wisata kuliner. Malaaaang...wait for meeeee
@Chi : silahkaaaan mba...nanti aku mampir^^

Anonim mengatakan...

Bunda,kalau ke malang mampir dong ke T.agung?Bundanya aisyah.

Anonim mengatakan...

Hallo mba Hesti...
saya anna (silent reader) tp sering banget coba resep2 koleksi mba (yang sudah pasti anti gagal and mostly 95% koleksi resepku dari mba d hahahaha.....)
saya boleh minta email mba Hesti atau id facebooknya?
thanks a lot ya mba untuk resep2nya #bighug

salam,
anna

ade setiawan mengatakan...

Mbak,kalo DCC diganti coklatt milk (yg warnanya gakk terlalu pekat) bisa?
Thx,
Renny.

Rizka mengatakan...

Haduh crustnyaaaa...In syaa allah mau nyoba ahh..

Nyanyak Bahar mengatakan...

salam kenal mba hesti, jadi tertarik nih,keliatannya asyik kalau dicoba resepnya. anak2ku pasti suka.

Taufik Ismail mengatakan...

wah mantap mbak ... mau juga ikutan masak disini ya

Blog

anita faulina mengatakan...

Mudik k malabg daerah mana mb?

Hera mengatakan...

Ass. Selamat liburan ya mbak Hesti, siapa tau ada resep baru hasil wisata kulinernya...

suci putri tanjungsari mengatakan...

mba hesti gambarnya bagus bagus banget.. kasi bocoran donk pake kamera apa type brapa ^^...

Hesti HH. mengatakan...

@Bundanya Aisyah: waaaa pengen banget mba...tp kyknya gak kesampaian ^^
@Anna : makasih mba Anna. Alhamdulillah kalo resepnya cocok. Seneeeng dengarnya. Email saya hesti.ariefs@gmail.com kalau FB saya Hesti Saifuddin mba.
@Renny : boleh mbak...mgkn lbh manis dikit aja
@Rizka: yuuuuuk mba ditunggu hasilnya yaaaa
@Nyanyak Bahar : iya mba...ini cepet banget habisnya. Favorit anak anak^^
@Taufik Ismail : monggo mas...
@Anita : saya di Turen mba...
@Hera : waalaikumsalam...iyaaa ditunggu yaaaaaa
@Suci: alhamdulillah...makasih mba. Saya pakai Canon EOS 60D mba. Lensanya 50mm mba^^

Henny Saragi mengatakan...

Mba hesti saat tepung masuk diaduk pake spatula apa mixer ??

nandini listya mengatakan...

Tampak menggiurkan browniesnya nyam2 :D Salam kenal Bu Hesti, resepnya ibu selalu mencerahkan dan Alhamdulillah hasilnya juga enak. Klo nyari resep larinya pasti kesini dulu. Thanks banyak2 ya bu, semoga makin jaya blognya hehe :). Tadi sore saya coba brownies cappucino nya ibu, enaaak sekeluarga pada doyan. Kalau brownies ini pake gula palem rasanya jadi beda ya bu? Tekstur & rasa mirip brownies cappucino nya ibu? Thanks sebelumnya ya Bu Hesti :)

ika mengatakan...

Alhamdulillah mbak anak2 pd suka trutama yg no. 2 cos ga smua makanan mau. Enaaaaak bgt katanya. Makasih ya mbak resep2nya. Mbak bs minta no hp ga?? Klo boleh inbox d fb saya iki iku ika. Thank's

Ika qatar

Nur Hazah mengatakan...

Mba Hesti,,terima kasih banyak yaa resepnya, karena suami tiba2 bilang ada teman mau datang jd pengen bikin kue yang gampang, keinget deh sm resep ini..langsung deh pagi2 sebelum kekantor meribet di kantor..belum cobain rasanya, tapi dari penampilannya menggoda, terbukti ketika di share di fb ada yang tanyain harga..jd maluu, dan bingung nentuin harga..

Kaye mengatakan...

mba, aq dah nyoba, menurutku kurang nyoklat :-) ... mgkin salahnya aq krn ga tmbahin coretan DCC lagi kali ya.....lbh nendang brownies cappucino mba hesti... but thanks for sharing ya, mba... :-) anakku tetep suka....

Hesti HH. mengatakan...

@Henny Saragi : diaduk pake whisk aja mbak, asal rata
@Nandini : Salam kenal mbak...makasih doa doanya mbak, semoha saya tetep semangat. Senang kalo bisa jadi inspirasi dalam baking ^^ . Kalo dari segi rasa dan aroma saya masih suka brownies cappucino tapi yang ini kelebihannya ada lapisan topis di atasnya jd cantik. Rasanya enak juga...kalo pake gula palem gak tlalu jauh beda kok rasa manisnya. Teksturnya lebih lembut mgkn dari penggunaan minyak.
@Ika : Alhamdul;illah mbak, ikut happy dengarnya. Sama mbak brownies cappucino jg favorit keluargaku ^^
@Nur Hazah : hehe...semangat mbak, siapa tau enrat jadi bakul kueee ^^
@Kaye : iya bener mbak, emang lebih nyoklat brownies cappucino karena ada tambahan kopinya, makasih yaaaa

Eci mengatakan...

assalamu'alaikum mba hesti....aku dah coba resep ini ...enak banget memang rasanya...
mau tanya yang sy buat ini knp coklatnya ngumpul ditengah ya mba apa mmg begitu atau kurang mateng yah? waktu masih dipanggang sy tes tusuk udh ga nempel jd sy angkat. tapi pas udh dingin sy potong tengahnya ada yang lembek apa mungkin itu coklatx ga rata yah..??

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Iya mbak memang begitu. bukannya cokelatnya ngumpul di tengah tapi emang bagian dalam kita panggang gak sampai kering banget jadi masih agak basah, tapi bukan berarti cokelatnya ngumpul di tengah.

nandini listya mengatakan...

Thanks Bu Hesti pencerahannyaa :), masing2 brownies ada kelebihan sendiri2 ya. Ogt hihi asiik pake gula pasir aja ga masalah berarti ya, Bu (kadang gula palem repot nyarinya)

Sashy mengatakan...

selalu cantik fotonya mba

Hesti HH. mengatakan...

@Nandini : good luck bikinnya yaaaaa

@Sashy : makaciiiiih mbak Sashy cantiiik ^^

hera mengatakan...

Ass. Saya sdh buat kue ini mbak Hesti, agak padat bagian luar tapi lembuuut bagian tengahnya enaaak. Sy pakai oven Hook dan panasnya dr pengukur suhux 150 C dan sesuai resep 30 menit, pas loh mbak Hesti matangnya dan persis gambarnya, cantik ( he he he maaf mbak Hesti muji diri sendiri )
Terima kasih lagi ya mbak Hesti cantik

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Waaaah alhamdulillah mbak sukses bikinnyaaaa, sudah tau sela ovennya di mana. ARtinya oven hook butuh panas yg lbh kecil ya. Lumayan input buat teman teman yg lain niy ^^ makasiiih yaaa

Anonim mengatakan...

Mba hesti.. ini hasilnya sama dengan pennylene brownies ngga mba

Hesti HH. mengatakan...

Beda juga mbak...

fina wati mengatakan...

mba hesty,salam kenal.. saya pemula dalam hal baking, ada yg mau saya tanya 100ml minyak sayur bisa ngak diganti sama margarine ato mentega?

Anonim mengatakan...

salam kenal mbak hesti, izin nyobain resepnya ya....
oya itu gula palem d encerin dulu kah?ato cukup di serut aja.

Hesti HH. mengatakan...

@Fina : salam kenal mbak, boleh diganti mbak...

@Anonim : silahkan...ini pake gula palem kemasan mbak yang bentuknya kayak gula pasir halus

fina wati mengatakan...

Mba hesty,saya uda coba buat brownies ummu allegra... yg mau saya tanyakan,apa kah kue ini lebih padat tp pas digigit lembut... permukaan nya uda saya coret2 tp karena kebanyakan,apa krn itu coklatnya ngak kering,masi lengket kalau dipegang?

fina wati mengatakan...

Ohya mba setelah coba resep brownies ini,enak sih.. tp saya tetap suka brownies capucino rasanya lebih enakkkk......

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak memang begitu. Iya saya juga suka aroma kopi cappucino brownies.

azimah mengatakan...

Saya dah buat byk kali brownies guna resepi sis ni..mmg sedap..tq

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah sis Azimah, terima kasih infonya ^^

mintchocochips mengatakan...

Mbak hesti, salam kenal yaa :)

Mbak, kok brownies-ku nggal ada shinny crust-nya ya di bagian atasnya?
Apa karena pake api atas ya?
Padahal aku suka banget brownies yang ada crust diatasnya :D

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg mba,

Oh mbak dari awal pakai api atas kah?

mintchocochips mengatakan...

Iya mbak, pertama nyoba pake api atas aja.
Terus aku nyoba lagi pake api bawah aja, eh tetep ga ada juga shinny crust-nya, hihihi

O iya, kalo bikinnya 1/2 resep waktu masak sama suhunya perlu diturunin atau nggak yah mba? Soalnya kmaren bikinnya cuma 1/2 resep :)

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mba saya jg kurang ngerti karena ngga pernah panggang brownies pake api atas.
Kalau setengah resep dikurangi aja waktu panggangnya mba suhunya gak perlu

Anonim mengatakan...

ummu allegra di cibubur mbak.. hehehe

Erika Rani mengatakan...

Salam kenal mbak hesti,
Blognya keren dech. Jadinya pengen nyoba2 semua resep.
Kemarin saya coba buat brownis dg resep ini.Setelah keluar dari oven, brownis nya benar2 shiny tapi saya sentuh kok agak lembek bagian tengah. Saya tunggu dingin dulu krn sy fikir mungkin akan mengeras. Setelah dingin saya tes,ternyata ada sebagian yg lembek. Jdnya sy oven lagi deh...ehhh hasilnya kok malah jadi lembek semua pdhl rasanya nendang banget:(.Kira2 knp ya mbak?
Oh ya, gula palemnya yg saya pake hanya 50 gram, ketika mencampur terigu+coklat pakai mixer apakah krn ini brownisnya jadi lembek? Oh ya ketika DCC ditim apakah benar2 harus leleh/cair bukan spt pasta. DCc yg sy campurkan kemarin tdk terlalu leleh (mirip pasta coklat)

Terima Kasih

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mba Erika...alhamdulillah mba kalau cocok sama resepnya. Tapi tentang brownies yg mentah tengahnya saya juga kurang paham mba, kayaknya bukan pengaruh dari gula yg sedikit ataupun metode mixernya. Panas ovennya kadang juga beda beda mba tiap oven.

Hayati Nur mengatakan...

mbak ....saya seneng browniesnya ini ada kayak crust layernya. gimana ya mbak spy bisa spt itu?

Hayati Nur mengatakan...

Thanks mbak...sy barusan nyoba. bener ternyata shiny crust permukaannya. seneng banget. semoga menjadi pahala ya mbak.

Hesti HH. mengatakan...

ALHAMDULILLAH, SELAMAT YA MBAAAAA

tessa florence mengatakan...

mba hesti mau nanya, dcc nya pake collota atau merk lain? kan klo collota dccnya agak manis, dan klo gulanya 250gr jdinya extra manis, klo gulanya dikurangin katanya mempengaruhi hasil akhirnya, mnta bantuannya mba solusinya, mkasih

Hesti HH. mengatakan...

Kurangin dikit ngga mempengaruhi hasil mba...tapi kalau banyak jelas pengaruh ke tekstrur permukaannya. ngga muncul lapisan tipis cracknya...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails