Jumat, 29 Juli 2016

Tiger Roll Cake



Assalamualaikum...
Lama ngga ngisi blog...udah sekitar 3 bulan nganggur. Maaf ya teman teman, off nya  keterusan. Mood baking sudah gak seperti dulu. Selain tangannya habis sakit juga karena menjaga kolesterol yang kemarin sempat tinggi banget. Sampe 270. Hiiiii...syerem ya tingginya saing saingan sama LDLnya. Badanku memang kecil, tapi beracun...hehe.  Teman temanku heran kok bisa setinggi itu kolesterolnya padahal kelihatan kurus. Mungkin kalau dari segi kuantitas makanku gak banyak. Tapi kandungan lemaknya yang dashyat. Dulu sering bikin kue. Kue kan kandungannya gluten, telur, gula, mentega. Alhamdulillah sekarang dah turun kolesterolnya. Keluhan rematikku pun berkurang. Mungkin memang makanan yang paling banyak berperan dalam kesehatan kita ya.

Ya baru membahas kolesterol...hari ini malah yang dibikin kue kaya kolesterol >,<. Saya ngga berani makan banyak cuman memang dah lama pingin buat karena lihat bolu gulung tigernya mba Tintin Rayner menggoda sekali. Dulu pernah bikin tapi motif tigernya ngga kentara. Kayaknya belum mengerti panas oven yang pas untuk kue ini. Harus sering sering praktek.

Nah ada kejadian pas memanggang. Untuk bolu gulungnya aman aman saja. Tapi ketika bikin tigernya hampir gosong. Api atas pada ovenku hanya dua modenya. High dan low. Tadi aku pake high dan belum sampai 5 menit langsung gosong sebagian. Memang ngga kelihatan di gambar atas karena bagian yang gosong aku gulung duluan...hehe. Panas yang sangat tinggi itu membuat kulit tiger gosong dan ternyata bawahnya belum matang alias basah. Terpaksa aku panggang lagi dengan api bawah. Permukaan kue aku tutup dengan alumunium foil. Alhamdulillah kuenya bisa diselamatkan. Fyuuuuuhhh...

Untuk resep tigernya dari Majalah Sedap ya. Bolu gulung pakai resepnya mba Ricke ya yang ekonomis 6 telur biar hemat dikit telurnya. Bayangkan untuk tigernya aja 10 kuning telur. Kalau bolu gulungnya juga 10 kuning telur...setiap iris kue yang kita makan kira kira mengandung dua kuning telur. Apalagi kalau makannya banyak....bahayaaaa!!

Nah untuk loyang aku sesuaikan ya. Kalau punya mba Tintin agak tebal bolu gulung dan tigernya. Maka aku adjust. Aku menggunakan loyang 35x30cm untuk tigernya dan 25x32 cm untuk bolu gulungnya karena memang cuman dua itu yang agak matching loyangnya. Hasil akhir ternyata tigernya lebih dikit. Lebih lebar dibanding bolu gulungnya.

Untuk rasa bolu gulungnya mild ya gak terlalu rich seperti cake banyak kuning telur. Tapi udah cocok menurutku sama tigernya yang sangan rich. Enak dan cantik. Makasih tuk mba Tintin dan bunda Ricke buat resepnya ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails