Selasa, 31 Mei 2011

KBB #23 Cheesy Fun : Lemon Cheesecake





Asyek asyek asyek...dapat surat cinta lagi nih ... surat yang dinanti-nanti tiap 2 bulan sekali. Yang seru yaitu kali ini tantangannya adalah membuat lemon cheesecake. Tapi cheesecake kali ini agak unik...beda dengan yang pernah aku bikin sebelumnya. Untuk crustnya menggunakan kacang-kacangan dan rempah mix spices. Untungnya aku ada stok mix spices homemade. Aku bikin dari campuran pala, kayu manis, cengkeh dan cardamon. Di sangrai dulu, dihancurin kecil-kecil balu deh diblender dan diayak. Wanginya...lebih wangi daripada bumbu spiku yang dijual di pasar. Sedangkan tuk cheesenya pake campuran sultana dan manisan aprikot. Kebayang kan...rasanya...

Tapi tugas KBB kali ini sempat membuat ketar-ketir. Soalnya bahan-bahan cheesecakenya agak susyah ditemukan. Wadauuw...pusing 7 keliling...gimana ya caranya.

Di toko ekspaktriat sini cuman dapat creamcheesenya. Itupun gak ada ricotta. Yang ada cuman mascarpone dan neufchatel. Yaaah...wislah, daripada gak ada. But manisan aprikotnya juga gak ada. Sultana dan brown sugar juga gak ada.

Emang mungkin udah jodoh ya...alhamdulillah aku dibawain ibuku yang baru pulang dari Malaysia kacang-kacangan dan manisan. Di dalam kemasan kacang tersebut ada juga sultana and raisinnya. Berhubung cheesecake ini memakai sultana...segera aku sisihkan sultana dan raisinnya. But...manisannya bukan aprikot. Melainkan manisan nanas. Daripada tunggu manisan aprikot toko yang gak jelas kabarnya mendingan aku pake manisan nanas ini aja. Secara...penampakannya kayak manisan aprikot kok...hihihi



Manisan nanas....yang sudah dipotong-potong...mirip aprikot kan???



Kacang-kacangan yang terdiri dari almond, mede, fig, dan pistachio. Di bawah ini bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan lemon cheesecake.



bahan crust


bahan cheesecake


Ini aku copy resep dan cara membuatnya dari surcin yang aku terima kemarin...

Lemon Cheesecake
Sumber : Successful Baking

Bahan :
Untuk 8-10 porsi
- ¼ cup port (aku pake jus apel)
- ¼ cup orange juice
- 75g sultanas (aku campur kismis dikit)
- 150g mascarpone
- 400g ricotta (aku pake neufchatel)
- 125g gula kastor
- 2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
- 3 buah lemon, parut kulitnya
- 60g tepung terigu
- 80g manisan apricot, iris tipis (aku pake manisan nanas)
Crust:
- 30g mentega tawar
- 185g kacang2an, haluskan
- 8 sdt gula kastor
- 4 sdt dark brown sugar (aku pake campuran gula pasir & gula palem)
- ½ sdt bubuk kayu manis
- ¼ sdt bubuk mixed spice

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.
  2. Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.
  3. Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.
  4. Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.
  5. Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.
  6. Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.
  7. Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.
Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.



Foto di bawah ini pas baru dimasukin ke dalam oven. Kelihatan crustnya lebih tinggi daripada cakenya.


Pas udah dioven....dia naik membumbung tinggi. Tapi setelah ovennya mati...eeeeh perlahan-lahan cakenya turun. Lihat gambar di bawah...


Akhirnya cuma setinggi ini aja...


Senin, 30 Mei 2011

Roti Tawar Zebra


Ini adalah kali pertama aku membuat roti tawar. Baru tau kalo roti tawar itu nggak pake telur. Tapi walaupun gak pake hasilnya tetap lembut deh. Apa karena aku kasih sedikit terigu protein rendah ya. Memang kalo aku bikin roti manis, supaya lembut selalu pake campuran terigu protein sedang. Padahal resep aslinya roti tawar zebra ini pake tepung protein tinggi semua.



Lihat teksturnya...walaupun aku motongnya pake pisau serrated/bergerigi tetap aja agak gak rapi karena rotinya lembut. Atau mungkin rotinya masih perlu beberapa menit lagi di oven biar agak kering. Tapi sebenarnya aku udah puas kok dengan hasilnya. Suka dengan roti yang lembut. Di bawah ini resep yang telah kumodifikasi dari Majalah Sedap ya...

Bahan :
- 400 gr terigu protein tinggi
- 100 gr tepung protein sedang
- 2 sdt ragi instan
- 50 gr gula pasir
- 25 gr susu bubuk
- 300 ml air hangat
- 50 gr margarin
- 1 sdt garam halus
- 2 sdm coklat bubuk (larutkan dengan 2 sdm air hangat)
- putih telur untuk olesan

Cara membuat :
  1. Campur terigu, ragi, gula pasir dan susu bubuk sampai rata.
  2. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil dimixer sampai kalis.
  3. Masukkan margarin dan garam. Mixer sampai elastis.
  4. Ambil 150 gr adonan. Tambahkan cokelat pasta buatan. Uleni sampai rata.
  5. Fermentasikan masing adonan secara terpisah selama 30 menit dengan ditutup serbet lembab.
  6. Kempeskan masing-masing adonan. Bagi empat masing-masing adonan putih dan cokelat sama rata. Bulatkan.
  7. Giling masing-masing adonan putih membentuk kotak persegi panjang. Giling tipis adonan cokelat. Letakkan adonan cokelat di atas adonan putih. Giling bersama. Gulung. Giling lagi memanjang. Gulung.
  8. Letakkan di loyang roti tawar yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Diamkan sampai mengembang 2x lipat.
  9. Oven selama sekitar 35-40 menit dengan panas oven 190 C sampai matang.





Bolu Gulung Pandan & Cake Pandan Selai Kaya


Kemarin udah bikin pasta pandan alami. Nah resep yang menggunakan pasta ini aku pilih bolu gulung dan cake lapis pandan isi selai kaya. Aku pake resep dari Majalah Sedap yang udah aku modifikasi. Aslinya cake putih tapi aku tambahkan pasta pandan. Kali ini aku puas...warna cakenya cantik...nggak seperti kayak waktu aku bikin mantou. Karena pakai pasta pandan...udah gak wangi, ngejreng lagi warnanya. Kayak ijo kebiru-biruan...hiiiy. Mungkin pastaku bukan kualitas yang bagus ya...



Bolu gulung ini wangi sekali pandannya. Walaupun untuk menghasilkan pasta ini butuh waktu 4 hari tapi worth it lah. Isiannya aku kasih butter cream dan keju seperti bolgulnya Mbak Alice. Halooo mbak Alice...akhirnya aku ikutan juga bikin bolgul..., makasih ya godaannya ^^...



Cake ini jadinya 2 talam ukuran 22x22x4 cm. Satunya aku bikin bolu gulung. Satunya aku bagi tiga lalu diisi selai kaya pandan dan ditumpuk. Lumayan kaaann??? Langsung jadi 2 macam kue...hehe. Berikut resepnya di bawah.

Bahan :
- 10 butir kuning telur
- 1 putih telur
- 90 gr gula pasir
- 50 gr terigu
- 15 gr maizena
- 50 gr mentega asin, lelehkan bersama margarin
- 50 gr margarin
- 1 sdm susu kental manis
- 3 sdm pasta pandan (konsentrat juice pandan)
- 1 tetes pewarna hijau

Bahan filling bolu gulung :
- butter cream
- keju parut

Bahan filling cake lapis pandan :
- selai kaya pandan home-made


Cara membuat :
  1. Kocok gula pasir, kuning telur, putih telur sampai mengembang dan kental.
  2. Masukkan tepung terigu dan maizena sambil diaduk perlahan/dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah.
  3. Masukkan margarin dan butter, sambil terus dikocok. Terakhir masukkan campuran susu kental manis dan pasta pandan. Kocok rata.
  4. Tuang ke dalam 2 buah talam 22x22x4cm. Ratakan.
  5. Panggang dengan panas oven 375 F atau 190 selama sekitar 10-12 menit. Kalo aku pake api bawah 10 menit untuk mematangkan kue, 2 menit dengan api atas untuk mematangkan/menguningkan bagian atas kue agar tidak melengket ketika digulung.
  6. Angkat, dinginkan di rak kawat.
  7. Untuk bolu gulung, setelah dingin isi dengan butter cream dan sedikit keju parut lalu gulung menggunakan serbet lembab.
  8. Untuk cake lapis pandan, bagi tiga horisontal sama panjang cakenya. Beri isi selai kaya lalu tumpuk.


Cake pandan selai kaya

Minggu, 29 Mei 2011

Home Made Selai Kaya Pandan




Sebenarnya inti percobaanku adalah pembuatan konsentrat juice pandan alias pasta pandan asli. Udah 4 hari aku mendiamkan air blenderan pandan di kulkas untuk mendapatkan pasta pandan asli. Caranya bisa dilihat di blog 'Table for 2...or more'.

Nah ini penampakan juice pandan yang baru diblender dan disaring.




Di atas ini gambar juice pandan yang sudah didiamkan selama 4 hari. Kelihatan klorofilnya mengendap di bawah. Nah yang dijadikan pasta yang mengendap di bawah itu. Jadinya kental dan warnanya hijau tua.

Dengan begitu kita mendapatkan pasta pandan alami tanpa bahan tambahan. Baunya wangi dan warnanya hijau alami fresh. Berhubung pandan konsentratnya sudah ada, aku simpan dulu sementara cari resep. Juice bagian atas endapannya aku gunakan tuk membuat selai kaya pandan. Resep aslinya silahkan klik blog Nasi Lemak Lover. Cuman sedikit modifikasi.

Bahan :
- 3 butir telur
- 350 ml santan (dari kelapa yang diperas menggunakan air pandan)
- 250 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Kocok lepas telur dan gula sampai gula larut. Masukkan dalam wadah stainless.
  2. Tim di atas panci dengar air mendidih dengan api kecil.
  3. Masak sekitar 1 jam sambil sesekali diaduk agar teksturnya bagus.
  4. Angkat, hilangkan panasnya. Simpan di toples kaca atau botol selai. Simpan di kulkas.




Sabtu, 28 Mei 2011

Hedgehog Kenari


Kadang-kadang aku mikir...apa buah kenari itu cuma ada di Asia ya ? Soalnya kalo cari di kamus bahasa Inggris tuk kenari gak ada tuh...atau... kalopun ada, diartikan sebagai kacang almond. Kan beda tuh...kenari ya kenari. Almond ya almond. Kalo aku pribadi sih lebih suka kenari...karena mungkin sudah terbiasa di lidah. Teksturnya pun gak sekeras almond. Tipis renyah dan gurih. Dan udah pasti kaya vitamin E.



Karena dulu tante yang kasih resep hedgehog slice marie juga sering bikin yang pake kenari...nah sekarang akupun ikutan. Apakah rasanya seenak yang kubayangkan...atau akan mengecewakan. Mari kita uji....

Sebelumnya kenari dicuci bersih lalu digrill sampai garing dulu. Baru diolah seperti hedgehog marie yang kemarin. Bedanya biskuit marie diganti dengan kacang kenari. Jumlah kenarinya aku kurangi dari berat marie yang kemarin...supaya cokelatnya terasa.



Nah ini dia hasilnya...menarik ya. Tapi ternyata suamiku yang doyan cokelat gak terlalu suka. Katanya terlalu manis dan asin. Hehe...mungkin karena aku pake salted butter hasilnya jadi begitu. Tapi si kakak suka kok. Jadi cuman aku aja berdua kakak yang menghabiskannya...hehe..gak papalah. Itung-itung camilan sehat...

Jamur Goreng Krispy


Waaah...ternyata di tempatku bukan hanya udah ada pengembangbiakan jamur merang. Jamur yang lain juga udah mulai ada. Tadi aku ke pasar ketemu jamur tiram and jamur kuping segar. Senaaangnya...segera aku beli jamur tiramnya...pingin bikin goreng jamur krispy. Ini dia di bawah tampangnya...cantik and segeeer...




Bahan :
- jamur tiram yang sudah disuwir-suwir
- 100 gr tepung terigu
- 200 gr tepung maizena
- 2 sdm tepung bumbu
- 1/2 sdt baking powder
- garam
- merica
- telur, kocok lepas (yang masih dingin dari kulkas)

Cara membuat :
  1. Campur terigu, maizena, tepung bumbu, garam, dan merica. Aduk rata.
  2. Celupkan satu persatu jamur tiram ke dalam telur lalu balur ke dalam campuran tepung. Tekan -tekan agar tepungnya menempel.
  3. Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang sampai kuning kecoklatan.

Pas sementara digoreng...baru diangkat dari wajan, batch pertama sudah habis sama anak-anak. Padahal rencananya mau dibuat lauk makan sama nasi...hehe. Ternyata mereka doyan. Untung aku sempat sempatin foto soale gak yakin kalo bisa bertahan lamaa...anak-anak mondar-mandir dapur nyomotin jamurnya .... duh senangnyaaa^^





Lihat jamurnya...kayak fried chicken ya...anak-anak suka karena rasanya kayak ayam fried chicken beneran...krispy kalo masih panas...kalo mau krispynya bertahan lama taruh di oven dengan mode warm selama kurang lebih 2 jam.

Kamis, 26 Mei 2011

Tuna Corn and Sausage Bread


Roti lagi...roti lagi. Hari ini versi savoury alias asin. Step by step sausage bread bisa dilihat di sini. Kalo yang tuna corn bisa dilihat di sini juga. Pokoknya dua-duanya lihat di Home-Baking Net. Blog favoritku tentang seluk beluk, aneka resep dan step by step pembuatan roti, cake and danish. Malah kukis juga ada. Setelah berkunjung ke blog ini wawasanku tentang per 'roti' an semakin luas. Thanks tuk Mr.Hidehide yang sudah mau berbagi ilmunya.

Tuk roti...seperti biasa aku pake resep roti yang sering aku pake. Udah mentok sih kalo soal rasa n'tekstur dah oke. Jadi gak berpindah ke lain hati lagi...tapi kalo modifikasi topping, rasa, filling dan bentuknya...aku masih terus belajar.



Tuk roti tuna jagung ini, toppingnya hanya dikasih mayonaise(aku campur keju+susu kental manis dikit), jagung manis dan tuna kaleng yang udah ditiriskan. Pas sudah matang harusnya sih ditaburin parsley kering. But berhubung daku gak punya pake seledri aja...*sama gak ya rasanya*. Tapi hasilnya yummiiiii....lah. Boleh dicoba...



Nah...tuk roti sosis ini toppingnya sama aja. Pake mayonaise dan sosis. Setelah matang, ditaburi merica hitam bubuk....hmmm wangi smokeynya itu lho...gak nahaaannn...^-^

Apam Balik



Seperti biasa hari ini...coba-coba resep baru lagi. Habis jalan-jalan di blog Jane's Corner ketemu resep apam balik atau ban jian kueh Malaysia yang notabene miriiiiip sekali dengan resep Indonesia martabak manis or terang bulan. Bedanya apam balik lebih tipis dan penyajiannya langsung aja dilipat dua....dan setahuku yang pernah aku lihat... isiannya kacang tanah sama gula or kadang ditambah jagung manis.

Bahannya sih sama aja dengan terbul cuma beda dikit di cara pembuatan. Adonannya lebih bagus kalo diinapkan semalaman di kulkas.

Ini resepnya Jane ya yang udah aku Indonesiakan :

Bahan :

- 200 gram terigu protein sedang
- 2 sdt baking powder (aku pake 1 sdt aja)
- 3/4 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam halus
- 50 gram gula pasir
- 160 ml air
- 160 ml susu cair
- 1 butir telur
- 40 gram butter lele
- 1 1/8 sdt air alkaline (aku gak pake)

Filling :
- kacang tanpa kulit, sangrai (cincang kasar)
- gula pasir
- butter
- susu kental manis
- keju parut

Cara membuat :
  1. Dalam wadah, campur semua bahan kulit. Aduk rata.
  2. Aduk rata menggunakan whisk sampai halus dan tidak bergerindil. Simpan di kulkas semalaman. (aku cuma 5 jam)
  3. Panaskan pan anti lengket. Beri sedikit minyak dan bersihkan sisa minyaknya menggunakan lap.
  4. Tuang adonan secukupnya ke dalam pan. ( kalo mau lebih tebal bisa ditambahkan adonannya).
  5. Apabila gelembungnya sudah mulai banyak, taburi gula filling sesuai selera (lebih enak ditambahkan sedikit butter) lalu tutup pan agar tengahnya cepat matang.
  6. Apabila tengahnya sudah matang dan pinggirannya sudah mengeras segera angkat.
  7. Lipat dua. Sajikan panas.

Selasa, 24 Mei 2011

Apple Turnovers





Apple turnovers adalah sejenis pie yang dibentuk, diberi isian apel dan dilipat makanya namanya turnover. Rasanya ya kayak pie. Tapi sering juga orang menggunakan kulit puff pastry agar lebih renyah. Yang paling enak ya jelas isiaan apelnya. Wangi kayu manisnya itu lho...

Kali ini aku akan mencoba adonan pie yang lain. Yaitu pie yang gak pake telur. Resepnya di bawah ya...

Bahan kulit pie :
- 150 gr terigu
- 75 gr butter
- 2 sdm gula halus
- 1/4 sdt garam
- 2-4 sdm air es

Bahan filling :
- 2 buah apel, kupas potong dadu kecil
- 1 sdm kismis
- gula pasir +gula palem secukupnya
- garam secuil
- 1 sdm butter
- kayu manis bubuk

Cara membuat :
  1. Filling : panaskan butter sampai meleleh. Masukkan potongan apel, gula, garam, kayu manis dan kismis. Masak sampai kandungan airnya habis dan apel mulai lunak. Kalo suka isian yang lebih padat bisa ditambahkan sedikit larutan maizena.
  2. Kulit Pie : campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkan butter lalu aduk menggunakan garpu sampai beremah. Tambahkan air es sesendok sesendok. Jangan langsung diturunkan semua. Bila diaduk adonan sudah mulai melengket dan mulai lepas dari wadah jangan ditambah air lagi.
  3. Gumpalkan adonan. Bungkus cling wrap, masukkan di kulkas selama 30 menit.
  4. Giling menggunakan 2 buah plastik sampai tipis. Potong-potong segiempat sama sisi (aku pake 9x9 cm). Beri isian di bagian tengahnya. Tangkupkan memmbentuk segitiga. Letakkan di talam yang di alas kertas roti. Toreh sedikit bagian atasnya agar uap yang terperangkap bisa keluar. Beri jarak.
  5. Rapatkan ujung-ujungnya menggunakan garpu. Oles kuning telur. Panggang dengan panas oven 170 C atau 325 F selama sekitar 15-20 menit, atau sampai atasnya berwarna kuning kecoklatan.

Sosis Gulung Mie


Sudah sering anak-anak minta dibikinkan camilan ini. Kakak adek biasa beli di kantin sekolah. Nah berhubung aku gak tau resepnya, jadi tanya-tanya dulu sama pengelola kantin..hehe. Alhamdulillah setelah berguru sama Bu Euis Afrizal, hari ini aku udah siapkan bahannya. Simpel kok. Cuman mie telor sama sosis. Dan...segera prakteeeekkk...



Anak-anak suka karena sosisnya diselimuti mie yang garing kalo dimakan bunyi kriuk-kriuk. Ternyata bikinnya perlu ketelatenan. Rebus mie telur dengan sedikit air, garam dan kaldu bubuk. Setelah itu ditiriskan. Setelah ditiriskan gak boleh langsung dibungkus ke sosis, soalnya masih licin. Biarkan dulu beberapa saat sampai mie kelihatan mulai lengket-lengket satu sama lain. Lilitkan ke sosis yang sudah dipotong dua. Simpan di kulkas dan biarkan semalaman di kulkas biar mienya melengket ke sosis. Besoknya digoreng dah. Dengan minyak panas sedang sampe mie garing. Udah deh.

Uuuuuh anak-anak senangnya bukan main. Katanya ,"Makasih ya bu sudah bikinkan sosis mie...besok-besok bikin lagi ya soalnya aku sukaaaa sekali." What can I say....

Senin, 23 Mei 2011

Roti Pandan




Udah lama pingin bikin roti pandan tapi gak jadi-jadi melulu. Eh pas lihat di blognya Mbak Alice... ngecesss abis. Roti pandannya cantik, ijo dan lembut teksturnya dikasih isian macam-macam. Daku tak kuasa menahan hasrat tuk membuatnya *cieeeeee*... secara semua bahan ada. Tinggal pandan nih yang musti dicari.

Aku minta daun pandan sama tetangga. Dan langsung beraksi si dapur.
Setelah 3 jam lebih selesai sudah. Hasilnya betul-betul lembut. Aku pake resep roti yang biasa hanya menukar air biasa dengan air pandan. Tapi ternyata warnanya kurang cantik...kayaknya tetep harus dikasih pewarna makanan. Kalo pandan sih memang wangi...tapi warnanya gak keluar. Memang Mbak Alice pake pasta pandan tapi warnanya bagus...pasta yang aku punya gak bagus ijonya...ngejreng. Gak alami banget deh pokoe...tapi rotinya, mantap kallleeeeee ^.^...

Makasih buat Mbak Alice atas inspirasinya...



Roti pandan isi coklat mises



Lembuuuuuut sekali...udah dingin aja lembut apalagi waktu masih panas....hmmmm kayak kapas, gak kalah sama bakery terkenal...xixixi. Bedanya ini gak pake bahan pengawet.



Ini roti pandan dengan filling keju dan topping streusel. Anak-anak suka yang ini. Yang di atas versi roti sisir. Yang di bawah pake cetakan pie.




Adonan aku olesi dulu sedikit susu kental manis baru dikasih keju cheddar parut. Pas panas...weeeeh meleleh kejunya.



Ini isi selai kaya botolan. Enak juga. Tapi dari semua rasa...yang juara di bawah ini.....



Ini dia. Gambar yang di bawah walaupun gak cantik...tapi rasanya enaaaak sekali. Pake selai kaya pandan buatan sendiri. Aku suka apalagi hubby. Hubby sampai nambah-nambah... katanya ini isi apa ?? *gak pernah makan pandan kaya sebelumnya* aku paling suka yang ini. Aku bilang itu selai kaya...tapi pake pandan jadi wangi pandan...




Padahal isiannya ada kesalahan. Harusnya campuran bahannya pake maizena, eeeh ternyata daku kehabisan. Jadinya pake terigu aja. Tetep enak walaupun teksturnya kurang licin...

Bahan :
- 400 gr terigu protein tinggi
- 200 gr terigu protein sedang
- 125 gr gula pasir
- 3 kuning telur
- 1 sachet (11 gr) ragi instant
- 2 sdm munjung susu bubuk full cream
- 75 gr margarine
- 300 ml air perasan pandan
- 1 sdt garam

Filling :
- selai kaya botolan
- selai kaya pandan homemade
- mises cokelat
- keju cheddar

Topping :
- 2 kuning telur
- 3 tetes air
- strausel (untuk yang keju)


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kering kecuali garam. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan kuning telur. Mulai mixer (spiral) dengan kecepatan tinggi. Masukkan air sambil terus dimixer. Setelah mulai tercampur masukkan garam dan margarin. Mixer sampai halus dan elastis.
  3. Tutup dengan serbet lembab. Biarkan mengembang 2x lipat.
  4. Kempeskan. Bentuk sesuai selera, beri isian. Taruh di talam beroles margarin. Biarkan mengembang selama kurang lebih 30-45 menit atau mengembang 2x lipat.
  5. Untuk roti sisir panggang dengan panas oven 190 C selama kurang lebih 15-20 menit sampai kuning kecoklatan. Untuk roti individual, panggang dengan api 200 C selama kurang lebih 10 menit sampai kuning kecoklatan. Bila bawahnya sudah kuning tapi atasnya belum segera pindahkan ke rak atas untuk menguningkan bagian atasnya. Masukkan roti berikutnya di rak pertama.
  6. Setelah matang keluarkan dari oven, olesi dengan butter. Hilangkan uapnya, segera masukkan ke wadah kedap udara agar bertahan kelembabannya.


Roti sisir pandan isi keju





Roti pandan cokelat



Roti pandan kaya
Related Posts with Thumbnails