Minggu, 30 Mei 2010

Ongol-ongol

Ini adalah salah satu resep jajanan tradisional dari Indonesia bagian timur. Namanya onde-onde tawaro. Tawaro artinya sagu, jadi kalo diartikan onde2 sagu. Cuma kalo di Indonesia kenal dengan nama ongol2...hehe..rasanya manis kenyal. Gurih dengan tambahan kelapa parut. Yuuk coba membuatnya...

Bahan :
- 200 gr sagu basah (campur dengan 300 ml air, saring)
- 1 buah gula merah yang besar (kurang lebih 500 gr, tergantung selera)
- 400 ml air (direbus bersama gula merah dan daun pandan lalu saring)
- 1/2 btr kelapa setengah tua, parut memanjang kukus bersama 1/2 sdt garam
- 2 lembar pandan
- garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Masak campuran sagu, air, pandan dan gula merah sambil diaduk terus sampai mengental dan berwarna transparan. Tunggu sampai meletup-letup. Matikan api.
  2. Hilangkan sebentar uap panasnya. Masih panas-panas gulingkan di atas kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam.
  3. Potong-potong kecil lalu gulingkan lagi di atas kelapa parut. Siap dihidangkan.

Selasa, 25 Mei 2010

Galette du roi

Resep ini kudapat dari temanku Mbak Dewi Nik (thanks to you...I love you...mmuuah). Beliau yang meng'ilhami' daku membuat pastry ini. Kan gak kepikiran...namanya aja aneh banget. Tapi ternyata hasilnya memuaskan. Berhubung tuk isiannya aku gak nemu bleached almond yaaah terpaksa pake almond yang masih berkulit, jadinya warnanya agak kecoklat-coklatan. Bahan kulitnya aku pakai kulit pastry cream horn.

Bahan Isi :
- 100 gr butter
- 125 gr gula pasir
- 150 gr tepung almond
- 2 butir telur
- 2 lembar puff pastry
- 1/2 sdt Vanili Bubuk

Cara membuat
  1. Semua bahan isi diaduk sampa rata. Tata 1 lembar puff pastry di dasar loyang bundar, masukkan adonan isi lalu tutup lagi dengan 1 lembar puff pastry.
  2. Bentuk pinggirannya dengan garpu sehingga bermotif. Oven sampai kuning keemasan/matang dengan panas 200 C atau 400 F di loyang bersemir margarin.

Cheese Roll puff


Bahan :
- 500 gr terigu
- 1 sdt garam
- 80 gr mentega
- 250 ml air es
- 250 gr korsvet
- 250 gr keju cheddar, potong 1x5 cm
- 2 kuning telur untuk polesan

Cara membuat:
Cara membuatnya sama aja kayak resep pastry cream horn. Silahkan klik di sini. Bedanya adonan yang sudah digiling dililitkan ke potongan keju. Oles kuning telur taburi keju kemudian panggang.

Cream Horn

Bahan :
- 500 gr tepung terigu
- 1 sdt garam halus
- 50 gr susu bubuk
- 75 gr gula pasir
- 3 kuning telur
- 80 gr margarin/mentega
- 150 cc air es (kurang lebih)
- 200 gr korsvet

Bahan olesan :
- 2 kuning telur

Bahan Vla :
- 200 gr gula pasir
- 400 cc susu cair
- 2 kuning telur
- 25 gr tepung terigu + 25 gr maizena
- 1/2 sdt vanili
- 1 sdm butter

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, garam, gula, aduk rata. Masukkan telur, tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai air habis. Tambahkan margari/mentega uleni lagi sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk. Simpan di kulkas selama 15 menit.
  2. Giling adonen melebar membentuk persegi empat setebal 1 cm. Lapisi 2/3 bagian adonan dengan korsvet yang sudah ditipiskan. Lipat bagian yang tidak terkena korsvet ke bagian dalam tutup dengan bagian yanglainnya. Bungkus plastik, simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit.
  3. Gilling adonan hingga ketebalan 1 cm lipat seperti semula, bungkus plastik, masukkan ke lemari pendingin. Lakukan sebanyak 3 kali.
  4. Giling adonan sampai tipis, potong-potong ukuran 1x15 cm lingkarkan ke cetakan horn yang sudah dioles margarin. Oles kuning telur, taburi gula pasir kasar. Panggang selama kurang lebih 20 - 35 menit sampai kekuningan dengan suhu oven 200 C atau 400 F.
  5. Sementara itu larutkan semua bahan vla dengan susu cair lalu saring dan masak di kompor sampai meletup-letup. Masukkan butter. Aduk sampai larut. Isikan dengan cara disemprot menggunakan plastik segitiga ke dalam pastry yang sudah matang. Hias dengan potongan ceri.

Puding Mangga Koktail Buah


Hhmmmm....segeeeer....puding emang gak ada matinya. Ini dia puding kesukaan anak anakku tersayang. Resepnya kudapat dari tetanggaku Mbak Lisa Soebagyo (makasih ya mbak) yang juga dapat resep ini entah dari siapa. Ngga penting asalnya....yang penting rasanya...

Puding :

- 1 kaleng susu kental manis
- 5 kaleng air putih (kaleng susu kental manis)
- 1 bks agar-agar plain

Saus :

- 1 kaleng koktail buah
- sirup mangga yang sudah dicampur dengan air secukupnya

Cara membuat :

  1. Masak campuran agar-agar, susu kental, dan air putih sampai mendidih.
  2. Hilangkan uap panasnya lalu tuang di cup cup kecil.
  3. Setelah setengah membeku atau bagian atas sudah agak mengeras tuangkan sirup mangga lalu beri koktail buah di atasnya.
  4. Dinginkan.

Choco Puff Cheese Stick



Bahan :
- 500 gr tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm gula pasir halus
- 50 gr keju cheddar parut
- 80 gr mentega
- 250 ml air es (kurang lebih)
- 250 gr korsvet
- 3 kuning telur untuk polesan
- 100 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
  1. Campur terigu, garam, keju parut, gula, air es dan mentega, uleni hingga kalis. Giling adonan hingga ketebalan 1 cm. Lapisi 2/3 bagian adonan dengan korsvet yang sudah ditipiskan. Llipat bagian yang tidak terkena korsvet ke bagian dalam tutup dengan bagian lainnya. Bungkus plastik, simpan dalam lemari pendingin selama 20 menit.
  2. Giling adonan hingga ketebalan 1 cm lipat seperti semula, bungkus plastik masukkan lemari pendingin. Lakukan hinngga 3 kali.
  3. Giling adonan dengan ketebalan 1/2 cm ukuran 1x15 cm. Puntir kedua ujungnya. Letakkan di talam bersemir margarin. Oles kuning telur taburi keju parut. Panggang 200 C atau 400 F sampai kuning kecoklatan.


Source : Dimodifikasi dari buku 'Kue Kering Pastry' oleh Yeni Ismayani.

Rabu, 19 Mei 2010

Semar Mendem


Bahan kulit :

- 6 butir telur, kocok lepas
- 50 ml air
- 2 sdt tepung terigu
- 1/2 sdt garam

Bahan ketan :
- 400 gr beras ketan, rendam 1 jam tiriskan
- 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 1 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Bahan isi :
- 1/2 ekor ayam (rebus, suwir)
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai
- 1/2 sdt gula merah
- 3/4 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 175 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu halus :
- 6 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 btr kemiri
- 3/4 sdt ketumbar

Cara membuat :
  1. Isi : Tumis bumbu halus, daun salam, daun sereh, merica, lalu setelah harum masukkan ayam suwir. Aduk-aduk masukkan santan dan aduk terus sampai santan terserap habis. Beli gula merah, aduk sampai tercampur, matikan api.
  2. Dadar : campur semua bahan dadar lalu buat dadar satu persatu sampai adonan habis. Sisihkan.
  3. Masak santan, garam dan daun pandan sampai mendidih, masukkan ketan. Aron sampai santan terserap habis.
  4. Kukus ketan selama kurang lebih 25 menit sampai matang.
  5. Penyelesaian : Ambil satu sendok ketan, panas-panas pipihkan menggunakan plastik, isi dengan ayam, padatkan dan bungkus dengan kulit dadar. Lakukan sampai bahan ketan habis. Bungkus plastik, sajikan.

Source : Resep dimodifikasi dari majalah ' Sedap Sekejap'.

Sabtu, 15 Mei 2010

Spagheti Bolognese

Bahan saos daging untuk membuat bolognese silahkan di klik di resep lasagna. Bahan pasta lasagna diganti dengan pasta spagheti. Pembuatannya sama saja. Spagheti direbus dengan 1 sdm minyak dengan sedikit garam. Setelah matang aldente (matang tapi tidak terlalu lembek) segera tiriskan. Dan hidangkan dengan saos bolognesenya. Taburi dengan keju permesan.

Lasagna


Bahan :
- 250 lasagna instan (tidak perlu direbus lagi)

Bahan saos daging (bolognese):
- 2 sdm minyak
- 2 siung bawang putih
- 2 buah bawang bombay
- 1 buah wortel, potong kotak-kotak kecil
- 500 gr daging cincang
- 5 sdm tomat pasta
- 100 gr saos tomat
- 1/2 kg tomat buah, rebus kupas kulitnya, cincang
- 500 ml air kaldu daging (kalau tidak ada pakai air putih saja)
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- oregano secukupnya

Bahan saos keju :
- 2 sdm butter
- 2 sdm tepung terigu
- 500 ml susu cair
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- pala secukupnya
- 125 gr cheddar cheese
- 100 gr keju mozarella
- keju permesan secukupnya

Cara membuat :
  1. Saos daging : panaskan minyak di dalam wajan, tambahkan bawang putih, bawang bombay, tumis sampai wangi. Masukkan wortel. masak hingga layu. Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna. Masukkan tomat cincang, saos tomat dan pasta tomat, tambahkan air kaldu. Beri garam, merica, dan oregano. Masak sampai bahan saos mengental.
  2. Saos keju : Panaskan butter hingga meleleh, masukkan terigu dan aduk-aduk selama 2 menit dengan panas sedang. Angkat dari api, masukkan susu cair. Panaskan kembali, aduk sampai mengental. Bubuhi garam, merica, dan pala sambil diaduk rata. Tambahkan keju parut. Aduk hingga keju meleleh dan menjadi adonan yang licin.
  3. Penyelesaian : Panaskan oven 350 F atatu 180 C. Tuang 2 sendok sayur saos daging ke dalam loyang/pyrex yang sudah dioles margarin. Secara bergantian tambahkan lasagna, saos daging dan saos keju. Begitu seterusnya. Terakhir tuang saos keju dan parutan keju mozarella dan keju permesan. Panggang selama 30-45 menit. Tes kematangannya dengan tusuk gigi. Angkat. Anginkan selama 5 menit. Hidangkan panas-panas.

Kamis, 13 Mei 2010

Green Tea Roll Cake

Bahan cake :
8 kuning telur
4 putih telur
120 gr gula pasir
60 gr tepung terigu protein sedang
15 gr green tea bubuk
10 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena
75 gr margarin, lelehkan
1/8 sendok teh pewarna hijau
1 sendok makan susu cair

Filling :
75 gr mentega tawar
75 gr white cooking chocolate, lelehkan
75 gr peach kaleng, potong-potong (kuganti cocktail buah)

Cara membuat:
  1. Cake : letakkan wadah berisi telur dan gula pasir di atas panci berisi air panas. Kocok telur sambil diuapi sampai mengembang. Angkat.
  2. Tambahkan tepung terigu, green tea bubuk, susu bubuk, dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Masukkan margarin leleh, pewarna hijau tua, dan susu cair sambil diaduk perlahan.
  4. Tuang diloyang 26×26x3 cm yang dioles margarin dan dilapis kertas roti. Oven 20 menit dengan suhu 190 °C atau 375 F
  5. Isi : kocok mentega tawar sampai lembut. Tambahkan white cooking chocolate leleh. Kocok rata. Oles di atas cake. Tata coctail buah. Gulung dan padatkan. Tabur Icing sugar.

Source: Dimodifikasi dari majalah 'Sedap Sekejap' edisi Juli tahun 2007

Rabu, 05 Mei 2010

Puding Sirsak


Bahan :
- 500 gr sirsak, buang biji dan haluskan
- 600 ml susu cair
- 150 gr gula pasir
- 2 bks agar-agar bubuk putih
- 100 gr tape ketan

Cara membuat :

  1. Masak daging sirsak, gula, agar-agar dan susu cair sambil diaduk sampai mendidih.
  2. Ambil 3/4 bagian agar agar, beri pewarna merah.
  3. Tata tape ketan di dasar cetakan agar-agar. Siram agar agar putih. Setelah agak mengeras, tuang sisa agar agar yang berwarna merah muda. Dinginkan.

Related Posts with Thumbnails