Jumat, 30 April 2010

Black Forest

Siapa yang tidak suka black forest? Rasanya tidak seorangpun...ya walaupun banyak kue-kue pendatang baru yang banyak bermunculan tapi black forest tetap memiliki penggemar setianya...

Terlihat lapisan dark cheery di kedua lapis cake. Bila ingin terlihat seperti di atas, maka sewaktu menyusun cherry lakukan berselang-seling dengan cake di lapisan berikutnya.

Bahan cake :
- 8 kuning telur
- 5 putih telur
- 165 gr gula pasir
- 80 gr tepung terigu
- 35 gr coklat bubuk
- 75 gr margarin
- 50 gr butter
- 1 sdt vanili bubuk
- 1 sdm TBM

Bahan krim :
- 400 gr whippy bubuk
- 800 ml air es/susu cair
- 100 gr dark cooking chocolate
- 1 kaleng dark cherry (tiriskan, sisihkan airnya untuk siraman)
- 250 gr dark cocoking chocolate untuk hiasan
- cherry merah/hijau untuk hiasan

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula, serta TBM sampai mengembang, masukkan sedikit demi sedikit terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak sambil diaduk sampai rata. Masukkan margarin/butter yang sudah dilelehkan, aduk rata.
  2. Tuang di talam 28x28x3 cm. Panggang selama kurang lebih 15 menit dengan panas oven 375 F. Untuk membuat 3 lapis cake, buat adonan 2 kali lagi dengan resep di atas.
  3. Krim : kocok krim bubuk dengan air es hingga mengembang. Tambahkan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan. Kocok rata.
  4. Penyelesaian : Siram lapisan pertama cake dengan air dark cherry. Apabila dirasa kurang bisa ditambahkan dengan symple sirup. Tuang 1/4 adonan krim di atas cake. Ratakan. Susun separuh dark cherry. Letakkan cake kedua di atasnya siram lagi dengan air dark cherry. Beri 1/4 adonan krim. Susun sisa dark cherry. Letakkan cake terakhir, siram lagi dengan air dark cherry. Beri setengah bagian krim terakhir dan olesan di atas dan di keempat sisi cake. Ratakan. Sisakan sedikit krim untuk hiasan di atas cake.
  5. Serut dark cooking chocolate di atas permukaan cake lalu hias dengan krim dan cherry. Dinginkan.

Kamis, 22 April 2010

Choco Chip Muffin


Bahan :
- 1oo gr margarine, 25 gr butter
- 50 ml susu cair
- 2 butir telur
- 125 gr gula pasir
- 200 gr tepung terigu
- 20 gr cokelat bubuk
- 1 sdt soda kue
- 1 sdt baking powder
- 150 gr choco chips

Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan temperatur 200 C atau 400 F, siapkan cetakan muffin beri kertas cup.
  2. Ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, dan coklat bubuk jadi satu, sisihkan.
  3. Cairkan margarin, butter bersama cucu cair asal hangat saja, tidak sampai mendidih, angkat.
  4. Kocok telur dan gula dengan mixer kecepatan sedang. Asal gula larut saja. Masukkan campuran tepung, aduk rata.
  5. Masukkan larutan margarin, aduk rata perlahan. Tambahkan choco chips, aduk rata.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin sampai 3/4 penuh. Panggang selama 30 menit hingga matang, angkat.

Source : Dimodifikasi dari buku 'Kue Manis Favorit' oleh Sisca Soewitomo.

Sus

Resep sus ini kudapat dari bunda tercinta. Walaupun banyak resep kue sus yang beredar aku teteup setia dengan resep ini, karena rasanya dah pas and cocok buatku...thank you mum...I dedicated all my kitchen art specially for you.....


Bahan kulit:
- 150 gr margarine
- 150 gr tepung terigu protein sedang
- 250 ml air
- 1/4 sdt garam
- 4 butir telur (5 butir kalau kecil)

Filling :
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 600 ml air
- 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera berdasarkan derajat kemanisan)
- 30 gr tepung custard/maizena
- 30 gr tepung terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 kuning telur
- 1 sdm salted butter

Cara membuat:
  1. Masak air, margarine dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya sekitar 1 1/2 cm lalu semprotkan memanjang di atas talam bersemir margarin.
  4. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai kuning kecoklatan. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue.
  5. Sementara itu, untuk filling campur semua bahan kecuali butter lalu saring dan masak sambil diaduk terus sampai mendidih meletup-letup. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Angkat dari api, tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap.Usahakan wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan di atasnya. Dinginkan.
  6. Setelah matang, kue sus yang sudah dingin tadi, isi dengan adonan vla. Bila diinginkan, bisa dihias dengan coretan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan seperti gambar di atas. Untuk 'eclair aku menambahkan coklat mint untuk coretan setelah kuoles dengan dark cooking seperti gambar di bawah.
Tips : untuk menghasilkan vla yang licin mengkilat, aduk terus adonan pada saat di masak. Pada saat sudah mau mendidih, aduk lebih cepat dengan arah berputar. Vla yang kelihatan nggak rata atau bergumpal-gumpal, perlahan-lahan menjadi licin. Tuang dalam mangkok/wadah. Panas-panas tutup dengan cling wrap sampai menyentuh permukaan vla (jangan ada spacenya) untuk menghindari vla berkulit.


Rabu, 14 April 2010

Pie Buah

Bahan :
- 150 gr margarine/butter
- 300 gr terigu
- 3 sdm gula halus
- 1/2 sdt garam halus
- 2 kuning telur
- 3-5 sdm air es
- 1 kuning telur (untuk olesan)

Bahan Isi :
- 600 ml air
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 30 gr tepung custard
- 30 gr tepung terigu
- 75 gr gula pasir
- vanila bubuk
- 2 kuning telur
- 1 sdm mentega
- 1 kaleng kecil fruit coktail
- 1 sdm glazing jelly+ 2 sdm air tuk olesan(masak sampai mendidih)

Cara membuat :
  1. Campur, tepung, gula, garam. Aduk sampai rata. Tambahkan margarin/butter. Aduk sampai tepung berbutir butir menyelimuti margarin/mentega. Tambahkan kuning telur sambil diaduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil diaduk sampai menggumpal. Bungkus cling wrap, simpan di kulkas 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas, giling pipih dialas plastik supaya tidak melengket. Cetak menggunakan ring kecil lalu pindahkan ke dalam cetakan pie kecil. Tusuk-tusuk garpu. Oles kuning telur panggang 350 F selama kurang lebih 15-20 menit. angkat dinginkan.
  3. Isi : Campur semua bahan isi, saring lalu masak sambil diaduk terus sampai meletup-letup. Angkat dari api, tambahkan mentega, aduk sampai larut. Dinginkan sambil ditutup cling wrap agar tidak berkulit.
  4. Penyelesaian : Isikan vla ke dalam kulit, tata buah, oles dengan glaze jelly.
Related Posts with Thumbnails